fbpx

Teknologi Drone adalah inovasi fenomenal yang terus memiliki efek luas di masyarakat saat ini, yang mampu mengubah cara hidup manusia dan cara melakukan bisnis. Industri pertanian tampaknya telah merangkul teknologi drone dengan tangan terbuka, menggunakan alat canggih ini untuk mengubah pertanian modern.

Drone berteknologi tinggi memungkinkan petani dan pilot drone yang mengoperasikannya untuk meningkatkan efisiensi dalam aspek-aspek tertentu dari proses pertanian. Dari pemantauan tanaman hingga penanaman, pengelolaan ternak, penyemprotan tanaman, pemetaan irigasi, dan banyak manfaat lainnya.

 

MEMAHAMI PASAR DRONE PERTANIAN

Drone pertanian dapat membantu mencapai dan meningkatkan apa yang dikenal sebagai pertanian presisi.

Apa itu Pertanian Presisi?

Pertanian presisi merupakan upaya penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan hasil panen dan keuntungan pertanian sambil menurunkan tingkat input tradisional yang dibutuhkan untuk menanam tanaman (tanah, air, pupuk, herbisida, dan insektisida). Dengan kata lain, petani yang menggunakan Pertanian Presisi memanfaatkan sumber daya yang lebih sedikit untuk hasil yang lebih banyak. DJI Agras Agricultural Drone, misalnya, mampu menyemprotkan pupuk dan air untuk tanaman dengan lebih efisien, mampu menyebarkan pupuk dan air di area seluas 4,000-6,000 m² dalam waktu hanya 10 menit. Ini tentunya menghemat tenaga kerja dan waktu. Hasilnya bisa menjadi keuntungan bagi petani dan memiliki potensi besar untuk membuat pertanian lebih berkelanjutan dan meningkatkan ketersediaan pangan.

Pendekatan pengelolaan pertanian ini didasarkan pada pengamatan, pengukuran, dan pengambilan tindakan berdasarkan data tanaman (dan juga ternak) secara real-time. Ini menghapus kebiasaan bekerja secara ‘kira-kira’ di industri pertanian dan memberi petani kemampuan untuk memaksimalkan hasil mereka dan menjalankan pengelolaan pertanian yang lebih efisien, sambil meningkatkan produksi.

Dalam beberapa tahun terakhir biaya drone untuk pertanian telah menurun dengan cepat, yang tidak hanya menyebabkan maraknya penggunaan drone di pertanian tetapi juga membuatnya menjadi investasi para petani modern.

Bahkan, pasar drone pertanian diekspektasi akan meningkat lebih dari 38% di tahun-tahun berikutnya. Berkat didorong oleh meningkatnya tingkat populasi dan perubahan pola iklim, kebutuhan akan pertanian yang efisien akan menjadi lebih penting.

Ada beberapa kegunaan teknologi drone untuk pertanian, antara lain:

  • Mengamati keadaan tanah dan tanaman
  • Memeriksa gulma dan merawat tanaman
  • Memantau kesehatan tanaman secara keseluruhan
  • Penyiraman tanaman yang lebih efisien
  • Penyebaran pupuk, pestisida, herbisida
  • dan lain-lain.

Drone pertanian, seperti DJI Agras Agricultural drone dilengkapi dengan teknologi seperti sistem propulsi, GPS dan sistem navigasi canggih, pengontrol yang dapat diprogram, dan perencanaan penerbangan otomatis. Bahkan ada juga yang bisa dikontrol oleh lebih dari 1 pilot. Plus, dengan perangkat lunak pengolah data khusus sehingga informasi yang dikumpulkan dapat langsung digunakan untuk pengambilan keputusan manajemen yang lebih baik.

DJI AGRAS AGRICULTURAL DRONE MG-1P

DJI Agras MG-1P merupakan Agricultural Drone yang menggunakan algoritma propulsi dan kontrol canggih untuk memastikan keamanan penerbangan, bahkan jika ada satu arm atau motor patah ketika penerbangan. Sistem penggerak motor memiliki mekanisme komunikasi redundan yang memungkinkan sistem untuk mengubah rute sinyal kontrol selama beroperasi jika diperlukan.

Remote Controller MG-1P dapat mengontrol hingga lima pesawat MG-1P secara bersamaan, menggandakan efisiensi operasi satu pilot operator. Remote Controller MG-1P ini jika dibandingkan dengan seri Agras sebelumnya telah memperluas jangkauan kontrol hingga 3 km dan mendukung transmisi video resolusi tinggi dalam jangkauan itu, demi memastikan keamanan penerbangan. Remote Controller MG-1P juga mendukung komunikasi nirkabel 4G, baterai yang dapat ditukar, dan desain antena baru, sehingga lebih banyak kemudahan untuk dioperasikan.

Drone seri MG-1P dilengkapi dengan kamera wide angle 123° FOV yang mentransmisikan pandangan langsung yang menghadap ke depan. Untuk operasi jarak jauh, tampilan internal pengontrol jarak jauh menunjukkan informasi penghindaran obstacle untuk memastikan keamanan pesawat. Dengan bantuan kamera FPV, pengguna dapat dengan mudah merekam titik A / B atau waypoint, meningkatkan akurasi dan efisiensi kerja.

Sistem radar MG-1P mengintegrasikan tiga radar deteksi medan presisi tinggi, lebih canggih dari pesawat MG-1S sebelumnya dengan radar penghindaran rintangan. Ini menggandakan sensitivitas deteksi dan memungkinkan deteksi dari berbagai arah, sehingga secara signifikan meningkatkan kemampuan pesawat untuk merasakan hambatan terdekat sambil mengikuti medan secara otomatis. MG-1P dapat mendeteksi saluran listrik selebar satu sentimeter dari jarak 15 m. Ini melindungi pesawat tidak hanya dari saluran listrik, tetapi dari ranting pohon dan hambatan umum lainnya. Active Obstacle Sensing dan Avoidance bekerja dengan baik pada siang hari atau malam hari tanpa dipengaruhi oleh cahaya atau debu. Selain itu, peringkat Ingress Protection sistem radar pada MG-1P telah meningkat menjadi IP67, menjadikan sistem ini lebih tahan terhadap kotoran, debu, dan air.

Mode operasi baru telah ditambahkan ke aplikasi MG v2.0. Mode Multi-Aircraft Control sangat mudah dan intuitif, menjadikan pilot mampu mengendalikan beberapa pesawat dengan satu remote controller. Mode operasi baru lainnya adalah Banked Turning, yang menggunakan rute penerbangan yang dioptimalkan dan meningkatkan efisiensi kerja hingga 20%. Terlepas dari mode baru, Mode Operasi Rute A-B, Mode Operasi Manual, dan Mode Operasi Manual Plus semua masih tersedia untuk memungkinkan banyak pilihan pengoperasian.

Fitur Utama DJI Agras MG-1P Agriculture Drone:

  • Dapat digunakan sebagai penyemprot pestisida cair, pupuk dan herbisida
  • Berat Standar Takeoff 23.8 kg
  • Jangkauan maksimal remote controller 3 km
  • Waktu terbang 20 menit dengan beban 13.7 kg

Untuk informasi produk DJI Agras MG-1P Agricultural Drone, klik tombol download di bawah ini.

Tetap terhubung dengan Jogja Sky!

Ingin mendapatkan informasi dan update terkini seputar Jogja Sky, produk-produk DJI, dan dunia UAV? Ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunjungi terus website kami untuk membaca berbagai artikel yang akan keluar setiap hari Rabu.

Ikuti kami di:

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: