Ada sebuah area khusus yang digunakan sebagai tempat melakukan ujicoba penerbangan drone. Baru-baru ini, sebuah perusahaan desain arsitektur yang berasal dari Inggri, Foster+Partner, mengumumkan markas baru mereka di Shenzhen yang khusus dibuat untuk DJI. Hari ini, kerja sama kedua perusahaan ini dalam proyek light suspension effect di markas Daijang terbongkar.

Proyek ini sebetulnya sudah diinisiasi sejak tahun 2013 setelah melihat bahwa pendapatan penjualan di Daijang terus meningkat bahkan hingga dua kali lipat setiap tahunnya. Di awal 2013, pendapatan Daijang hanya sekitar 820 juta Yuan yang kemudian meningkat menjadi 18 milyar pada akhir tahun 2017. Namun, walaupun demikian Daijang sampai saat ini hanyalah sebuah gedung sewaan dua lantai dengan desain semikonduktor yang berada di distrik Nanshan.

Oleh karena itu, Foster+Partner sebagai salah satu perusahaan desain arsitektur menawarkan sebuah konsep gedung atau markas baru bernama “Sky Community”. Markas Daijang baru ini dirancang berstruktur menara ganda (double tower) yang terbuat dari susunan kaca yang tentunya sangat kontras dengan bangunan yang ada di sekitarnya.

Markas Baru di Daijang

Foster+Partner yang dipimpin oleh Norman Foster sudah terkenal sering menangani bidang-bidang konstruktif yang berukuran masif. Proyek yang biasanya mereka ambil tidak hanya berukuran besar secara jumlah melainkan secara volume. Dalam beberapa tahun terakhir misalnya, proyek Apple Park dan terminal T3 Bandara Internasional Beijing adalah produk dari Foster+Partner.

Rencana proyek light suspension effect di markas Daijang ini ditujukan untuk memfasilitasi keseinambungan antara kantor pengembang (R&D Company), ruang publik, dan gedung perkantoran. Desain menara kembar terbuat dari struktur inti berbahan baja raksasa. Kedua bangunan, menara sebelah timur dan barat, akan dihubungkan dengan sebuah jembatan kaca. Masing-masing menara akan memiliki enam fasad kaca yang berfungsi untuk menciptakan efek suspensi ringan atau light suspension effect.

Kalau dilihat dari rencana awal markas baru ini, terdapat sebuah ruangan dengan desain luar berbentuk V yang dikhususkan untuk pengujian drone. Sedangkan desain markas bagian bawah mengadopsi desain overhead full-floor.

Area internal Markas Daijang ini sangat luas dengan dikelilingi landskap dinding kaca 270-derajat yang membuat pencahayaan alami bisa masuk dengan bebas ke dalam area markas. Desain yang sangat luas juga memungkinkan tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi.

Sebagai tambahan, bagian dasar dari Menara Kembar Daijang ini juga memiliki ruang pameran umum, ruang peluncuran produk, fasilitas kebugaran, ruang platform robotik, dan lain sebagainya.

Video berikut ini juga mempertunjukkan salah satu kehebatan Markas Daijang ini.

Jadi, bagaimana? Sangat luar biasa bukan?

 

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: