fbpx

DJI Mavic Pro, bisa dikatakan sebagai produk drone terkecil di dunia ini telah membuat banyak orang kepincut akan kecanggihannya. Ribuan produk ini setiap hari dikirim ke banyak pengguna drone di pelbagai penjuru dunia. DJI Mavic Pro ini juga merupakan salah sau drone terbaik karena sejauh ini hanya ada sedikit masalah yang dilaporkan para penggunanya.  Artikel ini akan menjelaskan apa-apa saja permasalahan tersebut dan cara mengatasinya.

Kerusakan Pada ESC/Kawat pada Lengan Terjepit

Solusi: segera hubungi DJI Support atau Layanan Pelanggan jika kamu kehilangan salah satu komponen dari Mavic Pro

Pada saat Mavic Pro tiba di tempatmu, perhatikan setiap lengan yang ada pada Mavic Pro untuk memastikan kawat yang ada di dalam sendi tidak terlalu panjang atau molor. Jika kawat itu terlalu panjang atau molor, mereka bisa mengganggu saat lengan akan membuka atau menutup, hal ini berdampak pada kerusakan ESC dan mesin yang ada pada lengan tersebut.

Apakah Mavic Tidak Bisa Menggunakan Video 1080p 60/96fps?

Solusi: hindari merekan video dengan 1080p 60/96fps karena mode perekaman ini hanya ditujukan untuk penggunaan kacamata FPV yang akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Ketika merekam video dengan kualitas 1080p dengan kecepatan frame antara 60fps atau 96fps, efek bergaris-garis / distorsi dapat dilihat pada kamera. Hal ini disebabkan karena sinyal yang diterima rendah, sehingga pada mode ini tidak bisa merekam dengan kualitas yang tinggi.

DJI telah merilis sebuah dokumen PDF yang menjelaskan hal ini yang bisa kamu download di sini

Ada Efek Jello di Video Mavic Pro?

Solusi: DJI telah merilis video yang menunjukkan bagaimana gimbal seharusnya diamankan sebelum lepas landas, lihat juga video di atas. Namun, jika kamu masih belum yakin, kamu bisa menghubungi DJI Support atau Layanan Pelanggan jika hal ini terjadi.

Seorang pengguna Mavic Pro melaporkan bahwa setelah mendaratkan Mavic Pro miliknya menjadi dengan sedikit lebih keras, dia menemukan bahwa ada Jello di video yang dia rekam. Setelah memeriksa gimbalnya, dia mendapati bahwa pengunci gimbalnya telah berubah posisi. Untuk menyelesaikan masalah adanya efek Jello ini, dia kemudian mengembalikan posisi pengunci gimbal tersebut ke posisi semula.

Mikro Gimbal Bergetar saat Penerbangan?

Solusi: Permsalahan ini bisa diselesaikan seperti ketika muncul permasalahan munculnya efek Jello. Namun, kamu tetap harus menghubungi DJI Support atau Layanan Pelanggan untuk memverifikasi apakah ada permasalahan pada software.

Permasalah ini dialami oleh beberapa pengguna yang mengeluhkan adanya getaran kecil walaupun hanya terjadi sebentar, secara teori permasalahan ini disebabkan karean mesin dari gimbal, bergetar atau mungkin tidak terkunci pada posisinya. Hal ini bisa diakibatkan oleh kerusakan pada gear yang mempengaruhi pengaturan gimbal.

Beberapa unit Mavic Pro memang sudah dikirim kembali ke pabrikan karena permasalahan ini, kami akan menyuguhkan informasi yang lebih lengkap begitu kami memilikinya.

Tuas Remot Bergerak saat Pengkalibrasian?

Solusi: DJI telah mengkonfirmasi bahwa ini merupakan masalah pada aplikasi DJI GO yang tidak akan memberikan dampak pada penerbangan dan tidak perlu dipikirkan. Aplikasi DJI GO telah diperbaharui untuk mengatasi masalah ini.

Seorang pengguna Mavic Pro melaporkan hal ini ketika sedang melakukan pengkalibrasian rutin. Aplikasi DJI GO mengidentifikasikan bahwa tuas remot tidak berada di posisi tengah, walaupun pada kenyataannya tuas sudah berada di tengah.

Karena hanya ada seorang yang melaporkan adanya permasalahan ini, maka permasalahan ini dianggap selesai.

Kehilangan Baut Engsel pada Antena?

Solusi: hubungi DJI Support atau Layangan Pelanggan jika kamu kehilangan komponen pada Mavic Pro

Apakah antenna pada remotmu mudah goyang? Jika iya, maka bisa jadi ada salah satu baut engsel yang hilang yang fungsinya untuk mengunci lipatan antenna.

Kami menyarakan kepada semua pengguna Mavi Pro untuk memeriksa semua baut ensel terpasang dengan benar. Pastikan untuk melaporkan kepada DJI secara langsung agar mereka dapat meningkatkan kualitas kontrol produk mereka.

Kehilangan Penutup Kawat pada Lengan Mavic Pro?

Solusi: hubungi DJI Support atau Layangan Pelanggan jika kamu kehilangan komponen pada Mavic Pro.

Sejauh ini barus satu Mavic Pro yang dilaporkan kehilangan plastik penutup yang berfungsi mencegah kawah agar tidak keluar dari lipatan lengan Mavic Pro.

Tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai bagaimana memperbaiki masalah ini. Namun, kami akan memberi tambahan informasi begitu kami mendapatkannya.

Kemiringan Gimbal Tidak Benar?

Solusi: ada beberapa penyelesaian masalah yang bisa dicoba, tapi jika permasalahan in terus-menerus muncul maka kamu bisa menghubungi DJI Support dan Layanan Pelanggan.

Ada permasalahan yang sama yang dialami drone-drone DJI sebelumnya dan dapat diselesaikan dengan langkah-langkah berikut:

  •  Lakukan pengkalibrasian Gimbal dengan sebelumnya meletakkan dronemu pada permukaan yang datar, lalu pilih menu ‘Setting’ / ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Gimbal’,  terakhir klik ‘Gimbal Auto Calibration’ dan tunggu sampai proses selesai.
  • Jika permasalahan ini belum teratasi, gunakan pilihan ‘Adjust Gimbal Roll’, yang dapat diakses dari tombol menu ‘setting pengaturan’, miringkan hingga muncul garis horizontal.

Apakah Aku harus Menerbangkan Penutup Gimbal juga?

Solusi: jangan terbang dengan plastic penutup gimbal Mavic Pro karena ada resiko penutup ini jatuh ketika penerbangan

Banyak pengguna Mavic Pro bingung apakah mereka harus terbang dengan membawa plastik penutup gimbal dan kamera atau tidak. Aksesoris ini hanya digunakan untuk melindungi kamera dan gimbal.

DJI memang melengkapi Mavic Pro dengan aksesoris ini untuk kamera dan gimbal tetapi bukan untuk dibawa terbang.

Lebih lagi, tingkat kesesuaian dari plastik penutup ini bisa kendor yang membuatnya harus dilepaskan sebelum melakukan penerbangan atau akan menyebabkannya jatuh. DJI sepertinya sedang mempersiapkan kubah plastik penutup kamera dan gimbal baru dengan warna abu-abu gelap yang juga bisa dilepaskan.

Merekam video ataupun mengambil gambar dengan plastik penutup masih terpasang akan membuat gambar yang dihasilkan menjadi kurang bagus, seperti blur, berembun, atau mungkin ada pantulan cahaya dari luar.

Hanya Ada Dua Props (baling-baling) Cadangan?

Solusi: Hal ini merupakan hal yang wajar dan bukan sebuah permasalahan. Hanya paket Combo yang dilengkapi dengan 4 Props (baling-baling) cadangan. Paket biasa hanya mempunyai 2 Props (baling-baling) cadangan.

DJI Mavic Pro dikirim degan dua baling-baling yang sudah dipasangkan, empat baling-baling lainnya berada di dalam boks.

Sebelumnya, DJI hanya menyediakan dua baling-baling cadangan untuk drone mereka tetapi berkat teknologi baling-baling yang dapat dilipat miliki Mavic Pro. Rasanya DJI lebih memilih menghemat biaya pembuatan dengan hanya membuat dua baling-baling cadangan saja.

Kamu juga harus cermat bahwa Paket Mavic Pro Combo yang menyediakan ekstra dua tambahan baling-baling cadangan juga memerlukan biaya tambahan. Kamu juga bisa membeli sendiri baling-baling Mavic Pro di DJI Shop dengan harga tak lebih dari 135ribuaan.

Dapatkah Aku Menggunakan Tablet untuk Menerbangkan Mavic Pro?

Solusi: Walaupun sudah ada pihak ketiga yang menjual penyangga tablet untuk remot kontrol Mavic Pro, kami tetap menyarankan kepada kamu untuk menunggu produk serupa resmi dari DJI.

Sampai saat ini DJI belum merilisi aksesori penyangga tablet untuk Mavic Pro. Di pelbagai grup facebook sudah banyak muncul pihak ketiga yang menjual penyangga tablet ini tapi produk-produk tersebut sama sekali belum memiliki lisensi.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa lengan transmitter akan bisa digunakan untuk tablet jika kabel penghubung dihilangkan, akan tetapi hal ini tetap masih bisa membuat tabletmu jatuh saat sedang melakukan penerbangan.

Tampilan Video Blur?

Solusi: Ini merupakan hal normal dan bukan sebuah permasalahan. Mavic Pro punya fitur baru ‘Touch To Focus’, jadi sebelum kamu merekam video atau mengambil foto, sentuh layar ponsel pintar mu di tempat di mana kamu ingin memfokuskan kamera Mavic Pro.

Tidak seperti model drone sebelumnya dari DJI, Mavic Pro dilengkapi dengan fitur canggih ‘Touch To Focus’ yang membuatmu lebih fleksibel dalam meningkatkan ketajaman dan kejelasan dari areal yang ingin kamu ambil gambarnya. Namun fitur ini kadang membuat bingung, menurut beberapa pengamat, fitur ini jelas sangat jelas bukan dibuat dengan softaware tertentu.

Fitur ini mudah sekali digunakan, ketika sedang terbang dan kamu sudah menentukan lokasi yang akan kamu ambil gambarnya, sentuh pada layar ponselmu untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas. Lihat video di atas untuk keterangan lebih lanjut.

Trik lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan tombol C1 dan C2 yang ada di bawah remot kontrol untuk mengatur titik fokus ini dan kamu hanya tinggal menekan salah satu tombol ini sebelum mengambil foto untuk memastikan bahwa foto diambil dengan sempurna.

Ada Sedikit Guncangan pada Video?

Solusi: segera hubungi DJI Support atau Layanan Pelanggan jika permasalahan ini terjadi.

Karena berat dari Mavic Pro yang cukup ringan, maka ketika terbang pada kecepatan tinggi atau daerah berangin kencang, gimbal yang ada padanya akan susah untuk menjaga kestabilannya yang akan mengakibatkan munculnya guncangan pada tampilan video seperti yang kamu lihat di video

Penjepit Ponsel Pintar Menutupi Tombol iPhone

Solusi: Hal ini bisa disebut sebagai sebuah cacat desain dari Transmitter yang ada pada Mavic Pro. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan cara berikut:

Jika kamu menggunakan iPhone untuk Mavic Pro-mu, kamu akan tahu bahwa transmitter penjepit ponsel pintar menutupi tombol iPhone, yang berarti kamu tidak bisa membuka aplikasi DJI GO.

Cara untuk menyelesaikan masalahnya sebagai berikut:

  1.   Buka pengaturan/setting
  2.   Lalu buka ke ‘general > accessibility’
  3.   Turunkan ke bawah sampai ke opsi ‘AssitiveTouch’ dan pilih opsi tersebut
  4.   Aktifkan ‘AssitiveTouch’
  5.   Sebuah lingkaran putih dengan kotak abu-abu akan muncul pada layar. Ketuk lingkaran tersebut untuk membuka menu yang ada di dalam kotak.

Mavic-ku Belum Sampai?

Solusi: pastinya sedang dalam tahap pengiriman. Selalu perhatikan pengumuman terakhir yang ada pada website resmi DJI, kamu juga bisa bergabung dengan Grup Diskusi Mavic Pro.

Bersabarlah, DJI sedikit kebanjiran permintaan Mavic Pro ini, yang mengakibatkan proses pengirimannya akan sedikit terhambat. Juga penting untuk diingat bahwa DJI juga merupakan sebuah pabrikan bukan hanya sebuah perusahaan semata, dan popularitas dari Mavic Pro ini sungguh mengejutkan.

Pada akhirnya Mavic Pro-mu akan sampai, selalu periksa status pengiriman jika kamu membeli dari dealer resmi. DJI menjamin bahwa kini pengiriman barang dilakukan setiap hari.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: