Salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan semua perangkat DJI Phantom adalah hilangnya sinyal kamera. Masalah ini memang sering membuat para pemilik drone merasa marah karena ditakutkan ketika drone kehilangan sinyal kameranya, drone bisa menabrak sesuatu dan mengakibatkan kerusakan. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini:

Cek Remot Kontrolnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kondisi fisik pada baling-balingnya. Kerusakan fisik yang terjadi pada bagian ini tentu saja dapat menghambat transmisi sinyal yang dipancarkan ke remot kontrol. Selain kerusakan fisik, masalah transmisi sinyal juga bisa terjadi karena bagian ini kotor. Sebaiknya, kamu selalu menjaga kebersihan dari drone mu.

Periksa Pengaturan Remot Kontrol dan P3MU

Pastikan selalu bahwa frekuensi drone dan remot kontrolmu selalu sinkron. Selain soal frekuensi, hal yang bisa kamu perhatikan adalah tentang kondisi daya baterai remot kontrol dan drone mu, pastikan selalu dalam kondisi penuh. Penggunaan sinyal GPS juga mempengaruhi penggunaan daya baterai, sesuaikan pengaturan GPS yang pas dengan kondisi lingkungan terbang kamu.

Gunakan Firmware yang sesuai

Firmware adalah bagian paling penting dari drone. Jika Firmware pada drone tidak sesuai atau tidak berada dalam konsisi yang tepat, ada kemungkinan besar sistem operasi drone mu akan mengalami gangguan. Salah satu efek dari kesalahan penggunaan firmware adalah sinyal yang sering muncul dan hilang.

Oleh karena itu, perawatan dan update pada setiap software drone merupakan hal yang penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Sembarangan Menambah Aksesoris

Jangan sembarangan menambahkan aksesoris pada drone-mu. Hal ini bukannya akan membuat tampilan drone-mu menjadi lebih baik tetapi malah membuat drone menjadi tidak peka terhadap transmisi sinyal yang dikirimkan dari remot kontrol.

Penggunaan aksesoris tambahan yang sembarangan juga bisa menguras daya baterai. Jika daya baterai habis terkuras maka transmisi sinyal pun akan mengalami gangguan. Pastikan kamu hanya menggunakan aksesori asli dari DJI untuk melengkapi semua drone-drone-mu.

Gunakan Skyreat

Ini adalah sebuah program yang dapat membantu remot kontrol menjadi lebih peka dalam menangkap sinyal dan juga dapat lebih kuat dalam mentransmisikan sinyal. Penggunaan Skyreat juga dapat membuat drone-mu terbang dengan jarak maksimal.

Selain menginstal Skyreat, kamu juga harus rutin memeriksa dan merawat drone. Sinyal kamera drone bisa sewaktu-waktu hilang karena program (software dan hardware) tidak bekerja dengan baik.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: