Mini-kamera-drone DJI yang mampu tebang dari telapak tangan ini ternyata tidak ada hentinya membuat decak kagum. Lewat pembaruan firmware terbarunya, DJI memperkenalkan Mode Sphere Spark. Dengan mode ini, kamu bisa menghasilkan foto mirip berbentuk planet kecil dengan efek lensa fisheye dengan menggunakan fitur mode Panorama. Mode Sphere Spark ini bisa langsung dibagikan ke media sosial yang kamu miliki lewat DJI GO 4.  

Berikut ini adalah beberapa footage yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Mode Sphere Spark.

Ujicoba Spherical Dalam Ruangan

Ujicoba pengambilan footage ini dilakukan di dalam ruangan. Spark diterbangkan dengan ketinggian kurang lebih 4.5 meter. Ketika mengaktifkan Mode Sphere ini, Spark tidak menggunakan remot kontrol. Ujicoba ini hanya dilakukan dengan menggunakan iPhone 7 sebagai kontrol Spark.

Mode Sphere Spark ini bisa kamu aktifkan dengan mengklik ikon Pano yang ada di sebelah kanan bawah layar ponselmu.

Pada gambar tersebut terlihat bahwa sekali kamu menggunakan Mode Sphere ini, Spark akan mengambil beberapa gambar (46 gambar dalam contoh di atas) dalam sekali jepret.

Ke-46 gambar itu kemudian digabungkan menjadi satu. Proses penggabungan ini bisa kamu saksikan lewat layar aplikasi. Begitu proses ini selesai, kamu akan mendapat pemberitahuan “Pano Successful”. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama, yaitu hanya 2 menit saja.

Ujicoba Spherical Di Luar Ruangan

Seorang pilot dari luar negeri membawa Sparknya untuk mencoba Mode Sphere ini di luar ruangan. Ia menerbangkan Spark pada ketinggian maksmimal yaitu 50 m.

Menggunakan mode sphere memerukan daya yang lebih besar, hal ini tentu akan membuat durasi terbang Spark akan berkurang. Sebagai perbandingan, kamu hanya bisa mengambil 3-4 foto sphere dalam sekali pengisian daya baterai.

Hasil foto sphere ini bisa kamu lihat pada Playback. Kamu hanya butuh mengetuk pada thumbnail yang memiliki ikon sphere dan DJI GO 4 akan mulai menggabungkan foto-fotomu. Dengan aplikasi DJI GO 4 ini kamu bahkan bisa mengganti prepektif dari footage yang kamu hasilkan.

Ada sebuah opsi juga untuk mendownload footage sphere ke ponselmu, tetapi kamu hanya akan mendapatkan sebuah foto panorama yang digabungkan bukan gambaran sebuah planet kecil yang apik, agak sedikit mengecewakan memang.

Untuk mengurangi kekecewaan ini, kamu bisa langsung memilih untuk membagikan fotomu ke media sosial dengan menggunakan DJI GO 4 tetapi harus melalui SkyPixel. Dari SkyPixel kamu baru akan mendapatkan sebuah link yang bisa kamu bagikan ke media sosial. Jika cara ini kamu nilai agak merepotkan, kamu bisa me-screenshot-nya lalu membagikannya ke media sosial

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: