Dewasa ini bisa dibilang cukup gampang bagi kamu untuk mampu merakit drone race-mu sendiri. Selain waktunya perakitan yang relative lebih cepat ternyata dengan merakit sendiri drone race-mu biaya yang dikeluarkan pun terbilang lebih murah daripada kamu membeli drone race yang sudah jadi. Dengan hanya menghabiskan sekitar 4,5 juta, sudah termasuk headset VR untuk mengarah drone menghindari rintangan, kamu sudah bisa memiliki drone race sendiri.

Enggak percaya? Simak penjelasan berikut

BASIC

Jika sebelumnya Anda belum pernah menerbangkan drone, ada baiknya Anda berlatih dengan drone yang lebih murah. Sebaiknya Anda berlatih dengan quadcopter yang lebih murah. Anda harus mempelajari dasar-dasar terbang cepat dan jadi Anda tidak perlu lagi khawatir kerusakan yang mahal.
Anda juga bertanya-tanya dengan orang yang lebih berpengalaman, Anda bisa bertanya-tanya di forum online, sehingga Anda dapat berbicara dengan orang-orang yang berpengetahuan tentang project Anda.

Anda dapat menambahkan hal-hal yang lebih maju pada Drone Race Anda seperti GPS dan sensor sonar, atau bahkan kode frimware untuk menambahkan fungsi custom.

Mulai Merakit Drone Race

List Kit

QAV ZMR 250 Mini DIY Quadcopter Kit (Rp 1.077.000)
1300mah 45C 4S LiPo Battery (Rp 488.000)
Soldering iron 50W (Rp 50.000)
RadioLink T4EU 4 channel radio control with R7EH receiver (Rp 503.000)
SkyRC E3 LiPo Balance charger (Rp 130.000)

Tools

DroneBuilder Tool kit (Rp 625.000)
Servo tester (Rp 40.000)
Multi-meter (from Rp 105.000)

FPV kit (optional)

VR-007 FPV Goggles (Rp 870.000)
FPV 200 Bundle Pack (Rp 390.000)
Circular polarised antenna set (Rp 145.000)
Headplay HD FPV headset with 40ch raceband receiver (Rp 3.303.000)

Proses Perakitan

1) Kumpulkan Semua Perlengkapan

Siapkan alat-alat yang akan membantumu dalam merakit drone race mu seperti; satu set obeng, satu set tang, solder, dan multimeter untuk pengujian koneksi.

Siapkan juga sebuah ruang yang luasnya cukup sebagai tempat merakit drone-mu. Ruangan dengan luas yang cukup akan membantumu saat mulai menandai semua bagian-bagian dari drone. Proses penandaan ini penting dilakukan karena akan membantu mu mengorganisir semuanya dan jika ada bagian dari drone yang hilang kamu tidak terlalu bingung mencarinya.

Selama proses perakitan, bersabarlah. Jangan terlalu terburu-buru, nikmati setiap proses yang menyenangkan ketika kamu merakit. Merakit drone race itu seperti bermain puzzle, kesalahan mungkin akan terjadi, tapi akan sangat menyenangkan jika semuanya berhasil tersusun rapih.

2) Perakitan

Akan ada banyak sambungan pada drone yang butuh disolder. Berhati-hatilah ketika melakukan hal ini, terutama untuk kamu yang belum pernah melakukannya.

Perhatikan juga saat mulai memasang dua pasang mesin, arah putar mesinnya harus berlawanan dengan arah putar jarum jam agar drone bisa terbang. Untuk mengujinya, kamu bisa gunakan Servo Tester.

Flight Controller board adalah bagian terpenting dari sebuah drone. Bisa dikatakan bagian ini adalah otak operasi yang akan menerjemahkan semua input pada remot kontrol dalam penerbangan. Barheti-hatilah saat menyolder konektor yang ada di board ini. Lalu, setelah semuanya selesai di-solder ujilah dengan menggunakan multimeter.

3) Uji Coba

Setelah semua bagian selesai dirakit selanjutnya adalah menguji coba hasil rakitan drone ini. Uji coba pertama adalah dengan cara memasang baterai. Jika pada saat baterai dipasang dan saat dinyalakan, drone mengeluarkan asap artinya ada ada koneksi yang salah. Segera lepaskan baterai dan periksa setiap konektor yang ada.

Setelah memastikan saat pemasangan baterai tidak mengeluarkan asap, sambungkan remot kontrol-mu ke komputer dengan menggunakan kabel USB dan buka CleanFlight Chrome untuk mulai mengkonfigurasi drone-mu. Lalu, sambungan receiver ke drone dan firing transmitter-mu. Kamu juga bisa menambahkan FPV pada proses ini.

4) Waktunya Menerbangkan

Waktunya terbang! Jika kamu telah terhubung ke kamera FPV, kamu bisa secara langsung menikmati setiap menuver penerbangan yang drone kamu lakukan. Tapi ingat, kamu juga butuh seorang teman yang menemanimu sebagai peninjau jalur terbag drone yang kamu lakukan.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: