Hello, Jogja Sky Friends! Tentu saja kalian sudah tahu bahwa DJI baru saja mengeluarkan produk action camera pertamanya yaitu Osmo Action.

Baca juga: Akhirnya! DJI Meluncurkan Produk Action Camera Pertamanya, Osmo Action

Sama seperti Osmo Pocket, Osmo Action merupakan perangkat kamera canggih yang cocok sebagai teman untuk berpetualang, memberikan segala kemampuan dan kemungkinan untuk menangkap momen-momen penuh aksi kalian.

Karena kedua Osmo ini sama-sama merupakan kamera canggih yang dilengkapi fitur-fitur cerdas, kami paham pasti kalian galau kan mau pilih yang mana?

Setiap individu memiliki gaya hidup yang berbeda dan tentunya memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda juga. Untuk membuat pilihan yang tepat, mengetahui perbedaan antara kedua kamera ini sangat penting. Oleh karena itu, Jogja Sky akan mengulas kedua produk terbaru DJI ini agar kalian bisa menentukan, yang mana ya yang harus dimiliki? Let’s jump right in!

Kestabilan

Osmo Pocket menggunakan sistem gimbal mekanis 3-axis untuk mendukung kestabilan kameranya, sedangkan Osmo Action dilengkapi dengan teknologi termutakhir dari DJI yaitu RockSteady, yang menyatukan sistem pencitraan elektronik dengan algoritme yang kompleks. Dengan RockSteady, Osmo Action mampu menghasilkan video yang sangat stabil, bahkan dalam penuh gerakan sekalipun.

Performa Kamera

Osmo Pocket dan Osmo Action sama-sama memiliki kamera dengan performa luar biasa dengan sensor 1/2.3 inci yang mampu mengambil foto 12 MP dan merekam video 4K pada 60fps. Jangkauan ISO pada kedua kamera ini yaitu 100-3200.

Osmo Action berhasil menggebrak pasar action camera dengan kemampuan merekam video HDR. Jangkauan dinamis pada video yang dihasilkan mampu memberikan transisi natural antara cahaya terang dan gelap, menangkap detail-detail menakjubkan yang seringkali tidak tertangkap dalam lingkungan yang pencahayaannya rumit.

Mode-Mode Pengambilan Gambar Kreatif

Timelapse

Osmo Action mendukung Timelapse, sempurna untuk memadatkan waktu dan gerakan dalam setiap petualangan anda. Pilih interval dan duasi waktu, lalu biarkan Osmo Action bekerja dengan sendirinya. Fitur ini sangat mudah digunakan dan diatur sehingga dapat menjadi pilihan tepat untuk menangkap momen-momen spesial.

Motionlapse

Dalam Osmo Pocket, tidak hanya ada fitur Timelapse namun juga fitur Motionlapse. Dengan Motionlapse, anda dapat merekam video timelapse dengan efek sinematik tanpa pengeditan lebih lanjut. Caranya pun sangat mudah, cukup letakkan Osmo Pocket pada permukaan yang datar lalu pilih Motionlapse. Osmo Pocket akan merekam dan memproses video secara otomatis.

Slow Motion

Fitur Slow Motion merupakan fitur yang menarik untuk menghasilkan video yang dramatis dan menangkap detail yang seringkali hilang dalam video biasa. Osmo Pocket dilengkapi dengan fitur Slow Motion 4x, sedangkan Osmo Action dilengkapi dengan fitur Slow Motion 8x. Osmo Action telah dirancang sedemikian rupa untuk menangkap 8x Slo-Mo ini dengan resolusi 1080p dan 240fps.

Foto Long Exposure

Untuk mengambil foto long exposure, kecepatan shutter pada Osmo Pocket dapat diatur hingga 8 detik. Osmo Action menyediakan kemampuan untuk memperlambat kecepatan shutter hingga 120 detik, sempurna untuk menangkap foto di malam-malam penuh bintang.

ActiveTrack vs. FOV 145 derajat

Para vlogger biasanya harus memikirkan untuk memfokuskan wajah mereka di tengah frame sambil merekam konten. Untuk pemula, mendapatkan rekaman yang tepat dengan komposisi wajah di tengah frame membutuhkan latihan, dan kadang sulit dilakukan. Fitur ActiveTrack dan FaceTrack pada Osmo Pocket merupakan fitur yang sempurna untuk membantu proses ini. Dalam mode Selfie, Osmo Pocket akan secara otomatis mendeteksi wajah manusia di dalam frame dan akan terus mengikuti pergerakannya. Dengan demikian, para vlogger akan dengan mudah menjaga komposisi konten mereka tanpa harus melihat / memeriksa ke monitor.

Jika anda menggunakan Osmo Action, anda tidak perlu khawatir keluar dari frame karena lensa wide-nya memiliki sudut sebesar 145 derajat.

Beberapa orang mungkin mengkhawatirkan efek samping fish-eye yang bisa muncul ketika menggunakan lensa wide. Namun, para pengguna Osmo Action tidak perlu khawatir karena ada fungsi Dewarp yang mampu menghilangkan distorsi semacam ini dalam proses merekam atau mengambil foto.

SnapShot

Jika anda merasa mengambil gambar dengan hitungan detik kurang cukup cepat, fitur SnapShot pada Osmo Action mungkin akan menarik perhatian anda. Bagaimana caranya? Tekan tombol jepret untuk menyalakan Osmo Action dan mulai merekam dalam waktu kurang dari 2 detik saja.

Kontrol dan Tampilan Kamera

Osmo Pocket

Osmo Pocket dilengkapi dengan layar sentuh sebesar 1.08 inci untuk mengatur berbagai fungsi dan fiturnya. Osmo Pocket juga dilengkapi dengan tombol jepret / rekam dengan tombol fungsi / power.

Tombol Power

Tombol Power berfungsi untuk menyalakan dan mematikan poerangkat ini. Pada tampilan kamera, tekan tombol ini untuk mengakses beberapa fungsi utama seperti menukar mode vide dan foto, dan menyeimbangkan dan memutar kamera. Pelajari pada cuplikan singkat di bawah ini.

Aplikasi DJI Mimo

Untuk pengaturan lebih lanjut, anda bisa menghubungkan Osmo Pocket dengan Smartphone anda melalui adapter maupun modul wireless. Anda dapat mengatur kendali kamera, parameter, merubah pengaturan, dan mengakses fitur-fitur pemotretan lainnya melalui DJI Mimo.

Osmo Action

Dilengkapi dengan 2 layar:

  • Satu layar sentuh berukuran 2.25 inci di bagian belakang untuk tampilan kamera, melakukan pengaturan, memilih mode-mode pengambilan gambar, dan memutar kembali video dan melihat hasil gambar.
  • Satu layar di bagian depan sebesar 1.4 inci untuk tampilan kamera secara live, sangat memudahkan untuk menangkap foto dan video selfie.

Di bagian paling atas, anda akan menemukan tombol power dan tombol jepret. Selain kedua tombol ini, ada juga tombol multifungsi QS yang terletak di sisi samping Osmo Action.

Kontrol Suara

Tahukah anda bahwa Osmo Action dapat dioperasikan melalui perintah suara? Dengan perintah suara ini, anda dapat menggunakan Osmo Action dengan mudah. Berikut adalah beberapa perintah suara yang didukung.

Aplikasi DJI Mimo

Sama halnya seperti Osmo Pocket, Osmo Action juga didukung oleh aplikasi DJI Mimo. Namun, tidak seperti Osmo Pocket, anda dapat menghubungkan Osmo Action dengan Smartphone anda secara nirkabel (melalui Wi-Fi atau Bluetooth) tanpa tambahan adapter atau modul aksesoris lainnya.

Performa

Mari kita lihat sekilas mengenai spesifikasi kedua perangkat mini nan canggih ini.

Ketahanan

Osmo Pocket bisa dikatakan perangkat yang rentan. Oleh karena itulah, di sisi ketahanan produk, Osmo Action bisa dikatakan lebih unggul. Lensa dan layar sentuh Osmo Action tertutup dengan pelapis anti-sidik jari yang mampu menghalau minyak, air, kotoran, dan partikel-partikel kecil lain.

Selain itu, Osmo Action dapat digunakan di dalam air hingga kedalaman 11 meter tanpa case tambahan. Jika menggunakan waterproof case khusus Osmo Action, action camera ini dapat dioperasikan hingga kedalaman 60 meter. Menakjubkan sekali, bukan?

Harga

Pasti ini, yang paling ditunggu-tunggu oleh netizen yang budiman. Hehe.
Osmo Pocket dan Osmo Action dapat anda dapatkan di Jogja Sky dengan harga yang sama, yaitu Rp 5.999.000.

Untuk saat ini, ketersediaan stok untuk Osmo Pocket dapat langsung anda tanyakan melalui admin kami, sedangkan Osmo Action masih dalam perjalanan menuju Indonesia dan akan ready di Jogja Sky sekitar 2 minggu lagi. Namun anda dapat memesan dari sekarang melalui admin kami untuk mendapatkan kesempatan menjadi yang pertama memiliki produk ini di Indonesia.

So, sudah menentukan mana yang ingin dipilih sebagai teman liburan, bertualang, atau bahkan vlogging? Berikan opini anda di kolom komen di bawah tentang Osmo mana yang anda pilih beserta alasannya!

Tetap terhubung di Jogja Sky!

Ingin mendapatkan informasi dan update terkini seputar Jogja Sky, produk-produk DJI, dan dunia UAV? Ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunjungi terus website kami untuk membaca berbagai artikel yang akan keluar setiap hari Rabu.

Ikuti kami di:

Comments

comments