fbpx
Bulan Oktober lalu, DJI merilis pembaruan firmware untuk kedua gimbal kameranya yaitu Ronin-S dan Ronin-SC. Pembaruan update ini memberikan penambahan dan pengembangan fitur, serta perbaikan beberapa bug yang banyak dikeluhkan oleh penggunanya. Yang bikin mimin Jogja Sky paling tertarik nih, sekarang Ronin-S dilengkapi fitur ActiveTrack 3.0 dan Force Mobile yang sebelumnya hanya ada di Ronin-SC. Wow, tidak sabar ingin mencoba nih!
Ronin-S
Ronin-SC
Ketika Ronin-SC diluncurkan pada bulan Juli 2019 lalu, gimbal ini dikenalkan dengan 2 fitur unggulan terbaru yaitu ActiveTrack 3.0 dan Force Mobile. ActiveTrack 3.0 merupakan fitur untuk melacak pergerakan subyek atau obyek bergerak, sedangkan Force Mobile merupakan fitur yang menggunakan ponsel untuk mengendalikan pergerakan kamera.

Setelah diluncurkan dan populernya kedua fitur ini, ternyata banyak pengguna Ronin-S yang juga ingin kedua fitur tersebut hadir di Ronin-S. Berikut akan kami jelaskan beberapa pembaruan yang hadir pada pembaruan firmware Ronin-S dan Ronin-SC.

 

Pembaruan Firmware DJI Ronin-S V2.0.0.90

Pembaruan firmware V2.0.0.90 untuk Ronin-S dirilis pada akhir bulan September 2019 lalu. Berikut ini adalah daftar pengembangan dan fitur baru yang ada pada pembaruan tersebut:

  • Penambahan fitur ActiveTrack 3.0 (memerlukan aplikasi Ronin minimal versi v1.2.4). ActiveTrack 3.0 merupakan pengembangan dari ActiveTrack 2.0 yang mampu membuat Ronin-S melacak dan mengikuti pergerakan subyek atau obyek bergerak yang dipilih melalui aplikasi Ronin pada ponsel. ActiveTrack 3.0 menggunakan algoritma terbaru yang terdiri dari pembelajaran dan kalkulasi yang lebih optimal terhadap figur dan perkiraan gerak manusia.
  • Penambahan fitur Force Mobile (memerlukan aplikasi Ronin minimal versi v1.2.4). Force Mobile merupakan fitur yang mampu menyelaraskan pergerakan ponsel yang disambungkan dengan Ronin-S melalui koneksi Bluetooth.
  • Penambahan shortcut atau quick switch ke mode 3D Roll 360. Caranya: tekan tombol M 3 kali untuk langsung ke mode 3D Roll 360, dan tekan lagi 3 kali untuk keluar dari mode ini.
  • Penambahan kamera yang kompatibel dengan tombol rana, video, zoom control, dan focus pull: Sony a7R IV.
  • Penambahan pengaturan mode Track pada menu Command Unit.
  • Proses mengikuti yang lebih optimal pada mode Flashlight.
  • Tampilan LED profile yang lebih optimal dengan mengganti frekuensi ketika gimbal dalam mode Sleep, dan lampu LED akan menjadi merah untuk mengindikasikan baterai lemah saat baterai tersisa kurang dari 20%.
  • Mode sleep dapat diaktifkan dengan menekan tombol power sekali atau 2 kali.
  • Penyesuaian zoom yang lebih optimal ketika menggunakan multi-port pada kamera Sony dengan lensa Power Zoom: kecepatan zoom dapat disesuaikan dari 1 – 100 (memerlukan aplikasi Ronin minimal versi v1.2.4).
  • Perbaikan bug-bug kecil lainnya.

 

Pembaruan Firmware DJI Ronin-SC V1.2.0.10

Pembaruan firmware terhadap adik dari Ronin-S, yaitu Ronin-SC juga hadir pada bulan Oktober 2019 lalu. Pembaruan firmware ini memberikan tambahan kamera yang komptibel, dan pengembangan beberapa fitur.  Adapun daftar pengembangan dan fitur baru pada pembaruan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penambahan kamera yang kompatibel dengan tombol rana, video, zoom control, dan focus pull: Sony a7R IV, FUJIFILM X-H1, X-T2, X-T3, X-T20, X-T30, X-E3, dan Canon EOS RP. Untuk daftar kamera yang kompatibel, cek disini. (ganti jadi link >> https://dl.djicdn.com/downloads/Ronin_SC/20191119/Ronin_SC_Camera_Compatibility_List_en.pdf)
  • Menambah fungsi quickswitch (atau shortcut) ke mode Portrait. Caranya: tekan tombol M 2 kali untuk masuk atau keluar dari mode Portrait. Anda harus berada di mode Flashlight sebelum masuk ke mode Portrait, dan tuas kendali tidak dapat digunakan pada mode ini. Mode Portrait dapat dinonaktifkan pada aplikasi Ronin di bagian Status (memerlukan aplikasi Ronin minimal versi v1.2.4). Perlu diperhatikan bahwa axis tilt akan berputar 90 derajat ketika berubah ke mode Portrait, oleh karena itu pastikan kamera tidak dihalangi atau menghalangi gimbal.
  • Pengembangan fitur Force Mobile: kini dapat digunakan dengan ponsel Android!
  • Penambahan pilihan nonaktif fitur 3D Roll 360 pada aplikasi Ronin (memerlukan aplikasi Ronin minimal versi v1.2.4).
  • Penyesuaian zoom yang lebih optimal ketika menggunakan multi-port pada kamera Sony dengan lensa Power Zoom: kecepatan zoom dapat disesuaikan dari 1 – 100 (memerlukan aplikasi Ronin minimal versi v1.2.4).
  • Perbaikan bug-bug kecil lainnya seperti getaran saat merekam video dan axis roll yang seringkali bergerak setelah keluar dari mode Sleep.

 

ActiveTrack 3.0 dan Force Mobile: Ponsel yang Didukung

Kini, kedua fitur canggih ini tidak hanya hadir di Ronin-SC, namun juga hadir di Ronin-S berkat pembaruan firmware dari DJI. Force Mobile juga sudah dapat digunakan dengan ponsel Android, lho! Berikut ini daftar ponsel yang dapat digunakan untuk fitur ActiveTrack 3.0 dan Force Mobile. DJI juga akan terus memperbarui daftar ini sehingga daftar ponsel yang kompatibel akan terus bertambah.

sumber: dji.com

Bagaimana Cara Memperbarui Firmware?

Perlu diketahui bahwa pembaruan firmware memiliki resiko kegagalan. Kegagalan pembaruan firmware dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat, bahkan mati total.

Sebelum memperbarui firmware, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya proses pembaruan lancar dan  berhasil.

  1. Pastikan aplikasi DJI Ronin pada ponsel anda merupakan versi terbaru.
  2. Pastikan Ronin-S dalam keadaan mati ketika sedang melakukan pembaruan firmware dan baterai terisi penuh atau di atas 65%.
  3. Pastikan komputer anda memiliki koneksi internet yang lancar dan cepat. Kualitas koneksi internet akan mempengaruhi proses pembaruan firmware.

Jika tidak yakin dengan poin-poin di atas atau mengalami kegagalan dalam proses pembaruan firmware, hubungi Jogja Sky DJI Sales & Service Center. Teknisi kami akan membantu memperbarui firmware perangkat Ronin anda.

Jika anda sudah memeriksa hal-hal di atas, ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbarui firmware Ronin-S dan Ronin-SC:

No Ronin-S Ronin-SC
1 Matikan Ronin, dan seimbangkan sebelum melakukan firmware. Pilih Ronin-SC dan klik pada notifikasi pembaruan firmware lalu klik Update Now untuk memulai pembaruan firmware. Jangan matikan ponsel atau keluar dari aplikasi selama proses pembaruan firmware berlangsung.
2 Sambungkan Ronin ke komputer dengan kabel USB-C. Jangan lepaskan kabel dari komputer saat sedang memperbarui firmware. Pilih Ronin-SC dan klik pada notifikasi pembaruan firmware lalu klik Update Now untuk memulai pembaruan firmware. Jangan matikan ponsel atau keluar dari aplikasi selama proses pembaruan firmware berlangsung.
3 Buka aplikasi DJI Pro Assistant untuk Ronin dan masuk dengan akun DJI anda. Jika proses pembaruan selesai, akan muncul notifikasi yang menandakan pembaruan berhasil.
4 Pilih Ronin-S , lalu pilih versi firmware terbaru dan klik UPGRADE. Jika pembaruan gagal, restart Ronin-SC dan aplikasi Ronin, lalu coba lagi dengan mengulangi langkah-langkah di atas.
5 Tunggu sampai firmware selesai diunduh. Gimbal akan ter-update dengan sendirinya.
6 Jika sudah selesai, nyalakan kembali Ronin-S.
7 Jika lampu indikator berkedip merah, pembaruan firmware gagal. Ulangi langkah-langkah di atas.

 

Lihat video dari DJI berikut untuk langkah-langkah pembaruan firmware Ronin-S
Lihat video dari DJI berikut untuk langkah-langkah pembaruan firmware Ronin-SC

Bagaimana pendapatmu mengenai firmware terbaru Ronin-S dan Ronin-SC? Apakah kamu menjadi semakin semangat berkarya dengan Ronin? Atau ingin memiliki Ronin? Tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini!

 Tetap terhubung dengan Jogja Sky!

 Ingin mendapatkan informasi dan update terkini seputar Jogja Sky, produk-produk DJI, dan dunia UAV? Ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunjungi terus website kami untuk membaca berbagai artikel yang akan keluar setiap hari Rabu.

Ikuti kami di:

Comments

comments