Munculnya Phantom 4 Pro V2.0 beberapa bulan ini melengkapi keluarga besar Phantom 4 Series. Sedikit berbeda dengan kemunculan Phantom 4 Pro Obsidian yang hanya memiliki perbedaan di segi warna. Phantom 4 Pro V2.0 mengusung beberapa perbedaan mencolok: bentuk propeller, tampilan remot kontrol, dan teknologi OccuSync. Tapi tentu saja DJI tidak hanya memberi pembaruan yang sifatnya terlihat saja.  Untuk membuktikannya, teknisi di Jogja Sky membongkar rahasia pada DJI Phantom 4 Pro V2.0 untuk mengetahui apa saja yang ada di dalamnya.

Aircraft

Selain bentuk propeller, praktis tidak ada perbedaan yang mencolok pada Phantom 4 Pro V2.0 dibanding versi sebelumnya. Kualitas kamera, warna, maupun bentuk body aircraft masih mengadopsi versi sebelumnya. Namun, ketika dibuka barulah perbedaan itu akan terlihat.

Antena

Berbeda dengan Phantom 4 Pro yang memiliki antena di tiap kaki landing gearnya, Phantom 4 Pro V2.0 ini tidak. Hanya ada dua antena pada Phantom 4 Pro V2.0 yang letaknya ada di bagian depan kaki landing gear kanan dan di bagian belakang landing gear kiri.

Sedangkan kompas yang biasanya ada 2 di bagian depan landing gear, pada Phantom 4 Pro V2.0 ditempatkan secara berseberangan yaitu pada bagian depan landing gear kiri dan belakang di landing gear kanan.

Flight Control

Ketika teknisi Jogja Sky yang dipimpin Emon membongkar rahasia pada DJI Phantom 4 Pro V2.0, mereka menemukan bahwa ukuran IMU Phantom 4 Pro V2.0 lebih besar. Tidak hanya itu, komponen-komponen di dalamnya IMU pun bertambah banyak. Dan kalau kita lihat dan bandingkan dari gambar di atas, IMU pada Phantom 4 Pro V2.0 tidak memiliki keterangan apa-apa. Sangat berbeda dengan yang IMU pada Phantom 4 Pro.

Teknisi Jogja Sky belum tahu apa niat DJI dalam menghilangkan keterangan pada komponen ini. Tapi yang jelas, DJI tentu saja punya tujuan tersendiri dengan pembaruan ini.

Board Vision Positioning System

Ditemukan sebuah tombol switch ada di pada baterai kompartemen Phantom 4 Pro V2.0. Tombol switch ini mengarah langsung ke board Vision Positioning System. Jadi, ketika baterai dimasukkan ke dalam kompartemennya, tombol ini akan menyalakan atau mengaktifkan sesuatu pada board VPS. Namun, setelah melewati penelitian yang panjang, teknisi di Jogja Sky belum tahu pasti kegunaannya.

Pun jika dilihat dari ukurannya, board VPS yang ada pada Phantom 4 Pro V2.0 ini lebih besar. Posisi sekrupnya pun sedikit bergeser dikarenakan adanya tombol switch.

Board 3 In 1

Gambar di atas memperlihatkan perbandingan board 3 In 1 pada Phantom 4 Pro dan Phantom 4 Pro V2.0. Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa komponen board pada Phantom 4 Pro V2.0 jauh lebih sederhana dibandingkan sebelahnya.

Yang paling mencolok adalah adanya tambahan 1 socket untuk kompas yang ada board 3 In 1 Phantom 4 Pro V2.0. Konektor antena pada board 3 In 1 milik Phantom 4 Pro V2.0 pun berkurang menjadi hanya 2 buah saja.

Remote Controller

Tidak puas hanya membongkar aircraftnya saja, teknisi Jogja Sky pun turut membongkar remote controller untuk mengetahui rahasia pada DJI Phantom 4 Pro V2.0 dan mencoba mencari perbedaannya.

Seperti yang sudah diketahui bersama, tambahan lubang semacam ventilasi yang ada pada remot kontrol Phantom 4 Pro V2.0 adalah bentuk pembaruan dari DJI. Namun, DJI tentu tidak hanya sekadar menambah ventilasi saja.

Teknisi Jogja Sky membuktikannya. Ketika membongkar remot kontrol Phantom 4 Pro V2.0, teknisi mendapati rahasia pada DJI Phantom 4 Pro V2.0 yaitu ada sebuah modul yang letaknya terpisah. Modul ini adalah modul OccuSync yang merupakan teknologi terbaru yang disematkan pada Phantom 4 Pro V2.0.

Dengan OccuSync ini, kamu bisa menyambungkan Phantom 4 Pro V2.0 dengan Goggles secara langsung. Dan secara tidak langsung membuat remot kontrol Phantom 4 Pro V2.0 ini tidak kompatibel jika digunakan untuk menerbangkan Phantom 4 Pro.

A post shared by jogjasky.com (@jogjasky) on

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, praktis tidak ada lagi perbedaan yang mencolok yang ada pada Phantom 4 Pro V2.0 ini. Anggota paling akhir dari Phantom 4 Series ini masih mewarisi segenap hal baik yang ada pada Phantom 4 Pro versi sebelumnya.

test flight DJI Phantom 4 Pro V2.0 oleh Teknisi Jogja Sky

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: