Setelah muncul banyak bocoran-bocoran di media sosial yang sempat membuat gaduh para pencinta dunia aerial, kemarin DJI akhirnya rilis varian baru dari Phantom 4 Pro. Versi baru dari drone yang kali pertama dirilis pada November 2016 silam ini diberi nama DJI Phantom 4 Pro V.2.0.

Dengan rilis varian baru dari Phantom 4 Pro ini sekaligus membantah dugaan kebanyakan para penggemar DJI produk tentang akan munculnya DJI Phantom 5.

Pada artikel sebelumnya, Jogja Sky sudah sempat mengulas pembaruan apa saja yang ada pada varian baru dari Phantom 4 Pro ini. Selain yang terlihat secara kasat mata, seperti bentuk propeller yang berbeda, DJI Phantom 4 Pro V2.0 ini juga punya pembaruan dalam sisi lain.

Baca: DJI Phantom 4 Pro V.2.0 

Phantom 4 Pro 

Phantom 4 Pro V2.0

Kalau dilihat dari dua gambar di atas, maka hampir tidak ada hal baru dari segi kamera maupun fitur penerbangan canggih lainnya. hal yang membedakan antara versi lama dan baru dari DJI Phantom 4 Pro adalah tingkat kebisingan penerbangannya.

Hal ini dikarenakan pada varian baru DJI Phantom 4 Pro tidak lagi menggunakan sistem Lightbrigde. Sebagai gantinya, DJI memasang sistem OccuSync seperti yang ada pada DJI Mavic Pro Platinum untuk mendukung transmisi video resolusi tinggi. Penggunaan OccuSync juga membuat DJI Phantom 4 Pro V2.0 ini bisa terhubung dengan DJI Goggles RE tanpa kabel. Namun, dengan digunakannya OccuSync ini membuat susunan remot kontrolnya berbeda dengan versi yang lama. Sebagai akibatnya, remot kontrol versi baru tidak akan kompatibel dengan versi lama.

Selain pembaruan dalam segi teknologi transmisi video, Phantom 4 Pro v2.0 ini juga memiliki bobot yang lebih ringan. Dengan berat hanya 1375 gram dan bentuk propeller baru, versi terbaru ini mampu terbang dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah hingga 60%. Bisa dibilang varian baru Phantom 4 Pro ini mengikuti pembaruan yang ada pada DJI Mavic Pro Platinum.

Baca: DJI Mavic Pro Platinum 

sumber komparasi

Varian Baru Dari Phantom 4 Pro ini Berinti Sama

Selain pembaruan dari 3 hal tersebut, Phantom 4 Pro V2.0 tetap mempertahankan inti yang sama dengan versi lama. Versi baru ini tetap menggunakan sensor kamera CMOS 1-inchi dengan resolusi 12 megapiksel. Kamera ini mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K pada 60fps. Sistem keselamatan penerbangannya pun ditunjang dengan adanya 5-Direction-Obstacle-Sensing. Dengan durasi terbang maksimal 30 menit dengan jarak tempuh maksmimal hingga 7km.

DJI Phantom 4 Pro V2.0 ini juga akan tersedia dalam dua paket: Phantom 4 Pro V.2.0 dan Phantom 4 Pro+ V.2.0. Versi kedua ini dilengkapi dengan remot kontrol dengan layar display terintegrasi.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: