NEO, Drone Asal Belanda - Jogjasky

Pekan ini bisa jadi merupakan pekan yang istimewa bagi segenap pencinta serial tv action paling laris sedunia: Game of Thrones. Setelah banyak rumor yang beredar di media sosial, akhirnya pada awal pekan ini Game of Thrones musim ketujuh resmi dirilis.

Tak elak, kemunculan musim ketujuh ini tentunya akan menambah daftar panjang kesuksesan film yang diadaptasi dari cerita karya George RR Martin ini.

 

Namun, yang belum banyak diketahui oleh para penikmat Game Of Thrones ini adalah banyak proses perekaman adegan dilakukan dengan menggunakan bantuan drone. Penggunaan drone ini sendiri, diakui oleh Jorrit Lindes yang dilansir dari suasnews.com merupakan kali pertama yang dilakukan dalam film tersebut.

Adalah drone dengan merk NEO produksi sebuah perusahaan asal Belanda, Acecore Technologies yang digunakan untuk merekam beberapa adegan dalam serial ini. NEO dipilih karena sesuai dengan pertimbangan lokasi pengambilan gambar yang dilakukan di Islandia, di mana pada waktu pengambilan gambar dilakukan pada musim dingin dengan suhu hampir -20 derajat celcius.

NEO sendiri merupakan sebuah drone yang dikhususkan oleh Acecore Technologies untuk kebutuhan sinematografi yang mengharuskan merekam gambar dengan kamera extra berat hingga 19kg. Selain itu, NEO juga dibuat khusus agar mampu bekerja dalam kondisi lingkungan yang sangat extrem yang memungkinkan para sinematrografer mengambil gambar yang hampir mustahil dilakukan dengan cara konvensional.

Dengan spesifikasi kelas berat seperti itu, NEO ternyata mampu terbang selama 23 menit maksimal dan mampu bertahan dari tiupan angin hingga kecepatan 35 knots. Juga, NEO ternyata dilengkapi dengan sistem pengindraan rintangan yang membuatnya aman ketika sedang terbang.

Selain dari spesifikasi drone yang digunakan, para sinematografer umumnya memiliki persyaratan lain seperti bahwa drone harus bisa mengambil gambar dengan kualitas tinggi yang penting pada saat proses pasca produksi. Dan, berkat kecanggihan dari Acecore Technologies, NEO mampu menghasilkan kualitas gambar yang sesuai standar HBO (Home Box Office).

Masih dari sumber yang sama dilansir bahwa penggunaan NEO jauh lebih efisien karena bisa digunakan kapan saja dan jauh lebih menghemat biaya produksi jika dibandingkan dengan menggunakan sebuah helikopter.

 

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: