Berbicara mengenai pemetaan dan survei rasanya tidak lengkap jika tidak menyinggung mengenai penggunaan teknologi LiDAR. LiDAR merupkan akronim dari Light Detection and Ranging adalah sebuah teknologi optik peraba jarak-jauh yang memanfaatkan sinar laser untuk mengukur jarak atau menemukan informasi dari sebuah target.

Akan tetapi, LiDAR ini tidak serta-merta bisa langsung digunakan begitu saja. Untuk kebutuhan pemetaan atau survei, biasanya LiDAR akan dipasangkan pada sebuah DJI drone agar bisa digunakan secara efektif dan efisien.

Dengan memadukan antara dua teknologi ini, proses pemetaan dan survei bisa dilakukan dengan lebih cepat. Hasil dari pemanfaatan dua teknologi ini pun adalah data pemetaan dengan akurasi tingkat tinggi, bahkan hingga level sentimeter. Dr. Ir. Istarno., Dip.LIS., M.T., seperti yang dikutip dari laman Gudeg.net, mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi LiDAR ini juga sangat hemat dari sisi pembiayaan operasi.
Namun, kenyataannya walaupun dapat menghasilkan akurasi data sangat akurat hingga level sentimeter, teknologi LiDAR di Indonedia belumlah masif digunakan. Ada beberapa hal menjadi penyebab dari masalah ini. Seperti misalnya harga produk LiDAR sendiri yang ditengarai lumayan mahal. Selain itu minimnya pengetahuan tentang jenis LiDAR seperti apa yang cocok digunakan untuk pemetaan maupun survei yang ingin dilakukan. Dua hal ini lah yang kemudian menjadi akar mengapa teknologi LiDAR belum jamak digunakan.

Teknologi LiDAR Produksi JogjaSky Enterprise

Sejak tahun 2015 di ShenZhen China sebetulnya sudah berdiri sebuah perusahaan yang berfokus pada pembuatan dan penerapan teknologi LiDAR. Perusahaan ini memproduksi LiDAR untuk berbagai macam kebutuhan seperti pemetaan, juga LiDAR pada robot navigation dan anti-collison, kendaraan nirawak, dll.

Bekerja sama dengan JogjaSky Enteprise perusahaan ini menghasilkan LiDAR dengan jenis dan spesifikasi yang lengkap. LiDAR produksi mereka tentu sangat cocok digunakan untuk segala kebutuhan pemetaan dan survei pada segala bidang. Untuk bisa melihat produk LiDAR yang mereka hasilkan, kamu bisa klik di sini.

Teknologi LiDAR produksi JogjaSky Enteprise ini juga pastinya  memperhatikan aspek keamanan dari produknya. Salah satu kontrol yang dilakukan adalah dengan membatasi kekuatan sinar laser yang digunakan LiDAR sehingga tetap aman bagi mata manusia ketika digunakan.

Untuk mendapatkan LiDAR produksi Jogja Sky Enterprise ini, caranya mudah, kamu tinggal menentukan produk LiDAR apa yang kamu inginkan, daftar produk dan spesifikasinya bisa kamu cek di tombol di bawah, lalu hubungi Jogja Sky Enterprise melalui WhatsApp di nomor 0812-2270-2838.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: