Di berbagai video yang ada di Facebook dan juga di YouTube, kita sering melihat pilot DJI drone menjatuhkan drone mereka di sungai, kanal, danau, maupun laut. Hal ini tidak lepas karena kita tentu akan mendapatkan jaminan footage yang bagus ketika terbang di atas air, terutama di atas laut. Karena kadang kecepatan angin yang terlalu kencang kadang menjadi masalah. Namun, itu bukan masalah bagi Yann Riou pilot drone yang ada di Team Brunel yang menemukan serunya menerbangkan DJI drone di tempat ekstrim seperti di tempat yang berangin kencang.

Team Brunel adalah satu dari beberapa tim yang mengikuti perlombaan Volvo Ocean Race, sebuah perlombaan perahu layar mengelilingi dunia yang diselenggarakan tiga tahun sekali. Perlombaan ini dimulai dari Alicante, Spanyol pada Oktober 2017 dan berakhir di The Hague, Belanda. Tahun ini ada 7 tim yang ikut berlaga dan salah satunya adalah Team Brunel.

Untuk membuktikan mengenai serunya menerbangkan DJI drone di tempat berangin kencang, seperti di kapal yang sedang berlayar dan menerabas ombak, Team Brunel menggunakan DJI Phantom 4. Ini merupakan sebuah langkah yang sangat luar biasa untuk membuktikan kondisi langsung di laut dengan aerial footage yang dihasilkan drone.

Skill Khusus Menerbangkan DJI Drone Di Tempat Ekstrim

Tentu saja menerbangkan drone di tempat seperti itu tidaklah mudah. Bayangkan saja, terbang di tempat dengan ombak yang memiliki ketinggian lebih dari 4.5 meter dan kecepatan angin hingga 38 knot di belahan samudra selatan bumi. Belum lagi harus terbang mensejajari perahu layar agar bisa mendapatkan gambar yang bagus. Benar-benar sebuah kombinasi yang sangat susah.

Namun, walau demikian Yann Riou yang menumpang di perahu Team Brunel berhasil menangkap beberapa video yang sungguh luar biasa dan membuktikan serunya menerbangkan DJI drone di tempat ekstrim.

EXTENDED CUT: Drone flying in the Southern Ocean

Here's how to fly & land a drone in the Southern Ocean with 5 metre waves & 38 knots of wind 👇Brunel Sailing's OBR Yann Riou gives us the masterclass – props to Kyle Langford for the catch 👐DJI #volvooceanrace

Posted by Volvo Ocean Race on Thursday, 5 April 2018

Butuh tidak hanya kemampuan khusus dalam menerbangkan drone di tempat dengan cuaca ekstrim seperti itu, melainkan juga kepekaan. Seperti saat gimbal DJI Phantom 4 yang digunakan mengalami malfungsi karena kondisi cuaca, pilot drone harus peka. Namun, ada kejadian lucu seperti yang terekam dalam video berikut ini.

Menuju The Hague

Volvo Ocean Race kini sudah memasuki Leg ke-11 menuju The Hague, Belanda. Artinya tidak lama lagi pemenang dari perlombaan paling akbar ini akan segera diumumkan. Peringkatpertama di klasemen sementara diisi oleh Team Brunel disusul MAPFRE di posisikedua.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: