Mencari Kata Kunci

Cari kata kunci seperti “Baterai” dan “Pasang” untuk menemukan topik. Jika Anda menggunakan Adobe Acrobat Reader untuk membaca dokumen ini, tekan Ctrl+F pada komputer berbasis Windows atau Command+F pada Mac untuk mulai mencari.

Baca Sebelum Penerbangan Pertama

Baca dokumen berikut ini sebelum mulai menggunakan PhantomTM 4 Advanced / Advanced+:

  1. Di dalam Boks
  2. Panduan Penggunaan Manual Phantom 4 Advanced / Advanced+
  3. Panduan Penggunaan Cepat Phantom 4 Advanced / Advanced+
  4. Panduan Keamanan dan Ketentuan Lebih Lanjut Phantom 4 Series
  5. Panduan Keamanan Baterai Terbang Pintar Phantom 4 Series

Kami menyarankan kepada Anda untuk melihat semua video tutorial yang ada pada laman website resmi DJITM dan membaca ketentuan lebih lanjut sebelum mulai menerbangkan Phantom 4 Advanced / Advanced+. Siapkan penerbangan pertama Anda dengan membaca Panduan Penggunaan Cepat Phantom 4 Advanced / Advanced+ dan Panduan Penggunaan Manual untuk informasi yang lebih detail.

Pengenalan

Profil Produk & Fitur-Fitur Penting

Phantom 4 Advanced / Advanced+ adalah sebuah drone yang sangat luar biasa pintar yang dilengkapi dengan kamera yang canggih dan kemampuan untuk menghindari rintangan saat sedang terbang. Phantom 4 Advanced / Advanced+ merupakan drone baru DJI yang menawarkan kualitas gambar yang tak terbayangkan dengan kejelasan gambar yang jernih, noise yang rendah, dan foto serta video dengan resolusi yang tinggi yang pernah ada dalam sejarah Phantom.

Fitur-Fitur Penting

Diperbaharui dengan fitur ActivetrackTM dan TapFlyTM yang ada pada aplikasi DJI GO 4, Phantom 4 Advanced / Advanced+ kini dapat terbang ke mana saja asalkan masih telihat di dalam layar ponsel pintar dan terbang melacak subyek dengan mudah.

Kamera dan Gimbal: Phantom 4 Advanced / Advanced+ dapat merekam gambar dengan kualitas 4K dengan kecepatan frame hingga 60 fps, dan dilengkapi dengan kamera beresolusi 20 megapiksel tang membuat foto yang Anda ambil terlihat lebih jernih berkat teknologi sensor terbaru CMOS berukuran 1-inch. Kamera ini dilengkapi dengan tombol shutter/rana mekanik dan auto fokus yang dapat menciptakan pengalaman pencitraan aerial yang lebih baik.

Pengontrol Penerbangan: Pengontrol penerbangan pada Phantom 4 Advanced / Advanced+ telah diperbaharui untuk menyuguhkan penerbangan yang lebih aman dan lebih menyenangkan. Perekam penerbangan baru kini dapat menyimpan semua data penerbangan dari tiap penerbangan yang dilakukan. Sistem Sensor Pengindraan juga ditingkatkan demi menghasilkan kemampuan melayang yang lebih presisi ketika terbang di dalam ruangan atau di tempat di mana sinyal GPS tidak ada. IMUs ganda dan kompas didesain khusus untuk mengurangi getaran.

Downlink Video HD: Sinyal Video HD Downlink kini mampu mencapai jarak hingga 7 km dengan dilengkapi dengan kemampuan low-latency dari sistem DJI LIGHTBRIDGETM yang membuat Anda dapat menikmati video tanpa terputus-putus.

Remot Kontrol: Remot kontrol Phantom 4 Advanced+ memiliki layar high luminance dengan ukuran 5.5 inchi yang terintegrasi dengan DJI GO untuk pengendalian penuh.

Baterai Tebang Pintar: Baterai Terbang Pintar Phantom 4 Advanced / Advanced+ berkapasitas 5870 mAh dengan beberapa fitur yang telah diperbaharui seperti baterai sel dan sistem pengaturan daya yang dapat menghasilkan kemampuan terbang selama 30 menit.

Merakit Aircraft

Menyiapkan Aircraft

1. Lepaskan Gimbal clamp dari kamera seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Menyiapkan Aircraft

*pada ketinggian di atas laut ketika terbang dalam Mode ATTI. Durasi penerbangan akan bervariasi tergantung pola penerbangan, kondisi cuaca, dan ketinggian penerbangan.

2. Memasang Props
Pasang props dengan cincin props hitam pada motor yang memiliki tanda hitam juga. Pasang props yang memiliki cincin berwarna silver pada motor yang tidak memiliki tanda hitam. Tekan props ke bawah pada mounting plate nya lalu putar untuk memastikan bahwa props terpasang dengan baik.

Memasang Props

3. Memasang Baterai
Masukkan baterai pada baterai kompartemennya sesuai dengan arah yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Memasang Baterai
  • Pastikan Anda mendengar suara klik yang menandakan bahwa baterai terpasang dengan aman. Kegagalan dalam pemasangan baterai dapat mengganggu keamanan penerbangan.
Menyiapkan Remot Kontrol

Miringkan penyangga ponsel pintar atau display device yang ada pada remot kontrol pada posisi yang Anda inginkan, lalu sesuaikan antenna hingga mengarah ke arah luar.

Jika Anda menggunakan Phantom 4 Advanced, ikutii langkah di bawah ini untuk mengamankan tablet atau ponsel pintar pada penyangga:

  1. Tekan tombol yang ada pada sisi kanan atas penyangga ponsel pintar untuk melepas penjepitnya, lalu sesuaikan dengan ukuran tablet maupun ponsel pintar yang Anda gunakan.
  2. Pastikan ponsel pintar Anda terpasang dengan aman dengan cara menekan clamp ke arah bawah lalu sambungkan ponsel pintar Anda dengan remot kontrol dengan menggunakan kabel USB
  3. Colokkan ujung kabel USB ke ponsel pintar dan ujung satunya ke port yang ada di bagian belakang remot kontrol

 

Menyiapkan Remot Kontrol

Diagram Aircraft
Aircraft Diagram
Diagram Remot Kontrol
Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol

Aircraft

Pengontrol Penerbangan
Pengontrol penerbangan pada Phantom 4 Advanced / Advanced+ telah mengalami beberapa pembaharuan. Mode-mode keamanan dimasukkan termasuk Failsafe dan RTH. Fitur ini digunakan untuk memastikan kemanan dari aircraft Anda ketika kehilangan sinyal. Pengontrol penerbangan juga dapat menyimpan data penerbangan kritis dari tiap penerbangan yang dilakukan. Pengontrol penerbangan baru juga menyuguhkan stabilitas penerbangan yang baru dan fitur pengereman saat sedang berada di udara.
Mode Penerbangan

Ada tiga mdoe penerbangan yang tersedia. Detail dari masing-masing mode penerbangan dijelaskan sebagai berikut:

Mode P (Positioning): Mode P bekerja baik ketika ada sinyal GPS yang kuat. Aircraft menggunakan sinyal GPS dan Sistem Vision Stereo untuk menstabilkan terbang, menghindari rintangan, atau melacak subyek. Fitur-fitur tambahan seperti TapFly dan ActiveTrack juga bisa digunakan pada Mode ini.

Ketika Sistem Forward Vision aktif dan kondisi cahaya mencukupi, sudut kemiringan penerbangan maksimal adalah 250 dengan kecepatan terbang maksimal 50 km/jam. Ketika sistem pengindraan rintangan ini dinonaktifkan, sudut kemiringa penerbangan maksimal adalah 350 dan kecepatan maksimal 58 km/jam.

Ketika sinyal GPS lemas dan kondisi cahaya terlalu gelap untuk Sistem Forward dan Downward Vision, aircraft hanya akan menggunakan barometer untuk menentukan dan mengontrol ketinggian terbangnya.

Catatan: Mode P membutuhkan gerakan tuas remot kontrol yang besar untuk bisa menghasilkan kecepatan terbang yang tinggi.

Mode S (Sport): pola pengendalian dari aircraft disesuaikan untuk dapat meningkatkan kemampuan maneuver dari aircraft. Kecepatan maksimal daro aircraft meningkat hingga mencapai 72 km/jam. Catatan: sistem pengindraan rintangan tidak aktif pada mode ini.

Mode A (Attitude): ketika tidak ada satupun baik sinyal GPS dan Sistem Vision yang tersedia, aircraft hanya akan menggunakan barometer untuk menentukan posisi dan mengontrol ketinggian terbangnya.

Indikator Status Penerbangan
Phantom 4 Advanced / Advanced+ mempunyai LED depan dan Indikator Status Aircraft. Posisi dari LED ini ditunjukkan pada gambar berikut ini:

Indikator Status Penerbangan

LED depan menunjukkan arah dari aircraft. LED depan menyala merah ketika aircraft dinyalakan dan LED itu menunjukkan arah depan (bagian nose) dari aircraft. Indikator Status Aircraft menunjukkan status sistem dari pengontrol penerbangan. Lihat tabel berkut ini untuk mengatahui informasi lebih dalam dari indikator ini.
Deskripsi dari Indikator Status Aircraft
Deskripsi dari Indikator Status Aircraft
Return-to-Home (RTH)

RTH berfungsi untuk membawa aircraft kembali ke home point yang sudah direkam sebelumnya. Ada tiga tipe RTH: Smart RTH, Low Battery RTH, dan Failsafe RTH. Bagian ini menjelaskan mengenai ketiga macam RTH ini secara detail.

Return-to-Home (RTH)

Failsafe RTH
Sistem Forward Vision mengizinkan aircraft untuk menciptakan sebuah peta real-time dati jalur penerbangannya. Jika home point sukses direkam dan kompas berfungsi dengan normal, maka Failsafe RTH akan secara otomatis diaktifkan jika sinyal remot kontrol hilang selama lebh dari 3 detik. Aircraft akan membuat rencana penerbangan kembali ke rute dan melacak jalur terbangnya kembali ke home point. Aircraft akan melayang selama 10 detik di lokasinya. Ketika aircraft mendapat sinyal GPS lagi, aircraft akan menunggu perintah dari pilot. Proses RTH mungkin dapat terganggu dan pilot dapat mengontrol aircraft ketika sinyal remot kontrol kembali stabil.
Failsafe Illustration
Failsafe Illustration
Smart RTH
Gunakan tombol RTH pada remot kontrol atau ketuk tombol RTH yang ada pada aplikasi DJI GO 4 dan ikuti instruksi yang muncul ketika sinya GPS terseda untuk mengaktifkan Smart RTH. Aircraft kemudian akan kembali ke home point yang terakhir kali direkam. Gunakan remot kontrol untuk mengontrol kecepatan atau ketinggian aircraft untuk menghindari tabrakan ketika Smart RTH aktif. Ketika aircraft terbang kembali, aircraft akan menggunakan kamera utama untuk mengidentifikasi rintangan pada jarak 300meter di depan aircraft, yang membuat aircraft bisa membuat rute terbang ke home point yang aman. Tekan dan tahan tombol Smart RTH untuk mengaktifkan proses ini, dan tekan lagi untuk membatalkan fungsi ini dan mendapatkan kembali kendali dari aircraft.
Low Battery RTH

Fungsi ini aktif ketika Baterai Terbang Pintar turun ke satu titik tertentu yang mungkin akan berdampak ketika aircraft kembali ke home point. Anda disarankan untuk segera mendaratkan atau menerbangkan aircraft kembali ke home point sesegeramungkin ketika hal ini tejadi. Aplikasi DJI GO 4 akan menunjukkan pemberitahuan ketika daya baterai kritis terjadi. Aircraft akan kembali ke home point jika dalam waktu 10 detik tidak ada perintah yang diberikan. Anda dapat membatalkan prosedur ini tekan menekan tombol RTH yang ada pada remot kontrol. Peringatan awal ini secara otomatis didasari dari ketinggian aircraft dan jarak dari home point.

Aircraft akan mendarat secara otomatis jika daya baterai hanya dapat mendukung aircraft terbang sejauh untuk mendaratkannya dari ketinggian terbangnya saat itu. Anda masih dapat menggunakan remot kontrol untuk menyesuaikan arah selama proses pendaratan.

Indikator Daya Baterai ditampilkan pada aplikasi DJI GO 4 dan dideskripsikan seperti berikut:

Low Battery RTH Low Battery RTH

Precision Landing

Phantom 4 Advanced / Advanced+ secara otomatis memindai dan menyesuaikan fitur permukaan tanah ketika proses RTH berlangsung. Ketika dsudah ditemukan permukaan tanah yang sesuai, Phantom 4 Advanced / Advanced+ akan mulai mendarat sesegera mungkin. Aplikasi DJI GO 4 akan menunjukkan permukaan tanah tempat mendarat jika proses precision landing gagal.

  • Performa precision landing tergantung pada beberapa kondisi berikut ini:
  1. Home point direkam sebelum lepas landas dan tidak dapat diganti selama penerbangan berlangsung
  2. Aircraft harus lepas landas secara vertikal. Ketinggian lepas landas harus lebih dari 7 meter
  3. Permukaan tanah home point harus tidak boleh berubah banyak
  4. Permukaan home point tidak memiliki fitur khusus yang bisa berdampak pada performa aircraft
  5. Kondisi pencahayaan tidak terlalu gelap atau terlalu terang
  • Tindakan berikut ini bisa dilakukan ketika mendarat:
  1. Tarik tuas remot kontrol kiri untuk mempercepat proses pendaratan
  2. Menggerakkan tuas remot kontrol ke arah lain akan menghentikan Precision Landing. Phantom 4 Advanced / Advanced+ akan menurun secara vertikal dan Landing Protection akan aktif
Peringatan Keamanan Failsafe
Peringatan Keamanan Failsafe Peringatan Keamanan Failsafe
Menghindari Rintangan Selama RTH

Aircraft sekarang dapat merasakan dan secara efektif mencoba menghindari rintangan selama proses RTH aktif, kemapuan ini harus didukung oleh kondisi pencahayaan yang cukup untuk Sistem Forward Vision. Ketika mendeteksi rinangan, aircraft akan bertingkah seperti ini:

  1. Aircraft akan menggunakan kamera utamanya untuk mengidentifikasi rintangan pada jarak 300 meter di depannya yang membuat aircraft dapat membuat rencana jalur terbang kembali ke titik awal terbang.
  2. Aircraft akan mengurangi kecepatannya ketika rintangan dirasakan pada jarak 15 meter di depannya.
  3. Aircraft akan berhenti dan melayang kemusian mulai naik secara vertikal untuk menghindari rintangan. Aircraft akan berhenti naik ketika sudah berada 5 meter di atas rintangan yang tedeteksi.
  4. Prosedur failsafe RTH berlanjut, aircraft akan melanjutkan terbang ke home point pada ketinggian tersebut

Menghindari Rintangan Selama RTH

Fungsi Landing Protection

Landing protection akan aktif selama proses pendaratan otomatis.

  1. Landing protection menunjukkan apakah permukaan tanah sesuai untuk melakukan pendaratan. Jika iya maka Phantom 4 Advanced / Advanced+ akan mendarat dengan lembut.
  2. Jika landing protection menunjukkan permukaan tanah tidak cocok untuk melakukan pendaratan, Phantom 4 Advanced / Advanced+ akan melayang dan menunggu konfirmasi dari pilot. Aircraft akan melayang jika aircraft mendeteksi permukaan tanah tidak sesuai untuk mendarat bahkan ketika peringatan baterai kritis sudah muncul. Hanya jika daya baterai turun hingga 0% aircraft akan mendarat. Anda dapat menahan kendali dari arah penerbangan aircraft.
  3. Jika landing protection tidak aktif, aplikasi DJI GO 4 akan menunjukkan gambar permukaan tanah ketika Phantom 4 Advanced / Advanced+ terbang pada ketinggian 0.3 meter di atas permukaan tanah. Ketuk untuk mengonfirmasi atau tarik tuas remot kontrol selama lebih dari 2 detik untuk mendaratkan pada permukaan tanah yang sesuai.
  • Landing protecrion tidak akan aktif dalam beberapa kondisi berikut ini:
  1. Ketika Anda sedang mengontrol tuas pitch/roll/throttle (pendeteksian permukaan tanah akan diaktifkan kembali keika tuas remot kontrol tidak digunakan)
  2. Ketika sistem pengindraan posisi tidak sepenuhnya berfungsi (misal ada ketika berada pada posisi drift)
  3. Ketika sistem downward vision memerlukan pengkalibrasian ulang
  4. Ketika kondisi pencahayaan tidak mencukupi untuk mengaktifkan sistem downward vision.
  • Jika sebuah rintangan berjarak 1 meter dari aircraft, aircraft hanya akan terbang turun 0.3 meter dari permukaan tanah dan melayang. Aircraft hanya akan mendarat setelah Anda mengonfirmasi perintah.
TapFly

Pengenalan
Dengan fitur ini, Anda sekarang dapat mengetuk layar ponsel pintar Anda untuk menerbangkan Phantom 4 Advanced / Advanced+ ke semua arah yang ada dalam layar ponsel pintar Anda tanpa harus menggunakan remot kontrol. Aircraft akan secara otomatis menghindari rintangan yang terlihat atau melakukan pengereman dan melayang jika didukung dengan kondisi cahaya yang mencukupi (< 300 lux) dan tidak terlalu terang (> 10,000 lux).

Menggunakan TapFly
Pastikan aircraft berada pada Mode P, kemudian ikuti instruksi di bawah ini untuk mulai menggunakan TapFly:

Menggunakan TapFly Menggunakan TapFly Menggunakan TapFly Fungsi berikut ada dalam TapFly: Menonaktifkan TapFly

ActiveTrack

Pengenalan
Fitur ini mengizinkan Anda untuk menandai dan melacak obyek bergerak yang terlihat pada layar ponsel pintar Anda. Aircraft akan secara otomatis menghindari rintangan yang ada pada jalur terbangnya. Tidak ada alat pelacakan khusus yang diperlukan.
Phantom 4 Advanced / Advanced+ dapat secara otomatis mengidentifikasi dan melacak orang, sepeda dan kendaraan lain, serta menggunakan cara pelacakan yang berbeda-beda tergantung pada obyek yang dilacak.

Menggunakan ActiveTrack
Pastikan aircraft berada pada Mode P, lalu ikuti langkah berikut untuk mulai menggunakan ActiveTrack:

Menggunakan ActiveTrack Menggunakan ActiveTrack Menggunakan ActiveTrack Fungsi berikut ada di ActiveTrack Fungsi berikut ada di ActiveTrack Menonaktifkan ActiveTrack

Draw

Pengenalan
Dengan fitur ini aircraft akan terbang sepanjang jalur penerbangan yang digambar pada layar ponsel pintar. Aircraft dapat terbang dan melakukan pengereman secara otomatis dan melayang ketika melihat rintangan jika terbang dalam kondisi pencahayaan yang cukup –tidak terlalu gelap (< 300 lux) dan terlalu terang (> 10,000 lux).

Menggunakan Draw
Pastikan aircraft berada pada Mode P untuk bisa menggunakan Mode Draw ini, lalu ikuti langkah berikut ini:

Menggunakan Draw Menonaktifkan Draw

Mode Gesture

Pada mode ini, Sistem Vision pada Phantom 4 Advanced /Advanced+ mengenali gerakan, yang membuat aircraft dapat terbang mengikuti dan mengambil foto selfie tanpa perlu menggunakan ponsel atau remot kontrol. Ikuti langkah berikut untuk menggunakan Mode Gesture:

Mode Gesture

Mode Tripod

Ketuk ikon pada aplikasi DJI GO 4 untuk mengaktifkan Mode Tripod. Pada mode ini, kecepatan maksimal dibatasi hanya 9 km/jam dan jarak pengereman berkuang hingga 2 meter. Tingkat responsifitas tuas remot kontrol juga dikurangi untuk menghasilkan gerakan aircraft yang lebih halus.

  • Hanya gunakan Mode Tripod ketika sinyal GPS kuat atau kondisi cahaya mencukupi untuk sistem vision. Jika sinyal GPS hilang dan sistem vision tidak dapat berfungsi, aircraft akan secara otomatis berganti ke Mode ATTI. Jika hal ini terjadi, kecepatan terbang akan naik dan aircraft tidak dapat melayang di tempat. Gunakan Mode Tripod ini dengan hati-hati.
Mode Terrain Follow
Pada mode ini, Sistem Downward Vision digunakan untuk mngontrol ketinggian terbang di atas permukaan tanah antara 1 hingga 10 meter. Mode ini didesain khusus untuk permukaan yang memiliki tingkat kemiringan tidak lebih dari 200. Aktifkan Mode Terrain Follow ini dengan mengetuk Mode Penerbangan Pintar yang ada pada aplikasi DJI GO. Ketika mode ini aktif, ketinggian aircraft akan direkam. Aircraft akan menjadi ketinggian tersebut selama penerbangan dan terbang naik ketika kemiringan permukaan naik. Namun, aircraft tidak akan terbang turun ketika berada di permukaan yang miring ke bawah.
  • Ini penting bagi Anda untuk terbang ketika kondisi di mana VPS dapat berfungsi dengan benar, jika tidak mode ini tidak akan bekerja dengan baik.
Sistem Vision
Komponen utama dari sistem vision ini terletak pada bagian depan dan belakang Phantom 4 Advanced /Advanced+, termasuk [1] [2] dua sensor vision stereo dan [3] dua sensor ultrasonic. Sistem Vision menggunakan gelombang suara ultrasonic dan pencitraan gambar untuk membantu aircraft menjaga posisi terbangnya, mengkatifkan precision landing untuk terbang di dalam ruangan atau tempat yang tidak memiliki sinyal GPS. Sistem Vision secara terus menerus melakukan pemindaian terhadap rintangan, yang membuat Phantom 4 Advanced /Advanced+ dapat terbang menghindarinya dengan cara terbang memutar, melewati, atau melayang.

Sistem Vision

Jarak Deteksi
Jarak pendeteksian dari sistem vision dijelaskan pada gambar berikut ini. Catatan: aircraft tidak dapat merasakan dan mengindari rintangan yang tidak ada di dalam zona pendeteksi.
Jarak Deteksi
Mengkalibrasi Sensor

Kamera Sistem Vision yang terpasang pada aircraft sudah dikalibrasi sebelum pengiriman. Namun, kamera ini sangat rentan terhadap gangguan dari luar dan akan membutuhkan pengkalibrasian tambahan dengan menggunakan DJI ASSISTANTTM 2 atau dengan aplikasi DJI GO 4. Ikuti instruksi berikut ini untuk mengkalibrasikan kamera

Mengkalibrasi Sensor
Pengkalibrasian Cepat

Gunakan pengkalibrasian cepat ketika muncul pemberitahuan pada aplikasi DJI GO 4 yang menandakan bahwa diperlukan pengkalibrasian sensor vision. Ketuk “Aircraft Status” → Vision Sensor untuk mulai pengkalibrasian cepat.

  • Pengkalibrasian cepat ini digunakan untuk menyelesain permasalan pada sensor vision dengan cepat. Sambungkan aircraft dengan komputer untuk melakukan pengkalibrasian secara penuh dan disarankan kepada Anda untuk menggunakan DJI Assistant 2. Hanya lakukan pengkalibrasian ketiak kondisi cahaya mencukupi dan berada dipermukaan yang memiliki tekstur misalnya di atas rumput.
  • Jangan mengkalibrasikan aircraft pada permukaan yang mempunyai daya pantul tinggi seperti di atas keramik.
Menggunakan Vision Positioning
Vision Positioning diaktifkan ketika aircraft dinyalakan. Tidak perlu tindakan tambahan. Vision Positioning biasanya digunakan ketika terbang di dalam ruangan di mana sinyal GPS tidak tersedia. Menggunakan sensor yang ada pada Sistem Vision, aircraft dapat melayang dengan akurat bahkan tanpa sinyal GPS.
Menggunakan Vision Positioning
Ikuti instruksi di bawah ini untuk menggunakan Vision Positioning:
1. Pastikan aircraft berada pada Mode P
2. Letakkan aircraft pada permukaan yang datar. Catatan: Sistem Vision tidak dapat bekerja dengan baik pada permukaan yang memiliki pola bervariasi
3. Nyalakan aircraft. Indikator status aircraft akan menyala hijau dua kali, yang menunjukkan bahwa Vision Positioning sudah siap. Dorong tuar remot kontrol sebelah kiri ke atas dengan lembut dan aircraft akan melayang di tempat.
Bantuan Pengereman dari Pengindraan Rintangan
Ditenagai oleh Pengindraan Rintangan, aircraft sekarang dapat secara aktif melakukan pengereman ketika ada rintangan yang terdeteksi. Catatan: fungsi pengindraan rintangan ini bekerja baik ketika kondisi cahaya mencukupi dan rintangan terlihat jelas dan tidak tertutup. Aircraft harus terbang dengan kecepatan tidak lebih dari 50 km/jam agar bisa melakukan pengereman ini.
Bantuan Pengereman dari Pengindraan Rintangan
Bantuan Pengereman dari Pengindraan Rintangan
Perekam Penerbangan
Data penerbangan kini secara otomatis disimpan dalam penyimpan data internal aircraft. Data penerbangan ini termasuk telemetry, informasi status aircraft, dan parameter lainnya. Untuk mengkases data ini, sambungkan aircraft dengan PC dengan menggunakan kabel USB lalu aktifkan DJI Assistant 2.
Memasang dan Melepas Props

Hanya gunakan props yang disetujui oleh DJI untuk Phantom 4 Advanced / Advanced+. Cincin abu-abu dan hitam pada props menandakan di mana mereka seharusnya dipasang dan arah mana di mana mereka harus berputar.

Memasang dan Melepas Props

Memasang Props

  1. Pastikan untuk melepas stiker peringatan dari mesin sebelum memasang props
  2. Pasang props yang memiliki tanda hitam pada mesin bertanda hitam. Pasang props dengan tanda silver pada motor yang tidak memiliki mesin bertanda hitam. Tekan props ke bawah pada mounting plate dan putar ke arah untuk menguncinya sampai posisinya bener-benar aman
Memasang Props
Melepas Props

Tekan props ke bawah pada motor lalu putar ke arah buka kunci.

  • Berhati-hatilah pada pinggiran props yang tajam
  • Hanya gunakan props produksi DJI, jangan mencampur dengan props lain.
  • Periksa apakah props dan motor terpasang dengan benar dan aman sebelum melakukan penerbangan
  • Pastikan bahwa semua props berada pada kondisi yang bagus sebelum penerbangan. JANGAN gunakan props yang telah lama maupun yang sudah rusak
  • Untuk menghindari kecelakaan, JAUHI dan JANGAN memegang props atau motor ketika sedang berputar
  • HANYA gunakan props asli DJI untuk pengalaman terbang yang lebih menyenangkan.
Baterai Terbang Pintar DJI

Baterai terbang pintar ini mempunyai kapasitas hingga 5870 mAh, dengan voltasi 15.2 V dan fungsi smart charge/discharge. Baterai ini hanya bisa diisi dengan pengisi daya yang sesuai dari DJI.

Fungsi Baterai Terbang Pintar DJI

  1. Baterai Level Display: LED indikator menampilkan daya baterai saat ini
  2. Fungsi Auto-Discharging: Untuk mencegah penggelembungan baterai, baterai akan otomatis menghentikan pengisian daya pada level 65% ketika bateai tidak digunakan lebih dari 10 hari. Butuh waktu kurang lebih dua hari untuk menghentikan pengisian daya hingga 65%. Dan merupakan hal yang normal jika Anda merasakan hawa panas yang keluar dari baterai selama proses ini.
  3. Balanced Charging: Secara otomatis menyeimbangkan voltasi pada tiap-tiap baterai sel ketika mengisi daya
  4. Overcharge Protection: pengisian daya secara otomatis berhenti ketika baterai sudah terisi penuh
  5. Pendeteksi Suhu: baterai hanya aka mengisi ulang daya ketika suhu berada di antara 50C dan 400C
  6. Over Current Protection: baterai akan berhenti mengisi daya ketika ampere tinggi lebih dari 8 A terdeteksi
  7. Over Discharge Protection: untuk mencegah bahaya karena over-discharge, pengisian daya otomatis berhenti ketika voltasi baterai mencapi 12V
  8. Shor Circuit Protection: secara otomatis mematikan power supply ketika arus pendek terdeteksi
  9. Battery Cell Damage Protection: Aplikasi DJI GO akan menampilkan pesan peringatan ketika bahaya pada baterai sel terdeteksi
  10. Mode Sleep: untuk menyimpan daya, baterai akan masuk ke Mode Sleep setelah 20 menit tidak dipakai
  11. Communication: berisi informasi mengenai voltasi baterai, kapasitas, aurs, yang ditransmisikan ke pengontrol utama aircraft.
  • Baca Panduan keamanan penggunaan Phantom 4 Advanced / Advanced+ sebelum menggunakan. Anda bertanggung jawab penuh terhadap kerusakan yang terjadi.

Menggunakan Baterai

Menyalakan / Mematikan Baterai

Menyalakan Baterai: tekan tombol power sekali, lalu tekan lagi dan tahan selama 2 detik untuk menyalakan. LED akan menyala hijau dan Indikatro Daya Baterai akan menampilkan daya baterai

Mematikan Baterai: tekan tombol power sekali, lalu tekan lagi dan tahan selama 2 detik untuk mematikan. LED akan berkedip ketika dalam proses mematikan baterai Phantom untuk mengizinkan penghetian perekaman secara otomatis ketika proses perekaman belum dihentikan sebelumnya.

Memeriksa Daya Baterai
Indikator Daya Baterai menunjukkan seberapa banyak daya yang tersisa. Ketika baterai dimatikan, tekan tombol power sekali lagi. Indikator Daya baterai akan menyala untuk menampilkan daya baterai. Lihat tabel berikut ini untuk informasi lebih detil.

Memeriksa Daya Baterai

Peringatan Suhu Rendah:
1. Kapasitas baterai secara signifikan berkurang ketika terbang di lingkungan bersuhu <0 derajat celsius
2. Tidak disarankan untuk menggunakan baterai pada lingkungan bersuhu dingin yang sangat ekstrim (< – 10 derajat celsius). Voltasi baterai seharusnya dapat mencapai Voltasi yang pas ketika beroperasi pada tempat bersuhu – 10 derajat celsius sampai 5 derajat celsius.

3. Berhenti lah menerbangkan ketika aplikasi DJI GO 4 menampilkan peringatan Daya Baterai Rendah ketika terbang di tempat bersuhu rendah.

4. Jaga baterai untuk selalu di dalam ruangan untuk memanaskannya sebelum discount gunakan untuk terbang di lingkungan bersuhu dingin

5. Untuk memastikan performa maksimal dari baterai, jaga suhu baterai selalu di atas 20 derajat celsius.

6. Pengisi daya akan berhenti mengisi daya jika suhu sel baterai tidak berada pada suhu pengoperasian (0 derajat celsius sampai 40 derajat celsius)

  • Di lingkungan yang dingin, masukkan baterai ke baterai kompartemennya dan nyalakan aircraft selama kurang lebih 1-2 menit untuk memanaskan baterai sebelum lepas landas

Mengisi Daya Baterai Terbang Pintar

  1. Sambungkan pengisi daya baterai dengan sumber daya listrik (100 – 240V / 50/60Hz)
  2. Sambungkan baterai ke pengisi daya untuk mulai mengisi daya. Jika dya baterai di atas 95%, nyalakan baterai sebelum mengisi ulang daya
  3. Indikator Daya Baterai akan menunjukkan daya baterai saat pengisian ulang
  4. Baterai Terbang Pintar terisi penuh ketika semua Indikator Daya Baterai semuanya mati Lepaskan baterai dari pengisi daya
  5. Biarkan suhu baterai sama dengan suhu ruangan sebelum menyimpanny dalam waktu lama
  • Selalu matikan baterai sebelum memasukkan atau melepasnya dari Phantom 4 Advanced / Advanced+. Jangan pernah memasukkan atau melepasnya dalam keadaan masih menyala.

Mengisi Daya Baterai Terbang Pintar

Menunjukan Proteksi LED baterai
Table di bawah ini menunjukan mekanisme perlindungan baterai dan pola LED yang sesuai

Menunjukan Proteksi LED baterai

Remot Kontrol

Profil Remot Kontrol
Remot kontrol Phantom 4 Advanced / Advanced+ adalah sebuah alat komunikasi multi fungsi tanpa kabel yang terintegrasi dengan sistem downlink dan sistem remot kontrol aircraft yang beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz. Remot kontrol ini mempunyai beberapa fitur seperti fungsi pengontrol kamera, termasuk dalam mengontrol pengambilan foto/video sebaik ketika mengontrol gimbal. Daya baterai ditampilkan dengan indikator LED yang ada pada panel depan pada remot kontrol.
Menggunakan Remot Kontrol

Menyalakan / Mematikan Remot Kontrol

Remot kontrol Phantom 4 Advanced / Advanced+ ditenagai dengan baterai 2S yang dapat diisi ulang yang mempunyai kapasitas 6000 mAh. Daya baerai ditampilkan dengan LED Daya Baterai yang ada pada panel depan remot kontrol. Ikuti langkah berikut untuk menyalakan remot kontrol:

  1. Ketika remot kontrol dalam keadaan mati, tekan tombol power sekali. LED Daya Baterai akan menampilkan daya baterai saat ini
  2. Tekan dan tahan tombol power untuk remot kontrol
  3. Remot kontrol akan berbunyi beep ketika dinyalakan. LED Status akan berkedip hijau yang menandakan remot kontrol sedang menyambungkan dengan aircraft. LED Status akan menyala hijau ketika proses penyambungan selesai.
  4. Ulangi langkah nomor 2 untuk mematikan remot kontrol

Menyalakan / Mematikan Remot Kontrol

Mengisi Daya Remot Kontrol

Isi daya remot kontrol dengan pengisi daya yang sesuai. Lihat gambar di bawah ini untuk informasi lebih detail:

Mengisi Daya Remot Kontrol

Mengontrol Kamera

Ambil foto/video dan sesuaikan pengaturan kamera dengan menggunakan tombol rana/shutter, tombol perekam, dan tombol pengaturan kamera yang ada pada remot kontrol.

Mengontrol Kamera

[1] Papan Pengaturan Kamera
Gunakan tombol ini untuk mengatur ISO, kecepatan shutter/rana, dan aperture tanpa melepas remot kontrol. Tekan ke bawah pada papan ini untuk mengganti pengaturan.

[2] Tombol Shutter
Tekan untuk mengambil foto. Jika mode burst aktif, multiple foto akan diambil dengan sekali tekan tombol ini

[3] Tombol Perekam Video
Tekan sekali untuk merekam video, lalu tekan lagi untuk berhenti merekam

[4] Papan Dial
Gunakan untuk mengontrol kemiringan gimbal

Mengontrol Aircraft

Bagian ini menjelaskan bagaimana mengontrol arah aircraft dengan menggunakan remot kontrol. Mode pengontrolan dapat diatur dalam Mode 1, Mode 2, Mode 3, dan Mode Kustom.

Mengontrol Aircraft Mengontrol Aircraft

Mengontrol Aircraft Mengontrol Aircraft

Menyesuaikan Tuas Remot Kontrol

Tahan dan putar tuas remot kontrol searah atau berlawanan arah jarum jam untuk menyesuaikan panjang dari tuas remot kontrol. Panjang tuas remot kontrol yang pas dapat meningkatkan kemampuan akurasi pengontrolan.

Papan Pengganti Mode Penerbangan

LED Status Remot Kontrol
LED Status Remot Kontrol LED Status Remot Kontrol
Menyambungkan Remot Kontrol
Menyambungkan Remot Kontrol  Menyambungkan Remot KontrolMenyambungkan Remot Kontrol

Kamera dan Gimbal

Kamera

Kamera Profil

Kamera Phantom 4 Advanced / Advanced+ menggunakan sensor CMOS 1-inchi yang dapat merekam video dengan ukuran hingga 4096x2160p pada kecepatan 60fps dan memiliki resolusi kamera 20 megapiksel. Video dapat disimpan dalam format MOV maupun MP4. Ada beberapa mode foto yang bisa Anda pilih seperti: burst, continuous, dan mode time-lapse. Tampilan langsung dari apa yang dilihat kamera dapat dilihat pada ponsel pintar yang sedang mengaktifkan aplikasi DJI GO 4.

Phantom 4 Advanced / Advanced+ mendukung video dengan kualitas 4K pada kecepatan 60fps. Baik H.265 dan H.264 bisa digunakan pada Phantom 4 Advanced / Advanced+ dengan maksimul video bitrate 100 Mbps.

Kamera 20 megapiksel Phantom 4 Advanced / Advanced+ merupakan hasil dari pengaplikasian teknik pemrosesan gambar tingkat lanjut. Mode pengambilan gambar yang bervariasi menyuguhkan pengalaman yang luar biasa. Shutter/Rana mekanik dengan kedepan maksimal 1/2000 mampu mengurangi distorsi ketika mengambil gambar yang bergerak cepat.

Slot Kartu Memori Kamera

Untuk menyimpan foto/video Anda, masukkan kartu memori ke dalam slit yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini sebelum menyalakan Phantom 4 Advanced / Advanced+. Phantom 4 Advanced / Advanced+ dilengkapi dengan kartu memori berkapasitas 16 GB dan dapat mendukung kartu memori hingga berkapasitas 128GB. Pastikan hanya gunakan kartu memori UHS-1 agar data Anda benar-benar terjamin sempurna.

Slot Kartu Memori Kamera

  • Jangan melepas kartu memori dari Phantom 4 Advanced / Advanced+ ketika sedang mengambil foto/video.
  • Untuk memastikan stabilitas dari sistem kamera, satu kali perekaman video dibatasi selama 30 menit.

Port Data Kamea (Mikro USB)

Nyalakan Phantom 4 Advanced / Advanced+ dan sambungkan kabel USB pada Port Data kamera untuk mendownload foto/video pada komputer. Kartu memori tidak dapat dibaca ketika DJI Assistant 2 sedang digunakan.

 

Port Data Kamea (Mikro USB)
  • Aircraft harus dinyalakan sebelum Anda bisa mengakses data yang ada pada kartu memori

Pengoperasian Kamera
Gunakan tombol shutter/rana dan rekam pada remot kontrol untuk mengambil foto atau merekam video lewat aplikasi DJI GO 4.

Penjelasan LED Indikator Status Kamera
Indikator LED Kamera menyala setelah bateai dinyalakan. Indikator ini memuat informasi dari status kamera yang dijelaskan pada tabel berikut ini:

Penjelasan LED Indikator Status Kamera

Gimbal
Profil
Gimbal 3 sumbu mampu menyuguhkan kestabilan dalam kamera yang membuat Anda mampu mengambil gambar dengan jernih dan menghasilkan video yang stabil. Gimbal dapat memiringkan kamera hingga sudut 1200.
Gimbal
Gunakan papan pengaturan gimbal yang ada pada remot kontrol untuk mengontrol gerakan kemiringan kamera.
Mode Pengoperasian Kamera
Ada dua mode pengoperasian gimbal yang bisa digunakan. Anda bisa mengganti mode pengoperasian ini pada pengaturan kamera di aplikasi DJI GO 4. Catatan: ponsel pintar Anda harus disambungkan pada remot kontrol agar ada efek yang dihasilkan. Baca tabel berikut ini untuk informasi lebih detail:
 Mode Pengoperasian Kamera