DJI baru saja mengumumkan brand baru gimbal mereka pada CES 2018 bernama Osmo Mobile 2. Selain warnanya yang terlihat baru, kebanyakan orang akan mengiranya sama dengan Osmo Mobile. JogjaSky membuat sebuah perbandingan DJI Osmo Mobile dan Osmo Mobile 2 untuk menjelaskan perbedaan dari kedua gimbal DJI ini.

Perbandingan DJI Osmo Mobile dan Osmo Mobile 2

Bentuk dan Baterai

Secara bentuk, Osmo Mobile 2 memang tak banyak berbeda dengan pendahulunya. Namun, gimbal baru DJI ini memiliki ukuran berat yang lebih ringan yaitu hanya 485 gram. DJI Osmo Mobile 2 juga mampu merekam dengan mmode portrait.

Osmo Mobile memiliki bentuk pegangan yang lebih baik dan lebih halus jika dibandingkan dengan Osmo Mobile 2. Versi baru dari gimbal ini memiliki desain yang lebih sederhana namun elegan.

Baterai Osmo Mobile 2 berkapasitas 2600 mAh yang mampu bertahan hingga 15 jam. Bandingkan dengan baterai Osmo Mobile yang hanya memiliki kapasitas 980 mAh. Namun, baterai Osmo Mobile 2 ini merupakan jenis baterai yang tidak dapat dilepas dan diganti. Dan untungnya untuk mengisi ulang daya baterai ini hanya butuh waktu kurang lebih dua jam.

Osmo Mobile 2 juga bisa difungsikan sebagai power bank; kamu bisa menyolokkan ponselmu lewat port USB yang ada di bagian belakangnya dan membuat smartphonemu mampu terus menyala saat merekam film. Sebagai tambahan, kini kamu juga bisa memasangkan tripod pada gimbal baru ini.

Persamaan Osmo Mobile 1 & 2

Seperti yang dilansir We Talk UAV, kedua gimbal DJI ini memiliki koneksi wireless Bluetooth 4.0 low energy dan keduanya kompatibel dengan smartphone dengan eksternal lensa. Untuk pengoperasian Osmo Mobile 2 ini tidak ada perbedaan sama sekali dengan Osmo Mobile.

Kompabilitas

Pada CES 2018 kemarin, DJI tidak secara eksplisit menyebutkan jenis smartphone yang kompatibel dengan Osmo Mobile 2 ini. Mereka hanya menyebutkan bahwa Osmo Mobile 2 kompatibel dengan ponsel dengan lebar hingga 3.3″. DJI mendemonstrasikan dengan menggunakan IPhone 6 dan Osmo Mobile 2 berfungsi dengan sangat baik.

DJI menyebutkan bahwa untuk pengguna iOS, hasil footage tersimpan di dalam aplikasi DJI GO, sedangkan untuk pengguna Android hasilnya akan tersimpan dalam kartu memori.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: