fbpx

Apa Isi Panduan Ini?

Panduan ini ditujukan untuk pembalap pemula yang ingin belajar mengenai Drone Race secara mandiri. Panduan ini juga berisi mengenai faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dan fitur-fitur dari Drone Racing yang akan dibeli.

Apa itu Drone Racing?

Drone Racing adalah sebuah drone kecil dengan empat baling-baling yang dibangun untuk tujuan khusus untuk sebuah kejuaraan balapan FPV (First Person View) dan berbagai event lainnya yang diselenggarakan di berbagai penjuru dunia.

Drone Racing tidak sama dengan drone-drone lain yang biasa digunakan untuk mengambil gambar atau video gedung-gedung bertingkat maupun pembuatan film.

Merakit Drone Juara

Jika kamu melihat dan memperhatikan lebih detail pada setiap kejuaraan drone, kamu akan menemukan sebuah fakta bahwa hampir semua drone yang menjadi juara itu dirakit sendiri oleh para pilotnya. Mereka memodifikasi drone mereka.

Seperti pada umumnya balapan drone, para pilot Drone Race selalu ingin menggunakan gear yang baru yang akan membuat drone mereka selalu lebih unggul. Pemodifikasian pada Drone Racing adalah hal yang wajar, hal ini dikarenakan teknologi drone yang selalu berkembang dengan sangat cepat.

Jika kamu ingin memenangkan kejuaraan drone, ada beberapa saran yang bisa kami berikan:
1. Pilih kelas balapanmu dan liga pertamamu terlebih dahulu
2. Pilihlah perlengkapan yang sesuai dengan drone-mu, pengontrol penerbangan, remot kontrol, dan kacamata FPV dengan hati-hati
3. Selalu perbaharui / modifikasi drone-mu, sampai kamu memengangi sebuah kejuaraan

Bagaimana jika kamu ada seorang pemula?

Jika kamu adalah seorang pembalap pemula, kamu jelas harus mulai menggunakan mini drone murah yang siap terbang (RTF).

Membeli drone yang siap terbang (RFT) penting untuk kamu lakukan sebagai seorang pemua, kamera kamu akan belajar melakukan balapan dengan tidak banyak kehilangan uang dan waktu.

Kehilangan banyak uang? Iya! Karena hal pertama yang akan kamu temukan pada balapan drone adalah drone yang mengalami kecelakaan. Sering kali kecelakaan terjadi berulang-ulang. Jadi penting bagimu untuk belajar dengan menggunakan drone yang tidak terlalu mahal, iya kan?

Dari sekian banyak jenis drone untuk pemula, kami menyarankan untuk menggunakan drone dengan merk Huban H107D X4. Drone ini termasuk jenis racing yang tidak terlalu mahal dengan harga sekitar 13jutaan. Drone ini dilengkapi dengan kamera dan transmitter remot kontrol, juga dilengkapi dengan LCD 4.3 inchi yang dapat menayangkan langsung video dengan kualitas HD. Drone ini mempunyai semua hal yang kamu perlukan untuk belajar mengenai Drone Race melalui video FPV.

Baru setelah kamu benar-benar menguasai Huban H107D X4, kamu benar-benar siap untuk mulai merakit dan memodifikasi Drone Racing lain seperti Vortex 250 Pro

Kenapa orang suka dengan Drone Race?

Orang-orang suka dengan Drone Race karena hal ini sangat menyenangkan.

Lihat seberapa menyenangkannya Drone Race ini!

Mengikuti Liga dan Komunitas

Hal pertama yang harus kamu putuskan ketika membeli Drone Racing adalah apakah kamu akan menggunakannya untuk ikut dalam sebuah liga atau hanya akan ikut dalam kegiatan komunitas.

Sebuah liga balap drone akan menentukan jenis dari drone yang dipakai, pengontrol, dan FPV yang digunakan.

Liga Balapan Drone

Dewasa ini, mulai banyak muncul liga balapan drone di berbagai belahan dunia.

Setiap liga mempunyai aturan yang berbeda yang akan menentukan jenis perlengkapan yang digunakan (standar atau kustom), arena balapan, aturan untuk saling beradu dan menyalip, dl.

Berikut ini adalah beberapa liga drone yang kami ketahui:

  • Aerial Grand Prix : merupakan sebuah liga balapan drone dengan menggunakan gawang dan bendera yang khusus untuk drone tipe 250Mini, Pro Super Mini, dan Kelas Terbuka. Liga ini biasanya diselenggarakan di tiga negara besar dengan trak di dalam dan luar ruangan.
  • Aerial Action Sports League : merupakan sebuah pertunjukkan adu drone dengan durasi 3 jam. Liga ini diprakarsai oleh Game of Drone.
  • Game of Drone : merupakan sebuah liga drone internasional yang hanya menggunakan drone tipe Hiro dan perlengkapannya yang dijual di websitenya.
  • Flight Club : merupakan sebuah pertunjukkan adu drone lokal yang dibuat oleh Game of Drones
  • TV : merupakan sebuah jaringan yang mempertemukan pilot Drone Racing dalam sebuah tim
  • NorCalFPV
  • MultiGP : merupakan jenis balapan drone yang khusus menggunakan FPV. Event ini dimulai pada tahun 2015 dan kini merambah di seluruh Amerika.
  • OpenPilot : merupakan sebuah sistem autopilot terbuka yang banyak digunakan oleh pembalap drone
  • com : merupakan sebuah event balapan yang ada di Kanada.
  • SoCalRotorRacing
  • TeamRacekraft
  • The Mini Quad Club : merupakan sebuah grup facebook di mana kamu bisa bertemu dan berdiskusi antar sesame pembalap drone dari berbagai negara.

Selalu pastikan spesifikasi minimal dan maksimal pada drone-mu yang sesuai dengan liga yang akan kamu ikuti. Mayoritas liga sekarang menetapkan atuan panjang drone 250mm / drone mini 5 inchi.

Komunitas

Selain mengikuti berbagai kegiatan balapan, ada beberapa komunitas Drone races yang ada di berbagai penjuru dunia seperti: User Groups dan FPV Meetups.

Mayoritas dari komunitas-komunitas itu bersifat terbuka, artinya mereka menerima semua tipe dan jenis dari drone dan pengontrol penerbangan yang digunakan.

Tujuan utama komunitas ini adalah untuk belajar sekaligus bermain.

Bersosialisasi juga menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai, tapi agaknya ini sulit dicapai ketika semua orang memakai kacamata FPV.

Kamu juga bisa menemukan komunitasmu sendiri di Meetups.com dan Reddit

Kami lebih menyarankan untuk ikut komunitas lokal, karena kamu bebas untuk melakukan apapun terhadap drone-mu. Dan, kamu cenderung bisa belakar lebih banyak soal memodifikasi drone-mu.

Di Dalam vs Di Luar Ruangan

Mayoritas Drone Race dilakukan di dalam ruangan di mana cuaca bukan menjadi sebuah masalah. Hal ini juga digunakan untuk memastikan bahwa tidak ada drone yang mendapat keuntungan karena kondisi cuaca. Ide dasar dari sebuah Drone Race adalah mempertarungkan kemampuan pilot dalam mengontrol drone-nya.

Sedangkan jika pada komunitas kamu bisa menentukan sendiri lokasi balapan yang kamu inginkan. Banyak komunitas yang melakukan balapan drone di dalam maupun di luar ruangan.

Ada beberapa jenis balapan drone di antaranya:

  1. Rotorcross: di mana dua atau lebih pembalap drone berkompetisi pada waktu yang sama untuk melintasi garis finish paling awal.
  2. Drag Race: merupakan sebuah balapan antara dua atau lebih pembalap untuk mellihat drone mana yang paling cepat melakukan akselerasi pada jarak tertentu (misalnya 100 meter).
  3. Time-Trial: setiap drone terbang sendiri untuk mendapatkan waktu putar paling cepat.

Apa saja yang diperlukan dalam FPV Drone Racing?

Sebuah FPV Drone Race entah apakah itu yang kamu rakit sendiri atau drone race yang siap terbang (RTF) umumnya memiliki komponen yang sama, seperti:

  • Rangka Drone
  • 4 mesin + cadangan
  • 4 ESCs + cadangan yang banyak
  • 4 baling-baling + cadangan yang banyak
  • Remot Kontrol
  • Baterai Lithium-Polymer (LiPo) + cadangan
  • Pemancar FPV Video (vTx) dan penerima sinyal (vRx)
  • Pemancar sinyal remot kontrol (Tx) dan penerima sinyal (Rx)
  • Antena
  • Pengikat Baterai
  • Kacamata FPV
  • Kamera yang dipasang pada drone
  • HD Kamera untuk merekam (opsional, karena akan menambah beban drone)

Drone yang siap terbang (RTF) seperti Hubsan X4 atau Storm Type A sudah dilengkapi dengan semua yang kamu butuhkan, terintegrasi, dan bebas dari bug. Kamu hanya butuh membeli baling-baling dan baterai untuk cadangan.

Jika kamu memilih untuk merakit drone-mu sendiri, maka pastikan kamu mendapatkan semua hal yang ada di daftar di atas berserta cadangan yang jumlahnya mencukupi.

Anggaran Dana

Kamu dapat mempunyai sebuah Drone Race dengan harga minimal sekitar 2,7 jutaan, tapi drone pemenang akan butuh anggaran dana yang lebih banyak.

Jika kamu tidak ingin merakit drone-mu sendiri, maka kamu bisa langsung membeli Drone Race yang siap terbang seperti Hubsan X4 H107D dengan harga sekitar 2,7 jutaan. Drone ini cukup cepat, tidak terlalu mahal, dilengkapi dengan kamera yang sudah terpasang, remot kontrol yang dapat menampilkan tayangan video yang didapat dari kamera, dan software pengontrol terbang yang canggih. Kamu mungkin tidak akan memenangi beragam kejuaraan jika menggunakan drone ini, tapi drone ini akan mengajarkanmu hal-hal apa saja yang ada pada Drone Race tanpa harus kehilangan banyak waktu dan uang.

Untuk kompetisi biasanya diperlukan Drone Race yang mempunyai panjang 250mm, dengan harga sekitar 5,4 – 8,1 jutaan yang sudah dilengkapi dengan remot kontrol yang bagus, pengontrol terbang, FPV video. Drone dengan nama Strom Type A S3 adalah rekomendasi terbaik saat ini.

Untuk sebuah kompetisi juga diperlukan sepasang kacamata FPV dengan kisaran harga 4 – 5 jutaan.

Lalu, berapa anggaran dana yang diperlukan untuk liga Drone Race?

Kebanyakan liga Drone Race mengembangkan produk drone-nya sendiri dan dilengkapi spesifikasi yang mudah ditemukan Game Of Drones adalah salah satu liga Drone Race paling terkenal, karena Drone Hiro Racing mereka tidak terlalu mahal dan cukup mudah dibangun.

Butuh dana sekitar 10 jutaan untuk dapat membangun sebuah drone yang kompetitif pada semua liga.

Drone Race Siap Terbang (RTF)

Drone Race siap terbang itu terdengar seperti: kamu beli satu, buka boksnya, isi ulang daya baterainya, dan mulai lah balapan. Tidak diperlukan rakitan khusus pada dalam menggunakan drone ini.

Dan, berikut adalah daftar Drone Race siap terbang yang terkenal untuk saat ini:

  • Hubsan X4 H107H FPV merupakan drone yang murah dan terkenal dilengkapi dengan kamera FPV 720p, remot kontrol, dan software canggih
  • Strom Type A merupakan drone yang terkenal dan terjangkau. Drone ini mempunyai panjang 250mm yang sangat canggih dengan banyak pembaharuan tesedia dan tidak perlu proses penyolderan.
  • Vortex 250 PRO drone ini terkenal pada tahun 2016, dan merupakan drone yang dapat memenangkan berbagai kejuaraan di kelas 250.
  • Luminiere QAV250 G10 merupakan Drone Race siap terbang yang mempunyai performa tinggi. Drone ini tidak disarankan digunakan oleh pemula
  • Drone X Labs merupakan drone dengan kelas 250 dan mempunyai spesifikasi sesuai untuk DXL racing
  • com merupakan platform Drone Race terbaru

Penting: kebanyakan Drone Race siap terbang dirakit dari pabrikan, ini memang bukan merupakan hal yang buruk, hanya saja kamu akan tergantung pada pekerja yang merakit drone ini.

Lihat betapa serunya video Drone Racing antara QAV250 dengan Strom Type A:

Bagaimana Membangun FPV Drone Race-mu Sendiri

Tutorial video dengan durasi 30 menit dari Charpu, salah seorang pilot drone terbaik di dunia ini, akan sangat membantumu dalam merakit FPV Drone Race sendiri.

Berikut ini adalah komponen yang digunakan Charpu dalam merakit Drone Race-nya:

Tidak terlalu sulit untuk membangun sebuah Drone Race, kan?

Komponen yang Diperlukan untuk Merakit Drone Race

1. Frame atau badan drone
Ada beberapa macam frame yang bisa kamu gunakan, di antaranya:
a. ZMR250 Carbon Fiber Version
b. Lumenier QAV250
c. Lumenier QAV-R
d. Blackut Mini-H-Quad
e. Hammer V3
f. Hiro (digunakan dalam Game of Drones)

2. Pengontrol Penerbangan
Beberapa software pengontrol penerbangan yang bisa dipakai seperti:
a. Naze32 Acro
b. OpenPilot CC3D
c. Taulabs.org : merupakan software open-source yang banyak digunakan di berbagai kejuaraan dan penghobi kamera drone. Software ini mempunyi fitur seperti; RTH; Melayang; Mondar-mandir; dan berbagai macam fitur lainnya.

3. Mesin
Ada tiga pabrikkan penghasil mesin Drone Racing terbaik:
a. Cobra : mesin ini tergolong cukup mahal tapi mempunyai kualitas yang tinggi
b. Sunny Sky : mesin drone dengan harga rata-rata
c. DYS : mesin ini mempunyai jangkauan yang luas
Peringkat kekuatan mesin Drone Racing dinilai dengan satuan Kv (RPM per Volt). Untuk Drone Racing kecil dengan ukuran 250mm, peringkat kekuatan mesinmu harus di antara 1000 – 2300Kv. Ukuran rating ini akan berbeda tiap ukuran panjang drone
• Lebih dari 1Kg – ~700 – 900Kv
• 500gram – 1Kg – ~900 – 1300Kv
• Di bawah 500gram – ~1300 – 2300Kv

4. Baling-baling
Ada dua jenis baling-baling yang bisa kamu gunakan;
a. HQProp merupakan baling-baling dengan harga cukup mahal
b. Gemfan  merupakan baling-baling dengan harga cukup terjangkau

5. ESCs
Beberapa rekomendasi ESCs yang bisa digunakan:
a. KISS: cukup mahal tetapi memiliki kualitas tinggi
b. DYS/RCtimer BL20a
c. EMAX 12A Simon Series
d. HobbyKing Blue Series: baling-baling dengan harga cukup terjangkau

6. Baterai LiPo
Turnigy Nano-tech merupakan rekomendasi baterai Drone Racing yang terbaik

7. Pemancar dan Penerima Sinyal Remot Kontrol
a. FrSky Taranis X9D 2.4GHz
b. FrSky X4R 2.4GHz

8. Kamera HD
Ada tiga rekomendasi kamera yang bisa kamu gunakan pada Drone Race-mu
a. Mobius ActionCam
b. XiaoMi Yi
c. GoPro HERO3

9. Pemancar Sinyal Video
a. ImmersionRC 600mW 5.8GHz
b. Boscam 200mW 5.8GHZ
c. ImmersinRC 25mW 5.8GHZ

10. Kamera FPV
a. Fatshark 600TVL CMOS Camera
b. PZ0420m Sony Sper HAD 600TVL CCD Mini 2.8mm

11. Kacamata FPV
a. Fatshark v3 FPV Googles dilengkapi dengan sistem pelacakan
b. Fatshark Dominator V2 dilengkapi dengan VGA dan sistem pelacakan
c. Fatshark Dominator HD dengan resolusi kamera terbaik – 800x600p dan sistem pelacak
d. Cinemizer OLED Video Glasses dilengkapi dengan lensa yang lebar

Kekuatan dan Kecepatan

FPV Drone Racing itu lebih kepada ujicoba kemampuan mengontrol drone ketimbang hanya sekadar balapan biasa.

Kecepatan

Drone Race dewasa ini mampu mencapai kecepatan hingga 120 km/jam. Namun, kecepatan ini bukanlah segalanya jika kamu mengikuti perlombaan melintasi bendera dan gawang, kemampuan maneuver lah yang menentukan.

Kekuatan Angkat

Kekuatan angkat drone selalu menjadi hal paling penting. Ketika mesin drone yang digunakan lebih bertenaga maka perputaran baling-baling akan semakin efisien dan menghasilkan daya angkat yang lebih besar yang akan membuatmu lebih mudah melewati tikungan dan melakukan akselerasi lebih cepat dari competitor.

Jenis mesin Drone Race yang baik digunakan seperti yang diproduksi oleh Cobra. Sedangkan, untuk baling-baling sendiri, menggunakan baling-baling fiber karbon adalah pilihan yang sesuai karena balig-baling ini cukup ringan dan memiliki desain yang efektif. Namun, selalu berhati-hatilah: baling-baling fiber karbon yang sangat kuat bisa menyebabkan cedera pada kulitmu.

.

Kemampuan Melakukan Manuver

Ini merupakan karakteristik paling penting dalam setiap Drone Race. Kemampuan melakukan maneuver ini bukanlah sesuatu yang dengan gampang kamu kuasai.

Kemampuan melakukan maneuver merupakan gabungan dari beberapa kemampuan, seperti:

  1. Kemampuan mengontrol waktu respon, terutama pada remot kontrol dan pengontrol penerbangan
  2. Stabilitas penerbangan
  3. Kemampuan untuk melakukan prediksi
  4. Daya angkat untuk menghentikan dan mengganti arah tebang

Daya Tahan

Semakin kecil Drone Racing-mu, maka akan semakin lama drone mu terbang. Mini drone dan drone berukuran 250mm adalah jenis drone yang paling ulet dan tidak gampang mengalain kecelakaan. Drone-drone itu cenderung lebih mengorbankan baling-balingnya dibandingkan dengan membahayakan badan atau framenya.

Waktu Terbang

Kebanyakan Drone Racing yang digunakan dalam setiap kejuaraan dapat terbang selama 5 menit dengan tenaga baterai yang sangat cepat.

Remot Kontrol

Ada banyak jenis remot kontrol yang sesuai digunakan untuk Drone Race. Dari yang berharga sekitar 1,3 jutaan hingga lebih dari 13 jutaan. Kami hanya bisa merekomendasikan untuk menggunakan remot kontrol yang nyaman kamu gunakan, dengan tingkat presisi tuas yang tnggi, dan tahan dengan beberapa kondisi cuaca. Dengan tambahan daya tahan baterai yang lama.

Ada beberapa jenis remot kontrol yang bisa kamu gunakan, seperti:

  1. Jeti Duplex DC-16 , dilengkapi dengan 16 kanal penerima dan pemancar sinyal RC, fleksibel, dan sangat canggih
  2. Spectrum DX9 , biasa digunakan oleh para pilot Drone Race
  3. Spectrum DX6i , dilengkapi dengan 6 kanal, sesuai untuk pemula

Kacamata FPV

First Person View (FPV) adalah bagaimana cara para pembalap drone melakukan balapan.

Kenapa? Alasasannya karena dengan memakai kacamata FPV ini, mata-mu akan serasa berada di bagaian depan drone dan ketika drone terbang, kamu akan menemukan pengalaman yang sangat menantang. Video FPV dapat dinikmati dengan menggunakan monitor LCD atau kacamata FPV.

Ada beberapa komponen yang dibutuhkan untuk melengkapi kacamata FPV, di antaranya:

  1. Pemancar dan penerima sinyal video FPV
  2. Antenna
  3. Monitor video, bisa menggunakan ponsel pintar atau tablet yang dipasangkan pada remot kontrol
  4. Kacamata FPV
  5. Kamera FPV
  6. Kamera HD

Kinerja Drone yang Dimodifikasi

Secara umum, kinerja sebuah Drone Race dapat ditingkatkan dengan mengganti dan memperbaharui beberapa komponen seperti;

  1. Baling-baling
  2. Mesin
  3. ESC
  4. Software Pengontrol Penerbangan
  5. Hardware Pengontrol Penerbangan

Mengurangi berar drone juga merupakan salah satu cara efektid untuk meningkatkan kinerja Drone Race. Perhatikan dengan serius berat dari komponen di bawah ini:

  1. Frame atau badan drone
  2. Baterai
  3. Mesin
  4. Pengunci mesin
  5. Pengekang
  6. Baling-baling
  7. Perlengkapan pendaratan

Modifikasi Lain

Ridak semua Drone Race dapat berbelok pada tikungan tajam dengan cepat. Beberapa pembalap melakukan modifikasi lebih lanjut untuk membuat Drone Racing mereka mampu melakukan gerakan acrobat, lebih tangkas, dapat melewati rintangan, mengambil video dengan kualitas tinggi, bahkan beradu satu sama lainnya.

Pemodifikasian Drone Racing yang sering dilakukan, seperti:

  1. Pemodifikasian untuk beradu (Combat Mods)
  2. Pemodifikasian ketangkasan (Stunt Mods)
  3. Pemodifikasian untuk melewati rintangan (Target Shooting Mods)

Bagian-bagian yang Bisa Diganti

Jika kamu ingin menjadi bagian dari Drone Race, maka kamu akan membeli beberapa cadangan baterai, baling-baling, ESCs, frame, dan mesin. Karena jika hal buruk terjadi, seperti drone mengalami kecelakaan ataupau jatuh saat terbang, kamu sudah siap dengan berbagai macam bagian yang siap digantikan.

Mayoritas pembalap drone membawa satu set lengkap peralatan yang terdiri dari beberapa pasang baling-baling, sepasang ESCs, satu atau dua mesin pengganti, dan 2-3 baterai yang sudah diisi ulang pada tiap event balapan.

Garansi

Tidak seperti jenis drone lain, garansi pada Drone Racing terletak pada setiap bagian komponennya dan hanya bisa digunakan jika komponen itu mengalami cacat produksi bukan kerusakan yang disebabkan karena mengikuti sebuah kompetisi. Garansi ini berlaku untuk Drone Race siap terbang (RTF) maupun jika kamu merakit sendiri.

Sumber

Ada puluhan blog dan forum yang ada di internet yang khusus dibuat untuk para pembalap drone untuk sekadar saling sapa dan berdiskusi tentang segala sesuatu tentang Drone Race seperti di antaranya:

Blog FPV Racing

  1. MiniQuadClub
  2. DroneBlog
  3. DIYDrones
  4. RacingFPV

Forum Drone

  1. RCGROUPS
  2. FPVLab
  3. DIYDrones
  4. Reddit
  5. Game OF Drones

Tempat Membeli Perlengkapan

Comments

comments