fbpx

Jika kamu adalah seorang penggemar DJI Phantom 3, atau berencana membelinya, kamu benar-benar harus memastikan mengetahui semua tips dan trik dalam menggunakan atau memecahkan permasalahan yang bisa sewaktu-waktu terjadi pada Phantom 3-mu.

Muncul Pesan: Beban Gimbal Berlebihan

Jika kamu mendapat pesan ini ketika sedang menerbangkan, segera daratkan Phantom 3-mu segera dan periksa keempat peredam getaran (damper) yang ada pada Phantom 3. Jika ada salah satu yang lepas, maka ia bisa menyebabkan munculnya pesan peringatan tersebut.

Cara memperbaikinya sangat mudah: kamu hanya perlu mematikan Phantom 3 dan memasang kembali peredam geratan (damper)nya.

Memasang Output HDMI dan Dinamic Home Point pada Remot Kontrol DJI Phantom 3

Ada kabar baik yang dibawa DJI untuk para penggemar Phantom 3. Kabarnya pabrikan drone ini akan merilis papan HDMI opsional yang bisa kamu pasang pada remot kontrolmu segera.

Untuk menambahkan Dinamic Home Point pada remot kontrol Phantom 3-mu, kamu membutuhkan sebuah ponsel pintar yang terintegrasi dengan sinyal GPS.

Slave Remote Pada Phantom 3

Ketika menggunakan dua remote Inspire 1, kamu dapat mengatur dua remote itu sebagai Master dan Slave remote pada Phantom 3 agar bisa digunakan oleh dua operator berbeda. Tentu, tidak ada penggantian apapun yang perlu kamu lakukan pada Phantom 3-mu, jadi operator kamera bisa behemat 50%.

Cara Menuliskan Nama pada DJI Phantom 3-mu

Kini, kamu bisa menuliskan namamu pada transmitter drone-mu yang akan memudahkan pengidentifikasian jika ada banyak drone yang terbang dalam satu waktu yang sama. Kamu bisa mengganti namamu pada kolom RC Name seperti yang kamu lihat pada gambar.

Cara Mencegah Pembaharuan Tak Dikenal pada Aplikasi DJI

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin saja akan selalu menggunakan versi tertentu dari Aplikasi DJI Pilot. Untuk mencegah pembaharuan secara otomatis yang tidak diinginkan, kamu bisa mematikan fungsi download otomatis pada pengaturan iOS mu. Foto di atas menunjukkan bagaimana cara melakukannya.

Cara Mengatur Tegangan Pegas pada Remot Kontrol

Kamu bisa mengatur sendiri tegangan pada tuas remot kontrol dengan cara melakukan penyesuaian pada pegas yang ada di dalam remot kontrol. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi menunggu dirilisnya firmware terbaru. Namun, membuka transmitter pada remot kontrol ini sangat beresiko, jadi berhati-hatilah.

Cara Mengurangi Warm Up Time IMU pada DJI Phantom 3

Ketika akan melakukan penerbangan, Phantom 3 butuh beberapa saat untuk melakukan warm up time IMU dan dengan hal ini bisa berakibat berkurangnya waktu terbangmu yang berharga.

Jeda waktu yang digunakan untuk melakukan warm up IMU ini tentu saja bisa menyebabkan kamu kehilangan beberapa momen penting yang tidak mungkin bisa kamu dapatkan lagi.

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengurangi warm up time ini dan terbang sesegera mungkin.

Lakukan kalibrasi IMU ketika Phantom 3 dalam keadaan mati. Tunggu sampai suhu udara paling dingin pada malam hari. Nyalakan Phantom 3 dan segera lakukan kalibrasi IMU.

Prosedur tersebut akan secara signifikan mengurasi durasi warm up time IMU dan mempercepat proses penerbangan.

Memperbaiki Sinyal Video yang Terputus-putus

Jika kamu sering mendapati sinyal Video mu terputus-putus, biang permasalahan ini bukan pada tablet atau aplikasi yang kamu gunakan. Permasalahan ini bisa saja merupakan masalah mekanis yang berasal dari pin yang terkompresi.

Catatan Penting: JANGAN menyesuaikan pin yang ada pada sisi aircraft

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengendorkan pin yang ada di papan pengunci gimbal dengan menggunakan obeng. Namun, kamu perlu sangat berhati-hati dalam melakukan hal ini.

Memaksimalkan Kinerja Aplikasi DJI Pilot v1.20 pada iOS

Untuk bisa memaksimalkan kinerja iOS mu saat mengoperasikan aplikasi ini, kamu bisa melakukan beberapa hal:
– Nyalakan ‘Enable Hardware Decode’ untuk semua iOS
– Matikan Video Cache jika kamu tidak menggunakan fungsi director
– Matikan semua aplikasi lain
– Matikan aplikasi yang bekerja di belakang layar
– Aktifkan modus terbang pada iOS mu

Memonitor Voltasi

Sebagai fitur tambahan keamanan penerbangan, sekarang kamu memiliki pilihan untuk menyalakan tampilan voltasi pada layar utama. Tampilan ini menyuguhkan informasi langsung mengenai voltasi sel dan mencegah terjadinya sesuatu yang berbahaya pada sel baterai. Jangan sampai membiarkan voltasi sel baterai di bawah 3.3V!!

Lakukan pendaratan ketika voltasi berada pada angka 3.4V

Cara Mendapatkan Sinyal Transmisi Video yang Lebih Baik

Sekarang dengan hanya tersedia 7 saluran video pada aplikasi terbaru, kamu hanya memiliki dua pilihan. Apakah membiarkan semua otomatis menyala dan mungkin akan mempunyai dampak buruk atau kamu bisa memilihnya secara manual untuk memilih sinyal video terbaik yang sesuai dengan lokasi penerbanganmu.

Keuntungan lain dari memilih saluran video secara manual ini adalah kamu dapat memilih tingkat transmisi secara manual yang sesuai dengan kualitas video yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menganalisa lokasi terbangmu dengan saluran yang paling sesuai.

Periksa Selalu Keamanan dari DJI Phantom 3

Lakukan pemeriksaan keamanan sebelum melakukan penerbangan. Periksa apakah di bagian lengan dari Phantom 3 ada garis retakan atau tidak. Karena, jika kamu melewatkan hal ini, bisa saja terjadi kemungkinan yang tidak kamu inginkan.

Mendapatkan Angka Kalibrasi IMU Optimal

Atur angka kalibrasi IMU untuk menghindari masalah ketika melakukan penerbangan.

Tolong abaikan angka pada kompas! Angka itu hanya bergantung pada lokasimu. Pastikan aircraftmu berada pada permukaan yang benar-benar datar sebelum melakukan kalibrasi.

Memperbaharui Slave Remote Kontrol

Karena Phantom 3 bisa menggunakan Slave Remote, maka kamu juga perlu untuk memperbaharui firmware yang ada pada Slave Remote yang kamu gunakan. Pastikan untuk mengganti status remot kontrol menjadi MASTER sebelum melakukan pembaharuan firmware.

Memperbaharui Firmware dengan Cara Mudah

Daripada membingungkan perbedaan antara D-D-D dan D-DD-DD untuk memeriksa pembaharuan pada Phantom 3 mu, kamu bisa dengan mudah melihat pembaharuan ini dari lampu LED gimbal. Selama proses update, lampu akan menyala MERAH-HIJAU bergantian. Dan akan menyala HIJAU jika proses selesai.

Mudah, bukan?

Pengkalibrasian Baterai

Untuk mendapatkan hasil kalibrasi terbaik dari Baterai Terbang Pintar DJI, disarankan untuk mengisi ulang baterai sampai 100% lalu menggunakannya sampai hanya tinggal 8%. Untuk mendapat hasil kalibrasi yang lebih akurat, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1.   Nyalakan notifikasi voltasi baterai pada layar utama – menu ini ada di pilihan baterai aircraft
  2.   Habiskan daya baterai sampai muncul notifikasi bahwa voltasi baterai 3.3V – ini adalah titik paling akurat untuk mengkalibrasi  baterai.
  3.   Isi ulang daya baterai hingga penuh.

Lakukan proses ini setiap 20 kali penerbangan.

Menggunakan Fungsi RTH

Fungsi ini aktif apabila daya yang ada pada baterai hanya cukup untuk membawa aircraft kembali ke titik awal terbang dari posisi terbangnya saat itu. Pada aplikasi DJI GO akan muncul sebuah notofikasi yang menandakan kamu harus segera melakukan tindakan segera.

Kamu bisa mematikan fungsi ini, jika kamu mau.

Kamu juga bisa lihat tips, trik, dan penyelesaian masalah lainnya berkaitan dengan Phantom 3-mu di sini

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: