Rasanya tidak pernah lengkap jika sudah memiliki DJI Mavic Air tetapi tidak digunakan dengan maksimal. Dengan resolusi kamera 12 megapikselnya dan kemampuan merekam video 4K, Mavic Air tentu adalah teman berpetualang yang sangat pas. Tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum traveling dengan DJI Mavic Air.

Tips Traveling dengan DJI Mavic Air

Persiapan

Pahami Aturan Menerbangkan Drone

Sebelum berangkat traveling dengan DJI Mavic Air, penting untuk belajar bagaimana aturan menerbangkan drone di daerah tujuanmu. Setiap daerah memiliki aturannya sendiri-sendiri dan kadang tidak sama satu dengan lainnya. Sebisa mungkin, ketika kamu membawa Mavic Air mu untuk traveling jangan sampai melanggar aturan yang berlaku.

Untuk tahu tempat-tempat mana saja yang memiliki aturan khusus, kamu bisa cek link berikut ini.

Packing

Pastikan untuk meletakkan Mavic Airmu pada case asli DJI yang disediakan. Case ini dibuat khusus dari bahan yang bisa melindungi Mavic air saat kamu bawa traveling dari kemungkinan benturan yang terjadi. Selain itu, case ini dapat dengan mudah dan nyaman kamu masukkan ke dalam tas punggungmu sehingga tidak terlalu merepotkanmu selama diperjalanan.

Perhatikan Aturan Khusus

Jika kamu berencana traveling dengan DJI Mavic Air ke luar negeri, perhatikan tentang aturan bea cukai. Apabila ketika kamu membawa drone hanya untuk kebutuhan pribadi maka kamu tidak akan dikenakan biaya. Namun, jika ketika kamu membawa drone untuk tujuan komersil, maka kamu akan dikenakan aturan pabean sesuai yang ada pada masing-masing negara.

Periksa Aturan Maskapai Penerbangan

Tiap maskapai penerbangan memiliki aturannya sendiri-sendiri berkaitan dengan terbang dengan mengangkut drone dan baterainya. Maka, menjadi sebuah hal penting buatmu yang ingin traveling dengan membawa DJI drone untuk mencari tahu informasi ini.

Kebanyakan maskapai penerbangan tidak mengizinkan untuk memasukkan baterai ke dalam bagasi pesawat. Jadi, kamu harus menaruhnya bersama dengan barang bawaan di luar bagasi.

Sebelum Menerbangkan Drone

Langkah 1 – Periksa Drone mu

Lakukan pemeriksaan pada hal-hal berikut ini sebelum mulai menerbangkan drone:

  • Daya baterai dalam kondisi penuh
  • Arm depan, belakang, dan foot semuanya sudah benar-benar dibuka
  • Menggunakan aplikasi DJI GO terbaru
  • Kamera dalam kondisi bersih.

Langkah 2 – Pilih Tempat untuk Lepas Landas dan Mendarat

Pastikan bahwa lokasi di mana dronemu akan lepas landas dan mendarat adalah tempat yang memiliki permukaan yang datar.

Menggunakan Fitur Pintar

Traveling dengan DJI Mavic Air artinya kamu juga harus merasakan langsung sensasi menggunakan fitur terbang pintarnya.

ActiveTrack:

Dengan fitur ini, kamu dapat membuat Mavic Air terbang mengikuti kemana pun kamu bergerak. Tidak peduli apakah kamu sedang berjalan, berlari, mendaki, berselancar, Mavic Air akan setia mengabadikan momen berhargamu.

Asteriod QuickShot:

Dengan satu ketukkan, Mavic Air dapat secara otomatis terbang menjauh dan mengambil video panorama seperti layaknya asteroid selama 10 detik. Fitur ini sangat cocok ketika digunakan di pinggir pantai, area terbuka, atau danau

Boomerang Quickshot:

Fitur ini membuat Mavic Air dapat terbang mengitarimu selayaknya sebuah boomerang. Mode ini terlihat sangat cocok digunakan ketika kamu traveling ke daerah puncak gunung.

Memilih Tempat Terbang

Periksa Kondisi Cuaca

Jangan memaksakan diri untuk terbang dalam kondisi cuaca yang buruk seperti badai, hujan deras, bersalju, berangin kencang, dan berembun. Pastikan terbang di cuaca yang cerah dengan kondisi cahaya yang mencukupi untuk sistem vision agar bisa berfungsi dengan normal.

Periksa Lingkungan Sekitar

Pilih lingkungan penerbangan yang luas dan jauh dari bangunan tinggi. Jangan terbang di dekat tiang listrik, tower radio, atau tower operator seluler untuk menghindari adanya ganggguan gelombang pada remot kontrol.

Jangan Terbang di Kerumunan

Hindari menerbangkan DJI Mavic Air di kerumunan orang. Karena bisa saja dapat membahayakan orang lain. Ingat: jadilah pilot drone yang bertanggung jawab dengan mengedepankan keselamatan.

Pastikan Untuk Menerbangkan Drone di LOS

Jagalah selalu agar DJI Mavic Air selalu terbang dalam jarak pandangmu atau di dalam LOS (Line of Sight)

Perhatikan Peringatan Tentang Lokasi

GPS tidak aktif di daerah Antartika dan Artik. Sistem Visual Postioning mungkin akan digunakan. Waspadalah, ketika terbang di atas ketinggian 5.000 meter, performa terbang Mavic Air mungkin akan berkurang.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: