Pesatnya laju teknologi memang tidak bisa dibendung. Misalnya saja teknologi pesawat tanpa awak atau drone yang kini sudah merambah bidang pertanian. Adalah perusahaan drone ternama di dunia, Parrot yang memulai perkembangan teknologi pertanian dengan drone ini.

Lewat produk mereka, Parrot Sequoioa petani data mengambil tindakan pada tanamannya, misalnya dengan memberi pupuk sesuai kebutuhan, mengunari penggunaan pestisida, dan menganalisa perkembangan tanaman.

Parrot Sequioa dilengkapi dengan dua sensor yang revolusioner, komprehensif, dan kompatibel dengan pelbagai jenis drone. Dua sensor pada Parrot Sequioa ini adalah sensor multispektral dan sunshine.

Sensor Multispektral ini nantinya diarahkan menghadap ke tanaman yang lalu sensor ni akan menangkap cahaya yang direfleksikan tanaman dan membaginya ke dalam empat bagian terpisah yaitu: hijau, merah, dan dua warna inframerah yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Sensor ini menggunakan teknologi GPS yang mampu meningkatkan kecepatan ttransfer data secara signifikan.

Sensor Sunshine berfungsi untuk menganalisa pepohonan atau tanaman dengan menerima cahaya matahari dan memantulkannya. Hasil dari analisa sensor ini lah yang nantinya menentukan tindakan apa yang perlu petani lakukan untuk tanamannya.

Untuk mendukung pemetaan daerah pertanian dengan sempurna, Parrot Sequioa ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 16 megapiksel. Bentuk kamarea yang kecil dan ringan membuat Parrot Sequioa ini dapat menyesuaikan pada semua jenis drone.

Semua data yang direkam oleh Parrot Sequioa disimpan dalam kartu memori berkapasitas 64 GB. Namun, sebelum dapat digunakan data-data yang direkam tersebut harus diolah dengan software khusus bernama MicaSense ATLAS.

Dengan bentuk kamera mini dan ringan, Parrot Sequoia mampu menyesuaikan dengan semua drone, baik itu multi-rotor atau yang terbang dengan sayap. Semua data akan tersimpan dalam memory sebesar 64 GB, jika itu masih kurang bisa juga menancapkan kartu microSD. Akan tetapi data-data ini maih harus diolah lebih lanjut menggunakan software MicaSense ATLAS, supaya bisa memberikan informasi yang spesifik serta saran praktis bagi petani.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: