Menerbangkan DJI drone untuk kali pertama memang sangat menyenangkan. Rasa tak sabar untuk segera mengambil gambar sinematik pun begitu menggelora. Namun, ketahuilah bahwa menerbangkan drone bisa sangat beresiko. Untuk menghindari kesalahan, apalagi jika kamu adalah beginner, berikut ini adalah tips sederhana menerbangkan DJI drone yang bisa kamu ikuti

Tips Sederhana Menerbangkan DJI Drone

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Baru Saja Membeli Drone

  • Baca Panduan Manual

Sekarang kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk mencari buku panduan manual bahasa Indonesia. Sebab, Jogjasky kini sudah menyediakannya lengkap dan bisa kamu download gratis di http://bit.ly/BukuManual. Selain membaca buku manual, disarankan juga untuk melihat tutorial video dan mempelajari aplikasi pengontrol DJI drone: DJI GO.

Kamu bisa download juga panduan penggunaan DJI GO di http://bit.ly/djigo-Indonesia

  • Berlatih dengan Menggunakan Simulator Penerbangan

Pelajari bagaimana menggunakan kontrol penerbangan dasar dan intelligent flight mode dengan menggunakan aplikasi DJI GO. Biasakan dirimu sendiri dengan berbagai macam kontrol dan belajar untuk tetap dalam kontrol aircraft tersebut.

Pilih Lingkungan Penerbangan yang Sesuai

  • Hindari Rintangan

 

Berhati-hatilah dengan kecepatan penerbangan dan kondisi cahaya yang mungkin berdampak tidak baik pada performa sistem obstacle avoidance.

Jangan terlalu mengandalkan pada sistem obstacle avoidance ini. Tali kecil, kabel telepon, dan benda-benda transparan adalah hal-hal yang sangat susah untuk dideteksi. Selain itu, kamu juga harus super hati-hati pada lingkungan penerbangan dan pastikan bahwa kamu benar-benar tahu di mana dan kapan waktu menerbangkan

  • Hindari Hewan-hewan

Gelombang ultrasonic yang dikeluarkan drone dapat mengganggu beberapa jenis hewan. Kamu juga perlu menjauhkan drone dari burung-burung agar tidak terkena serangan burung yang merasa terganggu.

  • Jangan Menerbangkan Drone Dekat Kerumunan

Menerbangkan drone mungkin akan menarik perhatian dari banyak orang dan seringkali hal ini sangat mengganggu. Maka, hindarilah menerbangkan di dekat kerumunan untuk meminimalisasi adanya kecelakaan. Terbanglah pada area terbuka agar tetap aman.

Persiapan Sebelum Penerbangan

  • Cek Kalibrasi dan Persiapan Sebelum Penerbangan

Mengkalibrasikan kompas sebelum penerbangan adalah hal penting untuk menunjang keamanan. Juga, jangan lupa mengisi ulang daya bateai dan periksa apakah propeller terpasang dengan benar. Terakhir, pastikan untuk selalu memperhatikan semua pemberitahuan yang ada pada aplikasi DJI GO.

 

  • Atur Ketinggian Return-to-Home (RTH)

Pada mode RTH, dronemu akan terbang ke ketinggian yang sudah diatur sebelumnya dan kembali ke home point secara otomatis. Kami menyarankan untuk mengatur ketinggian RTH sebelum penerbangan. Hal ini untuk memastikan bahwa dronemu tidak akan menabrak rintangan saat terbang kembali.

Kamu bisa mengatur batas ketinggian dan jarang dengan aplikasi DJI GO untuk mencegah dronemu mengalami flyaways. Hindari menerbangkan drone di luar line of sight atau terbang di atas ketinggian 120 meter.

 

  • Periksa Sinyal GPS

Terbangkan dronemu ketika minimal ada sepuluh satelit yang terdeteksi dan ikon GPS diikuti lebih dari 4 bar. Sinyal GPS yang kuat merupakan faktor penentu penerbangan yang sangat penting.

Penerbangan Pertama

  • Melayang Sebelum Terbang Jauh

Setelah lepas landas, disarankan untuk terbang melayang terlebih dahulu sekitar 30 detik untuk meyakinkan bahwa drone dapat terbang stabil. Lanjutkan penerbangan setelah mengonfirmasi dronemu benar-benar kamu kuasai.

  • Gunakan Mode Beginner untuk Latihan

Nyalakan Mode Beginner untuk mengaktifkan batas jarak dan ketinggian penerbangan. Hal ini untuk memastikan semua sensor dan GPS aktif dan membantu drone mu tetap dalam line of sight. Untuk beberapa penerbangan pertama, fokuslah pada pengoperasian drone dan bukan pada melihat gambar di layar.

  • Kenali Bagaimana RTH Bekerja

Tekan tombol RTH di remot kontrol atau ketuk ikon RTH pada aplikasi DJI GO, dan dronemu akan terbang kembali ke home point. Kamu akan mendengan bunyi “DiDi, DiDi, DiDi …” ketika drone kembali ke home point. INGAT bahwa dronemu hanya dapat merekam home point dan mengaktifkan RTH ketika sinyal GPS kuat dan kompas berfungsi normal.

  • Periksa Kondisi Cuaca

Perhatikan perubahan cuaca saat melakukan penerbangan. JANGAN menerbangkan drone dalam kondisi hujan, berkabut, badai, bersalju, atau dalam kondisi berangin kencang.

Itulah ke-15 tips sederhana menerbangkan dji drone yang bisa kamu ikuti. Semua tips ini juga bisa kamu download pada tautan di bawah ini.

Selamat Menerbangkan DJI drone!!

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: