Memasuki paruh kedua tahun 2018 ini, DJI akan kembali mengumumkan produk baru mereka yang memiliki potensi menggebrak pasar drone dunia. Produk baru ini merupakan suksesor dari Mavic Pro yang dirilis pada Januari, 2017 silam yaitu Mavic Pro II. Tim JogjaSky sudah pernah menurunkan beberapa artikel terkait munculnya Mavic Pro II ini. Namun, semakin mendekati tanggal rilis, semakin kita tahu tentang kemungkinan spesifikasi yang akan ada pada Mavic Pro II. Kabarnya drone ini akan dilengkapi dengan sensor obstacle avoidance di seluruh DJI Mavic Pro II.

Hal ini muncul kali pertama dari sebuah thread yang dikicaukan @OsitaLV yang menyebutkan hal sebagai berikut:

“Some 1st class resellers have flown the thing (Mavic Pro II) this week. For Machice Vision of MPII (Mavic Pro II), it will be highly identical to my earlier thoughts if they tell the truth.”

“1. Front, buttom and rear binaru VIO; 2. Infrared TOF sensor on top; 3. Large caliber mobo VIO on both sides.”

Walaupun prediksi ini bukan datang langsung dari DJI, tetapi melihat rekam jejak @OsitaLV yang berhasil menebak tentang Zenmuse X7 dan Phantom 4 Pro V2.0, tidak ada salahnya untuk menaruh harap.

Ada alasan lain kenapa @OsitaLV juga menyebutkan bahwa beberapa resellers DJI kelas wahid telah mencoba menerbangkan MPII ini. Pasalnya, sebelum rilis resmi Mavic Pro II ini pada tanggal 18 Juli nanti, para reseller nomor 1 ini diundang DJI pada sebuah acara tertutup seminggu sebelumnya. Dugaan ini tentunya langsung mengarah bahwa para reseller ini akan menjadi pihak pertama yang akan menjajal kehebatan sensor obstacle avoidance di seluruh DJI Mavic Pro II.

Secara umum Mavic Pro II ini akan memiliki:

  •  Sensor Sony IMX226
  •  Kamera beresolusi 12 megapiksel
  • Sensor CMOS 1/1.7”
  • 24 mm F2.8-11
  • 4K @ 60fps 100Mbps 10 bit
  • H.264/H.265
  • Quickshot
  • Panorama
  • Quiet Propeller
  • All-direction VIO
  • Flight Autonomy 2.1
  • APAS 2.0
  • OcuSync 2.0

Baca juga: DJIMavic Pro II 

Rumor lain selain adanya sensor obstacle avoidance di seluruh DJI Mavic Pro II adalah tentang akan adanya dua versi drone baru ini. Masih dari @OsitaLV, ia menyebutkan bahwa kemungkinan akan ada The Lesser Mavic II dan The Mavic Pro II.

Perbedaan di antara kedua versi MPII ini terletak pada ukuran sensor kameranya. Jika Lesser Mavic II menggunakan sensor berukuran 1/1.7” dengan resolusi kamera 12 MP. Maka, The Mavic Pro II kemungkinan dilengkapi sensor dengan ukuran 1” dengan resolusi kamera 20 MP. Hal ini kemudian akan langsung menempatkan MPII sebagai saingan dari Phantom 4 Pro.

Bentuk Baru

Selain dilengkapi dengan segudang hal canggih, MPII ini juga memiliki desain yang sedikit berbeda. Mavic Pro II akan memiliki desain yang lebih ramping dan aerodinamis. Michel Perry saat ditanya di tengah-tengah acara launching Mavic Air  mengatakan bahwa komponen internal drone dan image processor telah berubah. Perubahan ini ditandai dengan semakin kecilnya ukurannya dan dapat menghasilkan panas yang lebih sedikit. Yang kemudian berdampak pada desain body Mavic Pro II.

Marilah kita berharap bahwa prediksi dari @OsitaLV ini benar adanya. Karena jika demikian maka Mavic Pro II ini akan menjadi drone tercanggih sepanjang masa.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: