Mengontrol terbang drone sekaligus merekam video dan mengambil gambar adalah dua hal yang berbeda. Terlebih lagi ketika kamu ingin merekam video, gerakan sedikit apapun mampu membuat hasil buruk pada hasil video yang kamu ambil. Maka, menjadi penting untuk bisa tahu bagaimana mengontrol terbang drone secara akurat agar tetap mampu menghasilkan video yang baik. YouTuber Tony & Chelsea Northrup memberikan beberapa tips yang bisa kamu contoh.

Salah satu perbedaan utama yang dilakukan oleh Tony & Chelsea pada video di atas adalah kontrol terbang yang halus. Seorang professional fotografer/sinematografer sangat jarang melakukan gerakan mendadak ketika sedang mengambil gambar.

Rencanakan Jalur Terbangmu

Sebenarnya, kamu tidak perlu mengatur titik kooordinat untuk menentukan jalur terbangmu. Kamu cukup tahu kemana kamu akan terbang, jalur mana yang kamu lewati, dan ambil gambar pada titik-titik terbaik sepanjang penerbanganmu.

Rekam Sebelum dan Sesudah

Penting untuk menentukan angle pengambilan gambar. Seorang videografer profesional biasanya memberi tambahan waktu perekam 15 detik baik sebelum dan sesudah film utama. Hal ini penting kamu contoh untuk memberikan jeda waktu yang cukup untuk keperluan editing.

Pastikan Tuas Kontrol dalam Posisi Tenang

Jika kamu bertujuan untuk merekam video secara professional, maka selalu pastikan bahwa tuas remot kontrol selalu dalam posisi tenang. Hal ini akan sangat membantu drone untuk bisa terbang dengan halus ketika sedang merekam video.

Perhatikan Pergerakkan Terbangmu

Mengikuti dan merancang jalur penerbangan hanya salah satu langkah mudah dalam membuat rekaman aerial yang konsisten. Setelah kamu merasa bisa dengan langkah mudah ini, mulailah untuk menggunakan tuas remot lain untuk mengontrol ketinggian terbang. Begitu kamu sudah mahir mengontrolnya, kamu bisa mulai belajar memiringkan gimbal untuk bisa mendapatkan angle video yang baru.

Jangan Buru-buru

Mengambil gambar atau merekam video dengan kecepatan penerbangan rendah membuat hasil gambar/video mu menjadi lebih fokus dan membuatmu lebih bisa merasakan sensasi dari penerbangan yang kamu lakukan. Terbang denga kecepatan rendah juga bisa sangat membantu ketika kamu ingin mengubah arah atau sudut pengambilan gambar. Dengan terbang pelan dan tidak buru-buru kamu juga bisa menyesuaikan gerakan tuas remot kontrol.

Gunakan Mode ATTI

Terbang dalam Mode GPS memang lebih aman dan stabil, tapi dengan Mode ATTI akan membuat drone terbang lebih halus dan mampu menghasilkan gambar/video yang lebih bagus. Penyesuaian ketinggian pada Mode ATTI ini menjadi lebih mudah diatur. Mode ATTI ini biasanya digunakan oleh para pilot berpengalaman karena mode ini membutuhkan ruang terbang yang luas dengan tidak ada rintangan dan kondisi angin yang stabil.

Gunakan Tuas Remot Baru

Untuk bisa menghasilkan gerakan sehalus mungkin, kamu bisa menggunakan tuas remot lain. Ada banyak jenis tuas remot / knob yang bisa kamu temukan di banyak toko online. Penggunaan tuas remot ini adalah sebuah preferensi pribadi, artinya jika kamu sudah merasa nyaman ketika dengan menggunakan tuas remot asli, maka gunakan hal itu saja.

Praktik!

Setelah cukup tahu beberapa tips dan saran, maka praktik lah. Praktik adalah satu-satunya cara untuk bisa mengembangkan kemampuanmu dalam menerbangkan sekaligus merekam video.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: