Menerbangkan drone, khususnya DJI drone, merupakan hal yang sungguh menyenangkan. Melihat segala hal yang biasa kita lihat tetapi dengan perspektif berbeda bisa membangkitkan pengalaman berbeda. Namun, walaupun langit begitu luas, bukan berarti kita boleh terbang ke mana saja kita inginkan. Kementrian Perhubungan Indonesia pada tahun 2015 sudah mengesahkan peraturan dalam menerbangkan drone di Indonesia.

Peraturan Kementrian Perhubungan No.180/2015  dikeluarkan untuk mengontrol pengoperasian pesawat tanpa awak. Peraturan ini merupakan pembaruan dari peraturan yang sudah ada sebelumnya yaitu peraturan Kementrian Perhubungan No.90/2015

Peraturan dalam menerbangkan drone di Indonesia yang dibuat oleh Kementrian Perhubungan ini mencakup larangan menerbangkan drone di beberapa area, misalnya: kawasan udara terlarang (prohibited area); kawasan udara terbatas (restricted area); dan kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP) suatu bandar udara. Aturan ini juga mengatur batas ketinggian maksimal pengoperasian drone tidak boleh lebih dari 150m.

Selain mengatur area penerbangan, peraturan Kementrian Perhubungan ini juga dengan jelas mengatur jenis, tujuan dan lisensi yang dibutuhkan saat mengoperasikan drone. Misalnya saja, sebuah drone dengan berat lebih dari 25kg dan digunakan untuk kebutuhan hobi dan rekreasi harus memenuhi peraturan yang ada pada CASR.

Peraturan menerbangkan drone di Indonesia sesuai dengan dokumen CASR (Civil Aviation Safety Regulation) selengkapnya bisa didownload dengan klik pada tombol di bawah ini:

Sedangkan jika drone diterbangkan untuk kebutuhan lain seperti patroli batas negara, patroli wilayah laut, survei, pengamatan cuaca, pemetaan, pembuatan film; drone operator wajib menyertakan juga jadwal penerbangan.

Hanafiah Ponggawa& Partners (HPRP) secara lengkap merumuskan peraturan menerbangkan drone di Indonesia seperti yang ada pada link berikut ini.

Aturan Umum

Jika disederhanakan peraturan menerbangkan drone di Indonesia bisa ditulis dalam beberapa poin, sebagai berikut:

  • Jangan menerbangkan drone di atas kerumunan orang
  • Hormati privasi orang lain atau institusi lain ketika sedang menerbangkan drone
  • Jangan menerbangkan drone dekat bandara atau di area lain di mana pesawat berawak beroperasi
  • Terbangkan drone ketika ada kondisi cahaya yang mencukupi dan pada kondisi cuaca yang bagus
  • Jangan terbang di area sensitif seperti fasilitas pemerintahan atau militer. Dilarang keras menerbangkan drone di area ini.
  • Jangan menerbangkan drone dengan ketinggian lebih 150m tanpa izin otoritas terkait
  • Jangan terbang di atas candi tanpa dilengkapi izin pihak berwenang.

Terbangkan drone sejauh dalam jangkauan pandangan

Menjadi pilot drone memang sebuah hal yang sangat menyenangkan. Tapi bukan berarti ketika melakukan sesuatu yang menyenangkan harus melupakan sisi keamanan dan keselamatan. Jadilah seorang pilot drone yang bertanggung jawab dengan menaati peraturan yang berlaku di mana pun kamu berada.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: