DJI merupakan perusahaan drone yang paling terkenal di dunia yang di miliki oleh Frank Wang. Perusahaan ini menguasai hampir 70 % pangsa drone didunia dan berdiri di Shenzhen, Guangdong, China 13 tahun lalu. Perusahaan asal China ini merupakan produsen drone atau pesawat tanpa awak dengan kepopuleran tingkat dunia.

Akhir tahun lalu, DJI memergoki beberapa kasus korupsi serius yang dilakukan oleh para karyawannya sendiri. Korupsi tersebut sangat merugikan perusahaan. Diestimasi, DJI kehilangan sampai 150 juta AS$ atau di kisaran Rp 2 triliun. DJI menyatakan mereka mengungkap kasus ini saat menggelar kontrol kualitas di 2018. Sebagian kasus telah diserahkan pada otoritas dan beberapa karyawan telah dipecat dan dituntut, namun menurut DJI ini baru permukaannya.

Dalam sebuah surat terbuka, DJI berjanji akan menindaklanjuti untuk menyelesaikan masalah-masalah internal perusahaan ini dengan tegas. Dalam surat terbuka tersebut, DJI menjelaskan bahwa perusahaan ini selalu menggarisbawahi pentingnya pertumbuhan perusahaan dibanding proses internal sejak dulu, namun perusahaan akan mulai mengembangkan kebijakan-kebijakan baru yang lebih jelas, dan prosedur-prosedur untuk menegur dan menindaklanjuti perilaku-perilaku pencurian dan menyepelekan pekerjaan dari para karyawannya demi menjadi perusahaan yang profesional. Baca pernyataan selengkapnya di bawah ini.

Pernyataan Mengenai Investigasi Pelanggaran dari Karyawan

Sejak dibangun 13 tahun yang lalu, DJI telah menjadi perusahaan yang selalu menekankan kejujuran dan integritas dalam seluruh proses pekerjaan kami. Kami percaya seutuhnya bahwa mengusung nilai-nilai ini adalah unsur yang paling penting dalam perkembangan DJI dalam jangka panjang.

Kekecewaan kami muncul ketika mengetahui bahwa tidak semua karyawan kami mengusung nilai-nilai tersebut. Selama proses pembaruan sistem manajemen dimulai tahun lalu, kami menemukan masalah-masalah pada periode perkembangan tersbesar kami.

Mengungkap ketidakefisienan dan dan ketidakefektifan proses-proses manajemen sangat penting bagi DJI untuk meneruskan pencapaian kesuksesan yang telah dipertahankan selama ini. Ini sangat penting bagi perusahaan kami, bahkan bagi perusahaan manapun.

DJI berhasil mengungkapkan kejadian-kejadian ketidakefisienan proses kerja, bukti-bukti manipulasi pembelian dan pencurian. Kami tidak bisa mengabaikan masalah-masalah ini. Demi kepentingan para karyawan yang telah bekerja keras dan jujur, kami harus mengungkap dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Kami juga memahami bahwa manajemen yang kuat merupakan kunci untuk menerapkan rasa hormat bagi para karyawan kami. Ketika perusahaan-perusahaan besar lain membuat pelatihan, kontrol dan protokol manajemen untuk menghindari masalah-masalah ini, DJI lebih mementingkan perkembangan perusahaan dibanding proses internal.

Bahkan, memegang kendali penuh atas proses internal merupakan kunci untuk memastikan bahwa suatu perusahaan dapat terus berinovasi dan bertumbuh. Memang, mungkin ini akan menyulitkan dan merugikan perusahaan pada awalnya, namun cara inilah yang akan membuka jalan bagi perusahaan untuk beroperasi dengan tingkat efisiensi maksimal dan mencapai potensi seluruhnya sambil mengusung standar-standar etis yang tinggi.

DJI akan mulai mengambil peran utama dalam mengembangkan kebijakan-kebijakan yang jelas, dan prosedur-prosedur untuk menegur dan menindaklanjuti perilaku-perilaku pencurian dan menyepelekan pekerjaan dari para karyawannya. Kami juga mengajak perusahaan-perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama.

Saat DJI mulai menindaklanjuti masalah-masalah ini, kami telah mendengar rumor, spekulasi, dan informasi-informasi yang tidak benar. Kami mengucapkan terimakasih kepada media untuk menanggapi isu-isu ini dengan benar, namun kami juga tidak akan membahas detail-detail mengenai proses penindaklanjutan dari karyawan kami kepada publik.

Kami meminta kepada media untuk memperhatikan fakta-fakta yang kami publikasikan. DJI dan para karyawannya yang bekerja keras dan jujur akan fokus mengembangkan bisnis kami dengan menciptakan produk-produk yang mampu menjadikan dunia yang lebih baik, dan dengan menyelesaikan segala masalah internal dan kerugian kami demi mencapai tujuan perusahaan.

Apa pendapat anda mengenai pernyataan DJI tersebut? Tuliskan pendapat anda di kolom komen di bawah.

Sumber: dronedj.com

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: