GoPro resmi merilis produk drone terbarunya bernama GoPro Karma dan salah satu pesainganya DJI, juga akan merilis versi terbaru drone mereka bernama DJI Mavic. Sebenarnya apa saja keunggulan dari drone dari GoPro dan DJI ini? Kami akan coba memberi sedikit penjelasan.
GoPro KARMA:

Dengan hanya memberikan sedikit keterangan, rilis GoPro Karma dinilai sedikit mengecewakan. Dalam keterangan itu hanya disebutkan bahwa GoPro Karma adalah drone yang mudah diterbangkan oleh siapapun tanpa harus memiliki pengalaman terbang sama sekali. GoPro tidak memberikan penjelasan mengenai fitur apa saja yang ada di GoPro Karma. Belum lagi, untuk dapat menggunakan GoPro Karma, kamu harus memiliki GoPro Hero 5 atau GoPro Hero 4 untuk dapat merekam video.

Beberapa orang menyukai hasil rekaman yang dihasikan oleh kamera GoPro karena memiliki fitur fish-eye.

Kami mencoba mencari lebih lanjut mengenai GoPro Karma ini dan menemukan beberapa spesifikasinya, di antaranya disebutkan bahwa GoPro Karma memiliki berat 1006 gram, mampu terbang dengan kecepatan maksimal 56km/jam, dan dapat menempuh jarak maksimal 1000meter, serta dilengkapi dengan remot kontrol berfrekuensi 2.4GHz.

GoPro Karma juga dapat terbang selama 20 menit dalam kondisi ideal dengan lama waktu pengisian daya baterai selama 1 jam. Pada remot kontrol GoPro Karma sudah terpasang layar dengan dengan lebar 5 inchi. Remot kontrol GoPro Karma dapat menyala selama 4 jam dengan durasi waktu pengisian daya adalah 2,5 jam.

GoPro juga mengelengkapi semua fitur ini dengan aplikasi bernama Gopro Passsenger yang memungkinkan kamu untuk memasang ponsel pintar-mu pada remot kontrol untuk menggantikan layar untuk mengoperasikan GoPro Karma.

GoPro Karma ini memiliki gimbal dengan 3 sumbu seberat 230gram yang sesuai untuk kamera GoPro Hero 5 Hitam, Hero 5 Sesion, dan Hero 4 Perak/Hitam. Gimbal ini juga dilengkapi dengan pegangan yang dapat dilepas dari drone yang memungkinkan kamu untuk mengambil gambar tanpa harus menggunakan drone. Dalam pegangan ini terdapat baterai yang mampu bertahan selama 1,75 jam.

Harga GoPro Karma ini dibandrol dalam tiga bagian:

  1. 10 Jutaan untuk harga drone termasuk gimbal dan tas ransel (tidak ada kamera)
  2. 13 Jutaan jika kamu ingin ditambah kamera GoPro Hero 5 Sesion
  3. 15 Jutaan jika kamu ingin ditambah kamera Gopro Hero 5 Hitam
DJI MAVIC:

Berbeda dengan GoPro Karma, saat DJI mengumumkan mengenai produk terbaru mereka DJI Mavic, mereka telah memberikan gambaran singkat mengenai fitur-fitur apa saja yang ada pada DJI Mavic ini.

DJI Mavic merupakan drone terkecil dalam sejarah drone DJI yang memiliki panjang 200mm dan memiliki berat yang lebih ringan daripada GoPro Karma yaitu hanya sekitar 650gram. DJI Mavic ini memiliki baterai terbang pintar dengan kapsitas 3850mAh dan memiliki waktu terbang maksimal selama 27menit dalam kondisi ideal. DJI Mavic dapat terbang hingga jarak tempuh 7km dengan kecepatan terbang maksimal 65km/jam

DJI Mavic mempunyai fitur yang sama dengan DJI Phantom 4 seperti ActiveTrack. Namun, dengan ekstra beberapa fitur tambahan seperti POI (Point Of Interest), follow me, TapFly, dan sistem pengindraan rintangan. DJI Mavic juga memiliki sensor sonar yang menghadap ke bawah. DJI Mavic juga akan memiliki desain baling-baling seperti yang terlihat dalam produk DJI E 1200 Series.

Secara umum perbandingan antara DJI Mavic dan GoPro Karma bisa dilihat dalam tabel berikut:

Spesifikasi GoPro Karma DJI Mavic
Kamera Built-in No Ya
Gimbal
Pelacak Objek
Sistem Pengindraan Rintangan
Sistem Pengindraan Posisi
Koper / Tas Included Opsi Tambahan
Monitor / Screen included ✕ (Partial display + Smartphone)
Gimbal 3 Axis 3 Axis
Lensa Kamera FOV 94° 17.2mm f/2.81 FOV 78.8° 28 mm f/2.2
Resolution : UHD 4K up to 30p / 2.7k 60p1 4K / 2.7k up to 30p + C4K 24p
Resolusi kamera 12MP RAW + WDR 12MP DNG RAW + HDR
Max. Kecepatan 15.6m/s 17.8m/s
Max. Jarak 0.62 mil / 1km 4.3 mil / 7km
Max. Wind Resistance 9.8 m/s 10.7m/s
Baterai 14.8v / 5100mAH 11.4v / 3830mAh
Waktu Terbang 20 menit 27 menit
Weight 1006g 734g
Dimensions (folded) in mm L: 365 / W: 224 / H: 90 L: 198 / W: 83 / H: 81

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: