fbpx

Di awal tahun 2020, DJI meluncurkan produk baru, yaitu Zenmuse XT S, model kamera pencitraan terbaru dari seri XT. XT S ini dirancang khusus untuk DJI Matrice 200 series yang merupakan drone profesional dengan fitur dan teknologi kelas atas.

Zenmuse XT S, berdasarkan pemaparan dari Direktur Senior bagian Strategi Korporat DJI, Christina Zhang mampu menangkap data termal yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia dan membuka lebih banyak gerbang pengaplikasian lain. Pencitraan termal menjadikan operator drone mampu melihat menembus asap atau kabut, melacak orang hilang di malam hari, mengidentifikasi komponen listrik yang panas, dan banyak pengaplikasian lainnya.

Zenmuse XT S kompatibel dengan Matrice 200 series

Lalu Sebenarnya, Bagaimana Sih, Cara Kerjanya Kamera Termal?
Pencitraan termal mewujudkan energi panas ke cahaya tampak secara visual sehingga dapat dilihat oleh mata manusia.

Contoh gambar hasil pencitraan termal, gambar dari uavcoach.com

Gambar hasil pencitraan termal akan menunjukkan titik-titik panas yang divisualisasikan dengan warna. Warna-warna ini juga menjelaskan tingkat energi panas pada objek pada gambar.

Apa Fungsi Kamera Termal Pada Drone?

Kamera pencitraan termal yang dipasangkan pada drone dapat digunakan pada skenario inspeksi untuk melihat kebocoran gas/uap pada bangunan atau jalur pipa. Ini penting untuk mengidentifikasi dan menentukan tindakan perbaikan yang dibutuhkan. Kamera termal juga dapat digunakan dalam proses pencarian orang hilang di hutan dengan mencari energi panas orang tersebut.

Apa yang Baru dari Zenmuse XT S?

Zenmuse XT S, sama seperti Zenmuse XT dan XT2, sama-sama memiliki sensor pencitraan termal inframerah yang mampu memberikan resolusi berkualitas tinggi untuk hasil pencitraan termal yang detail dan jelas.

Salah satu perbedaan signifikan antara XT, XT2, dan XT S adalah XT S hanya dirancang khusus untuk Matrice 200 Series, sedangkan XT kompatibel dengan M100, M200, M600, dan Inspire 1, lalu XT2 hanya kompatibel dengan M200 dan M600.

Kompatibilitas yang terbatas ini berarti XT S akan dihargai lebih murah dibandingkan XT dan XT2. DJI memang tidak secara langsung mengatakan demikian, namun sepertinya mereka menyatakannya secara tersirat ketika Zenmuse XT S diluncurkan:

“Zenmuse XT S akan menjadikan kamera pencitraan termal dengan resolusi dan frame-rate tinggi lebih terjangkau dan dapat diakses di seluruh dunia.” -DJI

Selain perbedaan kompatibilitas ini, DJI tidak menjelaskan mengenai perbedaan lain dari model Zenmuse XT sebelumnya. Namun ada sensor radiometrik yang menangkap data temperatur pada setiap gambar yang diambil.

DJI mengatakan bahwa Zenmuse XT S dibuat dengan tujuan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan layanan drone dengan pencitraan termal.

Spesifikasi dan Fitur

Berikut ini adalah beberapa spesifikasi utama dari Zenmuse XT S:

  • Lensa 19 mm
  • 640×512, 25Hz refresh rate sensor radiometrik
  • Kemampuan zoom 2x dan 4x digital zoom

XT S mampu menyiarkan tampilan langsung data termal ke perangkat seluler pengguna melalui aplikasi DJI Pilot. Pengguna kemudian dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengakses beberapa fitur di bawah ini untuk membuat data termal dari kamera untuk dapat ditindaklanjuti:

  • Spot Meter: Ketuk titik untuk pengukuran suhu secara real-time
  • Area Measurement: Pilih area untuk mendapatkan suhu maksimum, minimum, dan rata-rata.
  • Temp Alarm: Dapatkan pemberitahuan saat suhu objek melebihi batas temperatur yang ditentukan sebelumnya.
  • Color Palettes: Sesuaikan warna yang diterapkan pada data termal.
  • Isotherm: Pilih bagaimana warna didistribusikan pada kisaran suhu tertentu.

Ketersediaan

Sejak dirilis, Zenmuse XT S sudah bisa didapatkan melalui pre-order. Tentu saja anda bisa menanyakan mengenai produk ini dan produk DJI Enterprise lainnya dengan menghubungi Jogja Sky, DJI Sales & Service Center sebagai dealer resmi produk DJI Enterprise di Indonesia.

Tetap terhubung dengan Jogja Sky!

Ingin mendapatkan informasi dan update terkini seputar Jogja Sky, produk-produk DJI, dan dunia UAV? Ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunjungi terus website kami untuk membaca berbagai artikel yang akan keluar setiap hari Rabu.

Ikuti kami di:

Comments

comments