Phantom 4 ” Tomato”

Phantom 4 Tomato memang beum resmi akan dirilis, tapi kami sudah mendapatkan beberapa bocoran foto-fotonya beberapa minggu yang lalu.

Bocoran Foto Phantom 4 Tomato #1

Hal pertama yang nik dari perangkat ini adalah adanya piring perak besar di bagian bawah yang memiliki fungsi sebagai pemancar sensor ultrasonik dan stabilisasi aliran optik pada kamera. Phantom 4 Tomato ini juga dilengkapi dengan Shell yang mengkilap dan lampu LED yang langsung ada di atas mesin drone.

Bocoran Foto Phantom 4 Tomato #2

Bagian yang kami beri tanda panah merah menunjukkan bagiab perangkat keras baru yang ditambahkan pada Phantom 4 Tomato. Ada sensor baru yang terletak di dekat sensor ultrasonic. Gimbal pada Phantom 4 Tomato juga dirancang ulang untuk kestabilan kamera dalam memindai rintangan yang ada di depannya.

Bocoran Foto Phantom 4 Tomato #3

Kamera pada Phantom 4 Tomato memiliki bentuk yang berbeda dari produk sebelumnya. Tanda panah merah pada gambar menunjukkan adanya tambahan sensor yang diletakkan pada bagain atas kaki drone. Kabarnya Phantom 4 Tomato ini akan rilis 1 Maret di New York.

Kita hanya bisa menebak-nebak Phantom 4 Tomato ini mungkin semacam variasi dari Phantom 4 yang dilengkapi dengan headset VR. Dalam kasus apapun,karena nama itu yang sangat aneh. Pada Tahun 2014 DJI merilis Phantom 2 Vision, ditambah dengan standar drone harus dilengkapi. Tahun 2015, DJI merilis Phantom 3 dengan mengubah hampir semua kemampuan drone sebelumnya kecuali pada desai dan kemampuan merekam video 4K nya.

Waktu Terbang yang Lebih Lama

Harapannya, dengan adanya produk baru dari Phantom 4 ini, waktu terbang drone akan lebih lama. Menurut bocoran Phantom 4 Tomato ini memiliki waktu terbang hingga 20 menit. Jika hal ini benar berarti Phantom 4 ini akan memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari produk sebelumnya.

Tidak Ada Perekam Video 8K

Sebagian besar kamera yang diciptakan DJI tidak benar-benar dirancang untuk mampu merekam video dengan kualitas 8K. Sama seperti sensor kamera pada iPhone dan GoPro yang berasal dari Sony, sensor kamera DJI juga berasal dari Sony. Jadi, untuk saat ini kamera pada phantom 4 tidak akan mungkin merekam video dengan kualitas lebih dari 4K. beberapa peningkatan yang DJI lakukan adalah perbaikan kinerja cahaya rendah, bitrate, pengelolaan warna dan frame rate pada resolusi rendah.

Peningkatan Sinyal Video

Satu hal yang bisa dilakukan DJI pada Phantom 4 ini adalah mengubah resolusi video streaming dari 720p ke 1080p dan meningkatkan latency video. Peningkatan fitur ini akan terasa sangat menyenangkan bila benar-benar dilakukan DJI.

Tentang Kemampuan Menghindari Rintangan

Fitur ini adalah fitur yang memang sudah diimpikan sejak Phantom 2 keluar. Anda harus tahu bahwa ada drone lain dengan teknologi ini dijadwalkan untuk rilis musim panas ini. Pada bulan Januari, Yuneec mengumumkan Typhoon H, sebuah hexacopter dengan kemampuan untuk menghindari rintangan. Karena Typhoon H akan memiliki menghindari rintangan ketika datang musim panas ini, Phantom 4 harus memilikinya juga.
Tapi jawaban untuk pertanyaan ini rumit, karena menurut saya, Topan H tidak benar-benar memiliki menghindari rintangan. Satu hal yang kebanyakan orang mungkin tidak menyadari tentang Typhoon H adalah bahwa Drone tersebut mahal. Harga awal untuk Typhoon H akan berada di antara Rp 22.juta dan Rp 28juta yang untuk model dasar.

Masalah pada Perangkat Lunak

Ide dasarnya adalah membuat sistem mampu mengambil gambar dan data, menentukan apa yang benar-benar terlihat, mencari tahu apakah ada rintangan yang menghalangi, dan membuat rencana untuk menghindari rintangan itu. Maka, simulai penerbangan harus dilakukan beberapa kali hingga kesalahan itu tidak dapat terulang lagi.

Masalahnya adalah pada biaya yang dikeluarkan. Yuneec misalnya sedang mencoba tekhnologi ini dengan biaya yang besar, tetapi jika DJI keluar dengan Phantom 4 dan dua kali lebih mahal dari Phantom 3 profesional, saya rasa harga itu terlalu mahal, Phantom 3 lebih terjangkau untuk masyarakat umum.

Dalam Foto di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa motor pasti berbeda jika dilihat dari Phantom 3 dan cat mengkilap. Saya tidak akan menilai warna Phantom 4 berdasarkan foto ini sekalipun.

Kapan Phantom 4 Diumumkan?

Sulit untuk mengatakan kapan Phantom 4 akan diumumkan secara resmi oleh DJI karena tidak ada info yang solid, tetapi kita tahu bahwa kedua Phantom 2 Vision Plus dan Phantom 3 keluar pada bulan April sebelum NAB (pameran dagang nasional).

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: