Seringkali, alasan utama membeli sebuah drone adalah terpikat karena teknologi kamera yang ada padanya. DJI drone terutama, kemampuan merekam hingga 4K, resolusi kamera yang tinggi, dan sudut pengambilan gambar yang menarik, semua ada pada kamera DJI drone. Namun, untuk bisa menghasilkan sebuah footage yang bagus terlebih dahulu kamu harus paham seluk beluk kamera drone. Dan berikut ini adalah tutorial sederhana kamera DJI drone yang bisa kamu pelajari.

Eksposure

Tombol Shutter/Rana

Tombol ini berfungsi untuk mengatur waktu exposure sensor.

  • Pengaturan Kecepatan Shutter Tinggi

Mempunyai waktu yang lebih pendek untuk cahaya agar bisa masuk ke dalam sensor. Hal ini menyebabkan gambar lebih sedikit gelap namun terlihat tajam

  • Pengaturan Kecepatan Shutter Lambat

Mempunyai waktu yang lebih lama untuk cahaya agar bisa masuk ke dalam sensor. Hal ini menyebabkan gambar menjadi lebih terang namun terlihat blur

Aperture

Mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa. Dalam dunia kamera, Aperture ini dikenal juga dengan sebutan panjang focal lensa / diameter aperture.

  • Pengaturan Aperture Besar

Artinya akan banyak cahaya yang yang masuk ke dalam lensa yang mengakibatkan gambar menjadi lebih terang dan bokeh semakin terlihat jelas.

  • Pengaturan Aperture Kecil

Artinya jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa sedikit yang menghasilkan gambar menjadi lebih gelap dan tingkat bokeh yang kurang begitu jelas

ISO

Berfungsi untuk mengontrol tingkat kesensitifitasan sensor terhadap cahaya

  • ISO Tinggi

Ketika kamu mengatur ISO tinggi artinya akan ada lebih banyak cahaya yang terdeteksi yang menghasilkan gambar yang lebih terang dengan noise yang akan sangat terlihat.

  • ISO Rendah

Ketika kamu menurunkan ISO artinya akan ada sedikit cahaya yang terdeteksi sensor, hasil gambar akan lebih gelap dengan tingkat noise yang tidak begitu kentara.

Exposure Compensation

Cara mengontrol exposure yang membuat setiap pilot dapat secara manual menyesuaikan parameter exposure yang lebih “tepat” yang digunakan kamera untuk secara otomatis mampu mengatur tingkat gelap-terang dari sebuah gambar

  • Pada eksposure otomatis, semakin kamu meningkatkan angka tingkat exposure maka kamu akan mendapati layar yang lebih terang. Sedangkan ketika kamu menurunkan tingkat exposure, kamu akan mendapati layar menjadi lebih gelap.
  • Pada exposure manual, fungsi exposure compensation ini tidak dapat diatur dan angka exposure menunjukkan status exposure di bawah pengaturan standar.

Bantuan Pengaturan Exposure

Mode Exposure Kamera

Kamera DJI drone memiliki beberapa mode exposure: Auto, Mode A, Mode S, dan Mode M.

Auto / Exposure Otomatis:

Kamera secara otomatis mengganti kecepatan shutter dan aperture untuk menghasilkan tingkat exposure yang lebih optimal berdasarkan pada tingkat kecerahan lingkungan

Mode A / Prioritas Aperture:

Kamu dapat mengatur tingkat aperture dan kamera drone akan mengganti kecepatan shutter untuk menghasilkan tingkat exposure yang lebih optimal berdasarkan tingkat kecerahan lingkungan.

Mode S / Prioritas Shutter:

Pada mode ini kamu bisa menentukan kecepatan shutter dan kamera akan mengganti tingkat aperturenya untuk menghasilkan tingkat exposure yang lebih optimal berdasarkan tingkat kecerahan lingkungan

Mode M / Manual Exposure:

Dengan mode ini kamu bisa mengatur kecepatan shutter dan tingkat aperture secara manual berdasarkan tingkat kecerahan lingkungan tempat kamu mengambil foto.

Peringatan Over Exposure

Pada layar atau tablet akan muncul garis zebra yang menunjukkan tanda-tanda overexposure. Ketika garis ini muncul, cobalah untuk mengurangi angka exposure untuk mengurangi garis-garis ini. Garis-garis ini tidak akan direkam pada gambar yang kamu hasilkan.

Histogram

Menampilkan jumlah piksel pada tiap tingkat kecerahan gambar.

Histogram DJI Kamera

Ketika puncak histogram berada pada sebelah kiri, banyak piksel yang berada di area gelap dan gambar menjadi kurang begitu terang

Histogram DJI KameraKetika puncak histogram berada pada sebelah kanan, banyak piksel yang berada di area terang dan gambar menjadi terlalu terang.

Cara Cepat Belajar Fokus Kamera DJI Drone

Focus Assist

Pilihan Lanjutan

Format Gambar

Gambar hasil kamera dari DJI drone dapat diatur dalam dua format: JPEG dan RAW

format gambar kamera DJI DroneJPEG
Memiliki ukuran file yang kecil. Format ini adalah format yang paling banyak digunakan para fotografer tetapi kurang bagus untuk proses pasca produksi.

RAW
Memiliki ukuran file yang besar. Format ini adalah fomat yang biasa digunakan dalam proses pasca produksi dan perlu aplikasi khusus untuk membukanya.

Auto Exposure Bracketing (AEB)

AEB Kamera DJI Drone

Dengan kecepatan rana dan tingkat aperture yang berganti secara otomatis, kamera akan mengambil 3 atau 5 gambar yang terlalu terang, komposisi yang pas, dan yang kurang terang secara berurutan. Gambar yang diambil dengan AEB harus disusun berdasarkan software editing gambar.

High-Dynamic Range (HDR)

HDR Kamera DJIPada mode ini, kamera akan mengambil tiga gambar dengan tiga tingkat kecerahan yang berbeda lalu menggabungkannya menjadi satu.
Semua detil gambar yang ada pada bagian gelap dan terang akan tetap dipertahankan.

Ukuran Sensor

Ukuran sensorDJI drone memiliki sensor berukuran 1/2.3 inchi, 1 inchi, dan 4/3 inchi. Ukuran sesnsor kamera ini bergantung pada panjang diagonal garis sensor. Sensor yang lebih besar menunjukkan rasio signal-noise dan detil gambar lainnya.

 

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: