Spectrum 2016 : Drone  Race Competition Season 2
Drone Race adalah olahraga di mana para pesertanya beradu cepat dalam mengontrol drone mereka melewati jalur yang penuh dengan rintangan. Sebagai sebuah jenis olahraga baru, Drone Race ini tidak bisa diremehkan. Pasalnya, dalam Drone Race seorang pilot harus mempunyai kemampuan refles yang sangat tinggi dalam mengontrol laju drone yang memiliki kecepatan lebih dari 100 km/jam. Fokus menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh pilot Drone Race untuk dapat menerbangkan drone dengan aman.

Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) baru-baru saja menyelenggarakan sebuah kompetisi balapan drone. Kompetisi yang bekerja sama dengan Indonesia Drone Racing Federatin (IDRF) diadakan di Stadion Internasional UNDIP pada 19 November 2016.

Dalam kompetisi tersebut JogjaSky mengirimkan seorang pilotnya bernama Richardo Fernando. Ada beberapa fase balapan yang harus diikuti oleh Ricardo sebelum bisa mencapai babak pamungkas.

Setelah memenangi babak duel dengan seorang pilot bernama Ichan Kim, Richardo melaju ke babak best time hingga akhirnya lolos ke fase 16 besar. Di fase 16 besar ini Richardo melawan Axel Lengkong. “Saya melawannya—Axel, dan itu merupakan pertandingan yang cukup berat. Axel sudah banyak memenangi berbagai Drone Race baik di dalam amupun di luar negeri.”tutur Richardo.

“Saya berusaha untuk tetap tenang dan fokus pada track. Saya mungkin sangat beruntung karena Axel mengalami gangguan teknis pada saat race dan membuat saya lolos ke babak 8 besar.” lanjutnya.

Di fase 8 besar ini, jalur Drone Race dilengkapi dengan berbagai rintangan yang membuat para pilotnya mengalami banyak tabrakan / crash. Hingga panitia harus mengambil keputusan untuk mengulangi balapan. Walaupun sempat mengalami beberapa crash lagi tetapi pada akhirnya Richardo mampu masuk ke babak final.

“Di babak final saya melawan Hendra Balckspin yang menjadi juara kualifikasi drone worls yang dilaksanakan di Jakarta. Dia juga mewakili Indonesia pada event Drone World di Hawai. Walaupun berat, saya pada akhirnya mampu menyelesaikan race dengan baik dan menjadi juara” ucap Richardo.

Babak selanjutnya adalah  babak best time atau waktu terbaik dalam menyelesaikan lap. Setelah melawan ichan dia lolos ke babak selanjutnya yaitu babak knock out 16 besar.

Di babak knock out 16 besar Richardo melawan axel lengkong.”Saya melawan axel lengkong. Axel sudah banyak memenangi event drone race di dalam dan di luar negeri. Sangat berat melawan axel. Saya berusaha tenang dan fokus ke track. Dan akhirnya saya lolos ke babak 8 besar. Axel mengalami gangguan teknis yaitu modul goggle bermasalah pada lap terakhir. Perlombaan sangat seru pada saat saya melawan axel.”Kata Richardo.

DI babak 8 besar richardo melawan ardy seto jft, Ardy seto mengalami crash dan  richardo juga mengalami crash karena menabrak rintangan segita atau obstacle. Akhirnya keputusan panitia untuk re run atau race di ulangi. Kali jni richardo menyelesaikan semua lap dengan baik dan ardy seto mengalami crash lagi.

Dan akirnya Pilot Jogja SKy Richardo Fernando memasuki babak Final melawan Hendra blackspin. “Di babak final saya melawan Hendra blackspin yang menjadi juara kualifikasi drone world yang di lakasakan di jakarta dan mewakili Indonesia di Drone world hawai. Di babak final saya melawan Garuda Team dari semarang. Dan Puji Tuhan  akhirnya saya bisa menyelesaikan race dengan baik dan menjadi juara satu di spectrum drone race 2016.” Kata Richardo.

Galeri
Vidio di buat oleh : Hendy Wicaksono

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: