fbpx

Artikel ini akan menunjukkan cara-cara penggunaan Remot Kontrol DJI yang tepat untuk mendapatkan kinerja sinyal yang optimal.

Remot Kontrol DJI memiliki satu atau dua antena yang berbentuk bar pendek. Ketika antena diposisikan untuk menunjuk ke atas, sinyal terkuat berada dalam garis yang sejajar dengan antena, sementara setiap lokasi yang terletak secara lurus dengan antena akan menerima sinyal yang lebih lemah.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah menyesuaikan arah antena sesuai dengan posisi pesawat dan menghindari menerbangkan pesawat tepat di atas ujung antena untuk mempertahankan koneksi nirkabel yang kuat.

Ketika pesawat diterbangkan dengan ketinggian rendah di depan Remot Kontrol, Remot Kontrol harus disejajarkan secara horizontal dengan pesawat dan antena harus mengarah ke atas untuk memastikan sinyal yang kuat.

Ketika pesawat diterbangkan di atas Remot Kontrol, antena harus diarahkan secara horizontal sehingga sinyalnya yang terkuat berada pada arah langsung ke atas. Namun, sinyal masih lebih lemah daripada dalam kasus normal karena orientasi antena penerima pesawat. Kami tidak merekomendasikan terbang langsung di atas Remot Kontrol.

Ketika ada objek yang menghalangi garis pandang antara Remot Kontrol dan pesawat, sinyal akan terhambat sehingga sinyal melemah, objek-objek yang dapat menghalangi sinyal ini termasuk: orang, bangunan, pohon, dan lain-lain.

Usahakan untuk menjaga garis pandang yang jelas antara pilot dan pesawat untuk menjaga kekuatan sinyal. Untuk keamanan penerbangan dan kualitas sinyal yang optimal, terbanglah dalam lingkungan tanpa objek penghalang antara Remot Kontrol dan pesawat.

Kemungkinan sinyal lemah jika pesawat berada pada jarak yang cukup jauh dari Remot Kontrol ketika terbang di ketinggian rendah. Ini bisa saja disebabkan oleh halangan berupa pohon atau mungkin juga dataran. Naikkan ketinggian pesawat untuk mencapai kekuatan sinyal yang lebih tinggi. Remot Kontrol DJI beroperasi pada pita radio frekuensi 2,4 GHz. Segala jenis gangguan elektromagnetik pada frekuensi yang sama akan mengganggu kinerja sinyal sehingga mengurangi jangkauan komunikasi efektifnya. Area perkotaan padat bangunan cenderung memiliki risiko gangguan sinyal yang lebih tinggi. Selama penerbangan, hindari daerah-daerah dengan banyak gangguan elektromagnetik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatkan saat mengoperasikan Remot Kontrol DJI:

  • JANGAN arahkan antena langsung ke pesawat. Antena harus disesuaikan sehingga arahnya tegak lurus terhadap pesawat untuk mendapatkan kinerja sinyal yang optimal.
  • JANGAN menyilangkan antena jika Anda memiliki dua antena pada Remot Kontrol Anda. Ini akan menyebabkan kinerja yang buruk. Untuk mencapai sinyal terbaik, antena harus menunjuk ke arah yang berbeda atau sejajar satu sama lain.
  • JANGAN menerbangkan pesawat di belakang gedung atau sinyal pesawat akan hilang dan secara otomatis mengaktifkan fitur RTH (Return to Home).

 

Tetap terhubung dengan Jogja Sky!

Ingin mendapatkan informasi dan update terkini seputar Jogja Sky, produk-produk DJI, dan dunia UAV? Ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunjungi terus website kami untuk membaca berbagai artikel yang akan keluar setiap hari Rabu.

 

Ikuti kami di:

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: