Mencari Kata Kunci

Cari kata kunci seperti baterai dan pasang untuk menemukan topik yang Anda cari. Jika Anda menggunakan Adobe Acrobat untuk membaca dokumen ini, tekan Ctrl+F pada komputer berbasis Windows atau Command+F pada Mac untuk mulai mencari.

Baca Sebelum Melakukan Penerbangan Pertama

Baca dokumen-dokumen di bawah ini sebelum menggunakan MavicTM Pro:

  1. Mavic Pro di dalam Boks
  2. Mavic Pro Panduan Penggunaan Manual
  3. Mavic Pro Panduan Penggunaan Cepat
  4. Mavic Pro Ketentuan Lebih Lanjut dan Panduan Keamanan
  5. Mavic Pro Panduan Keamanan Baterai Terbang Pintar

Kami menyarankan kepada Anda untuk melihat semua video tutorial yang ada pada laman website resmi DJITM dan bacalah ketentuan lebih lanjut sebelum mulai menerbangkan. Persiapkan penerbangan pertama Anda dengan melakukan mereview panduan penggunaan cepat dan Panduan Penggunaan Manual untuk informasi yang lebih rinci.

Pengenalan

Profil Produk & Fitur-fitur Penting

DJI Mavic Pro adalah drone terkecil buatan DJI yang dilengkapi dengan kamera yang sangat stabil, Mode Penerbangan Pintar, dan Sistem Pengindraan Rintangan (Avoidance Obstacle) yang dikemas dalam sebuah desain yang dapat dilipat.

Mavic Pro dapat merekam video dengan kulaitas 4K dengan kamera beresolusi 12 MP, dan dilengkapi dengan ActiveTrack dan TapFly yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar bahkan di tempat yang cukup sulit

Mavic Pro dapat terbang dengan kecepatan maksimal 65 km/jam dan dapat terbang dengan durasi penerbangan maksimal selama 27 menit*.

*durasi penerbangan maksimal diuji di dalam laboratorium dengan kecepatan angin 0 dan terbang dengan kecepatan tetap yaitu 25 km/jam. Angka ini hanya berguna sebagai referensi semata.

Fitur-fitur Penting

Mavic Pro adalah sebuah aircraft yang sangat mudah dibawa kemana-mana berkat desain yang dapat dilipat miliknya.

Kamera dan Gimbal: Dengan Mavic Pro, Anda dapat merekam video hingga kualitas 4K dengan kecepatan 30 frame per detik dan dapat juga memotret dengan resolusi kamera 12 MP yang membuat semua foto yang Anda hasilkan terlihat lebih jernih dari sebellumnya. Semua fungsi ini didukung dengan Gimbal yang canggih.

Pengontrol Penerbangan: Generasi terbaru dari pengontrol penerbangan telah diperbaharui untuk menyuguhkan penerbangan yang lebih aman dan mudah. Aircraft dapat secara otomatis kembali ke home point ketika sinyal transmsisi hilang atau ketika daya baterai hampir habis. Mavic Pro juga dapat melayang di dalam ruangan dengan ketinggian rendah, aircraft ini juga dapat merasakan dan menghindari rintangan yang ada pada jalur terbangnya, untuk meningkatkan keamanan.

Downlink Video HD: Dibangun di dalam siste remot kontrol adalah sebuah teknologi OCUSYNCTM yang merupakan teknologi terbaru DJI yang mampu memperpanjang sinyal transmisi hingga 7 km dan dapat merekam video dengan kualitas 1080p.

Menyiapkan Mavic Pro

Semua lengan aircraft dilipat saat proses pengiriman. Ikuti instruksi di bawah ini untuk membuka semua lengan aircraft.

Menyiapkan Aircraft

Menyiapkan Aircraft

Lepaskan Gimbal Cover dan Gimbal Clamp dari kamera.

  • Gimbal Cover digunakan untuk melindungi gimbal. Lepaskan jika tidak diperlukan
  • Gunakan Gimbal Cover dan Gimbal Clamp untuk melindungi gimbal ketika Mavic Pro sedang tidak digunakan.

Memasang Props
Pasang props bercincin putih pada mounting base yang memiliki warna yang sama. Tekan props ke arah dalam mounting platenya dan putar putar sampai Anda yakin bahwa props sudah aman. Pasang props yang lain pada mounting base yang tidak memiliki tanda.

Memasang Props
Membuka Lengan Aircraft
1. Buka lengan depan terlebih dahulu baru disusul lengan bagian belakang seperti yang ditunjukkan pada gambar.
2. Buka props-nya

Membuka Lengan Aircraft

  • Pastikan bahwa Anda selalu membuka lengan depan terlebih dahulu baru disusul lengan belakang. Semua lengan dan dan props harus dibuka sebelum aircraft dinyalakan, atau akan menyebabkan kegagalan fungsi.

Menyiapkan Remot Kontrol
1. Buka penjepit ponsel pintar dan antenna
2. Pilihlah kaberl RC yang sesuai dengan jenis ponsel pintar yang Anda gunakan. Kabel RC kini sudah diperbaharui dan dapat mendukung penggunaan Lighting Connector, Mikro USB Standar, dan USB Type-C. Reverse Mikro USB kini juga tersedia. Masukkan ponsel pintarmu dan gunakan dengan baik-baik.

Menyiapkan Remot Kontrol

Diagram Aircraft
Diagram Aircraft
Diagram Remot Kontrol
Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol

Aircraft

Profil Aircraft
Aircraft Mavic Pro terdiri dari pengendali penerbangan, downlink video, sistem propulsion, dan sebuah baterai terbang pintar. Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai pengontrol penerbangan, downlink video, dan komponen-komponen lain pada aircraft.
Mode Penerbangan

Berikut ini adalah mode penerbangan yang tersedia pada Mavic Pro:

Mode P (Positioning): Mode P ini sangat sesuai digunakan ketika ada sinyal GPS yang kuat. Aircraft menggunakan GPS dan Sistem Forward dan Downward Vision untuk menentukan lokasinya, menstabilkan penerbangan, dan menavigasi melewati rintagan. Fitur tambahan seperti TapFly dan ActiveTrack bisa digunakan pada mode ini.

Ketika Sistem Forward Vision aktif dan kondisi cahaya mencukupi, sudut ketinggian terbang maksimal adalah 160 dengan kecepatan terbang maksimal 36 km/jam. Ketika sistem pengindra rintangan tidak aktif, sudut ketinggian terbang maksimal adalah 250 dengan kecepatan terbang maksimal 58 km/jam.

Ketika sinyal GPS lemah dan kondisi cahaya terlalu gelap untuk Sistem Forward dan Downward Vision, aircraft hanya akan menggunakan barometernya untuk menentukan posisi terbangnya.

Catatan: Mode P ini memerlukan gerakan tuas remot kontrol yang besar untuk dapat mencapai kecepatan maksimal

Mode S (Sport): Aircraft menggunakan GPS untuk menentukan posisi terbangnya. Ketika Sistem Forward dan Downward Vision tidak aktif, aircraft tidak akan dapat memindai dan menghindari rintangan pada Mode S ini. Fungsi Ground Station dan Penerbangan Pintar juga tidak aktif pada Mode S ini.

Catatan: Pada Mode ini respon aircraft untuk kecepatan dan kelincahan dimaksimalkan, artinya sedikit gerakan pada tuas remot kontrol akan menghasilkan gerakan aircraft yang sangat jauh. Jadi berhati-hatilah ketika menerbangkan.

Indikator Status Penerbangan

Mavic Pro punya LED depan dan Indikator Status Aircraft. Posisi dari LED ini ditunjukkan pada gambar berikut:

Indikator Status Penerbangan

LED depan menunjukkan arah dari aircraft. LED depan akan menyala merah ketika aircraft dinyalakan yang berfungsi menunjukkan bagian nose (depan) dari aircraft (LED dapat dimatikan dengan menggunakan aplikasi DJI GO 4). Indikator status aircraft menunjukkan kondisi dari sistem status dari pengontrol penerbangan. Baca tabel berikut ini untuk informasi lebih lanjut mengenai Indikator Status Aircraft.

Penjelasan Indikator Status Aircraft
Penjelasan Indikator Status Aircraft
Return-to-Home (RTH)
Return-to-Home (RTH)
Failsafe RTH
Jika home point berhasil direkam dan kompas berfungsi normal, Failsafe RTH akan secara otomatis aktif ketika remot kontrol kehilangan sinyal selama lebih dari 3 detik atau seama 20 detik jika menggunakan Wi-Fi. Returun-to-Home dapat dibatalkan oleh pilot, yang membuatnya dapat mengontrol aircraft lagi segera setelah sinyal dapat distabilkan kembali.
Failsafe Illustration
Failsafe Illustration
Smart RTH

Gunakan tombol RTh pada remot kontrol atau ketuk ikon RTH pada DJI GO 4 dan ikuti instruksi yang muncul pada layar ketika sinyal GPS aktif untuk memulai proses Smart RTH. Indikator Status RTH akan berkedip menunjukkan status saat itu. Aircraft akan dapat merasakan dan mengindari rintangan yang ada di jalur terbangnya selama Smart RTH aktif. Aircraft dapat memilih apakah bagaimana akan melayang atau terbang mengindari rintangan. Pilot hanya dapat menavigasi aircraft secara manual untuk menghindari rintangan jika Sistem Forward Vision tidak aktif atau kondisi pencahayaan sangat rendah. Pilot juga dapat mendadak membatalkan fungsi Smart RTH dengan menggunakan Tombol Flight Pause pada remot kontrol atau mengetuk ikon Stop yang ada pada aplikasi DJI GO 4.

Landing Protecion akan aktif selama proses Smart RTH, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Ketika Landing Protection mendeteksi permukaan tanah yang sesuai untuk mendarat, maka Mavic Pro akan mendarat dengan lembut
  2. JIka Landing Protection mendeteksi permukaan tanah yang tidak sesuai untuk mendarat, maka Mavic Pro akan melayang-layang dan menunggu konfirmasi dari pilot
  3. Jika Landing Protection tidak beroperasi, aplikasi DJI GO 4 akan menunjukkan permukaan tanah ketika Mavic Pro terbang setengah meter di atas permukaan tanah. Tarik tuas remot kontrol ke bawah untuk mendaratkan Mavic Pro.
Low Battery RTH

Fungsi ini aktif ketika Baterai Terbang Pintar DJI anjlok ke titik terendah yang bisa menyebabkan terganggunya keamanan aircraft ketika kembali ke home point. Anda disarankan untuk menerbangkan aircraft kembali ke home point segera setelah peringatan ini muncul. Aplikasi DJI GO 4 akan menunjukkan peringatan jika tidak ada perintah yang diberikan selama 10 detik. Anda dapat membatalkan fungsi ini dengan menekan tombol RTH yang ada pada remot kontrol.

Aircraft akan mendarat otomatis jika daya baterai hanya cukup untuk membuatnya mendarat dari ketinggian terbangnya saat itu. Anda dapat menggunakan remot kontrol untuk mengontrol arah terbang aircraft selama proses pendaratan.

Indikator daya baterai ditampilkan pada aplikasi DJI GO 4, dan berikut adalah penjelasannya.

Low Battery RTH  Low Battery RTHLow Battery RTH

Precision Landing

Mavic Pro secara otomatis melakukan pemindaian dan mencoba menyesuaikan permukaan tanah yang ada di bawahnya ketika menjalankan prosedur RTH. Ketika sudah menemukan permukaan tanah yang sesuai, Mavic akan segera mendarat untuk segera mendapatkan pendaratan yang presisi. Aplikasi DJI GO 4 akan menunjukkan gambar permukaan tanah jika proses penyesuaian gagal.

Precision Landing

Peringatan Keamanan RTH
Peringatan Keamanan RTH Peringatan Keamanan RTH
Menghindari Rintangan Selama RTH

Aircraft sekarang dapat merasakan dan mencoba secara efektif menghindari rintangan selama proses RTH, dengan didukung oleh kondisi pencayahaan yang mencukupi bagi Sistem Forward Vision. Ketika mendeteksi rintangan, aircraft akan melakukan hal-ha berikut ini:

  1. Aircraft akan terbang menurun jika sebuah rintangan direasakan berada pada jarak 15 meter di depan
  2. Aircraft akan berhenti dan melayang lalu akan naik secara vertikal untuk menghindari rintangan. Aircraft akan berhenti naik ketika sudah berada kurang lebih 5 meter di atas rintangan yang terdeteksi.
  3. Prosedur RTH berlanjut. Aircraft akan terus terbang ke home point pada ketinggiannya.

Menghindari Rintangan Selama RTH

TapFly

Dengan fungsi TapFly, Anda dapat menerbangkan aircraft ke manapun Anda mau dengan hanya sebuah sentuhan pada layar ponsel Anda ketika sedang mengaktifkan aplikasi DJI GO 4. Aircraft akan secara otomatis terbang menghindari rintangan yang terlihat atau melakukan pengereman lalu melayang-layang jika kondisi cahaya mencukupi.

Menggunakan TapFly
Pastikan bahwa daya baterai terbang pintar lebih dari 50% dan aircraft berada pada Mode P. Kemudian ikuti instruksi di bawah ini untuk menggunakan TapFly:

Menggunakan TapFly

Menggunakan TapFly Menggunakan TapFly Keluar dari TapFly

ActiveTrack

Fungsi ini mengizinkan Anda untuk menandai dan melacak obyek yang ada pada layar ponsel pintar Anda. Aircraft akan secara otomatis menghindari rintangan yang ada pada jalur terbangnya. Anda tidak memberlukan alat pelacak eksternal untuk menggunakan fungsi ini.

Mavic Pro dapat secara otomatis mengidentifikasi dan melacak sepeda atau kendaraan lain, manusia dan hewan, dan beberapa obyek lainnya.

Menggunakan ActiveTrack
Pastikan daya baterai terbang pintar lebih dari 50% dan aircraft berada pada Mode P. Kemudian ikuti instruksi di bawah ini untuk bisa menggunakan ActiveTrack:

Menggunakan ActiveTrack Menggunakan ActiveTrack Menggunakan ActiveTrack Mematikan fungsi ActiveTrack

Mode Gesture

Pada mode ini, Sistem Vision pada Mavic mecoba mengenali gerakan pada obyek, usaha ini membuat Mavic dapat terbang mengikuti dan mengambil foto selfie tanpa harus menggunakan ponsel pintar maupun remot kontrol. Ikuti instruksi berikut ini untuk menggunakan Mode Gesture:

Mode Gesture

Mode Tripod

Ketuk ikon pada DJI GO 4 untuk mengaktifkan Mode Tripod. Pada Mode Tripod, kecepatan maksimal dibatasi menjadi 3,6 km/jam. Tingkat keresponsifan tuas remot juga dikurangi menjadi lebih lembut untuk bisa menghasilkan gerakan yang lebih baik.

  • Hanya gunakan Mode Tripod ketika sinyal GPS kuat atau kondisi pencayaan sesuai untuk sistem vision. Jika sinyal GPS hilang dan jika sistem vision tidak berfungsi, aircraft akan secara otomatis berganti ke mode atti. Jika hal ini terjadi, kecepatan akan meningkat dan aircraft tidak dapat melayang di tempat. Gunakan Mode Tripod ini dengan ekstra hati-hati.
Mode Terrain Follow

Mode ini menggunakan sistem downward vision untuk menjaga ketinggian di atas permukaan tanah ketika terbang dengan ketinggian 1 sampai 13 meter. Mode ini didesain pada permukaan berumput dengan sudut kemiringan permukaan tanah tidak lebih dari 200. Aktifkan Mode Terrain Follow ini dengan mengetuk Mode Penerbangan Pintar yang ada pada aplikasi DJI GO 4. Ketika mode ini aktif, ketinggian aircraft pada saat itu akan direkam. Aircraft akan menjaga ketinggian terbangnya dan akan terbang naik jika kemiringan permukaan tanah berubah. Namun, aircraft tidak dapat terbang turun ketika terbang di atas permukaan tanah yang miring ke bawah.

  • Penting bagi Anda ingat bahwa selalu terbanglah pada kondisi di mana Vision Position System dapat berfungsi dengan benar; jika tidak Mode Terrai Follow ini tidak akan bekerja.
Mode Cinematic
Ketuk Mode Penerbangan Pintar yang ada pada DJI GO 4 untuk mengaktifkan mode ini. Pada Mode Cinematic ini, jarak pengereman akan ditambah. Aircraft akan terbang dengan pelan hingga pada akhirnya berhenti, berusaha untuk menjaga kualitas gambar yang direkam agar tidak terlalu jelek.
Mode Fixed-Wing

Aircraft akan terbang ke depan secara otomatis pada kecepatan tertentu ketika masuk ke Mode Fixed-Wing ini. Dorong tuas remot kiri ke atas untuk terbang naik dan ke bawah untuk turun. Dorong tuas –baik tuas remot kanan maaupun kiri- untuk memutar aircraft. Mendorong tuas remot kontrol ke atas akanmenambah kecepatan dan mendorongnya ke bawah akan menonaktikfkan Mode Fixed-Wing.

Pada aplikasi DJI GO 4, ketuk ikon (sinyal) dan aktifkan Mode Fixed-Wing. Dorong tuas remot sebelah kanan ke atas sampai ikon C1 muncul, lalu tekan tombol C1 yang ada pada remot kontrol untuk masuk ke Mode Fixed-Wing ini. Dorong tuas remot kanan ke bawah atau tekan tombol C2 pada remot kontrol untuk menonaktifkan Mode Fixed-Wing.

  • Dorong tuas remot kontrol kanan ke atas hingga kecepatan mencapai 3m/s atau lebih untuk masuk ke Mode Fixed-Wing. Jangan memindahkan tuas ke arah lain.
  • Kecepatan penerbangan tidak dapat dikurangi ketika menggunakan Mode Fixed-Wing. Anda hanya dapat menekan tuas remot kontrol kanan untuk akselerasi. Mendorong tuas remot kanan ke bawah akan mematikan Mode Fixed-Wing.
  • Mode Penerbangan Pintar lainnya dan Mode portrait tidak akan aktif ketika menggunakan Mode Fixed-Wing
Sistem Forward dan Downward Vision

Mavic Pro dilengkapi dengan Sistem Forward dan Downward Vision yang secara terus-menerus melakukan pemindaian terhadap rintangan yang ada di depannya, yang membuat Mavic dapat menghindari adanya tabrakan dengan permukaan tanah dan mampu terbang melayang. Sistem Downward Vision menggunakan sistem ultrasonik dan penggambaran data untuk membatu aircraft menjaga ketinggian terbangnya. Dengan bantuan sistem ini, Mavic dapat terbang melayang dengan keakuratan tinggi dan terbang di dalam ruangan di mana sinyal GPS tidak tersedia. Ada beberapa komponen utama pada Sistem Forward dan Downward Vision ini yang terletak pada bagian nose (depan) dan bawah aircraft; komponen ini termasuk [1] [2] empat sensor monocular dan [3] dua sensor ultrasonic.

Sistem Forward dan Downward Vision

Jangkauan Pendeteksian
Jangkauan pendeteksian dari Sistem Forward dan Downward Vision dijelaskan dalam gambar berikut. Perlu Anda ingat bahwa aircraft tidak dapat merasakan dan menghindari rintangan di luar jarak pendeteksian ini.

Jangkauan Pendeteksian

Sensor Pengkalibrasian
Kamera Sistem Forward dan Downward Vision yang dipasang pada aircraft telah dikalibrasi saat pengiriman. Namun, kamera ini rentan terhadap benturan keras dan akan membutuhkan pengkalibrasian tambahan dengan menggunakan DJI Assisant 2 atau DJI GO 4. Ikuti instruksi di bawah ini untuk mengkalibrasikan kamera.

Sensor Pengkalibrasian

Ulangi langkah di atas untuk mengkalibrasikan kamera Sistem Downward Vision.

Pengkalibrasian Cepat
Gunakan pengkalibrasian cepat ketika muncul pemberitahuan pada DJI GO 4 yang menandakan bahwa pengkalibrasian sensor vision diperlukan. Ketuk “Aircraft Status” > “Vision Sensor” > untuk memulai pengkalibrasian cepat.

  • Pengkalibasian cepat ini digunakan untuk memperbaiki masalah pada sensor vision. Sambungkan aircraft ke komputer Anda untuk melakukan pengkalibrasian penuh dengan menggunakan DJI Assistant 2. Hanya lakukan pengkalibrasian ketika kondisi cahaya memungkinkan dan berada di permukaan bertekstur.
  • Jangan lakukan pengkalibrasian di permukaan yang memantulkan cahaya seperti di lantai berkeramik.
Menggunakan Sistem Downward Vision

Sistem ini aktif secara otomatis begitu aircraft dinyalakan. Tidak perlu tindakan khusus untuk mengaktifkannya. Sistem Downward Vision ini kebanyakan digunakan ketika terbanggg di dalam ruangan di mana sinyal GPS tidak tersedia. Ketika menggunakan sistem ini, aircraft dapat melayang dengan keakuratan tinggi bahkan tanpa sinyal GPS.

Menggunakan Sistem Downward Vision

Ikuti instruksi berikut ini untuk bisa menggunakan Sistem Downward Vision ini:
1. Pastikan aircraft pada Mode P
2. Letakkan aircraft pada permukaan yang datar. Perlu Anda ingat bahwa sistem ini tidak dapat bekerja pada permukaan yang tidak memiliki pola yang jelas.
3. Nyalakan aircraft. Indikator status aircraft akan menyala hijau dua kali, yang menandakan bahwa sistem ini siap digunakan. Dengan lembut dorong tuas remot kontrol sebelah kiri untuk mulai menerbangkan aircraft dan membuatnya melayang di tempat.

Bantuan Pengereman dari Sistem Forward Vision
Ditenagai dengan Sistem Forward Vision, aircraft dapat secara aktif melakukan pengereman ketika ada rintangan yang terdeteksi. Sistem Forward dan Downward Vision bekerja baik jika kondisi cahaya mencukupi dan rintangan terlihat jelas. Aircraft harus terbang dengan kecepatan 36 km/jam untuk bisa melakukan fungsi ini.

Bantuan Pengereman dari Sistem Forward VisionBantuan Pengereman dari Sistem Forward Vision

Perekam Penerbangan
Data penerbangan secara otomatis direkam pada penyimpanan internal aircraft. Data ini termasuk telemeteri penerbangan, informasi status aircraft, dan parameter lain. Untuk mengakses data ini, sambungkan aircraft ke PC dengan menggunakan kabel mikro USB.
Memasang dan Melepas Props

Pastikan Anda hanya menggunakan props yang sesuai dengan Mavic Pro. Props dengan lingkaran putih dan tak bertanda menunjukkan di mana mereka seharusnya dipasang dan arah mana mereka berputar.

Memasang dan Melepas Props

Memasang Props
Pasangkan props dengan lingkaran putih pada mounting base yang ada warna putihnya. Tekan props ke bawah pada mounting platenya lalu putar untuk menguncinya. Pasang props lain pada mounting base yang tak bertanda. Buka semua propnya.

Memasang Props

Melepas Props
Tekan props ke bawah pada mount basenya lalu putar ke arah buka kunci.

  • Berhati-hatilah karena mata props yang tajam
  • Hanya gunakan props asli dari DJI. Jangan mencampur dengan props lain
  • Jaga jarak dari mesin dan JANGN menyentuh props ketika sudah berputar
  • Periksa apakah props terpasang pada mesin dengan sempurna
  • Pastikan props dalam kondisi bagus. JANGAN gunakan props yang sudah rusak dan laa
  • Untuk menghindari terjadinya luka, JAGA JARAK dan JANGAN menyentuh props ketika sudah berputar
  • HANYA gunakan props DJI untuk pengalaman terbang yang lebih seru.
Baterai Terbang Pintar

Baterai Terbang Pintar DJI ini mempunyai kapasitas 3830 mAh, dan voltasi 11.4 V dengan fungi smart charge. Baterai ini hanya bisa diisi ulang dengan pengisi daya asli dari DJI.

Baterai Terbang Pintar

  • Baterai terbang pintar harus diisi penuh sebelum digunakan kali pertama

Fungsi-fungsi pada Baterai Terbang Pintar DJI

  1. Display Daya Baterai: Indikator LED menampilkan daya baterai saat ini
  2. Fungsi Auto-Discharge: Untuk mencegah penggelembungan baterai, baterai terbang pintar DJI akan secara otomatis melakukan discharge daya baterai di bawah 65% ketika baterai tidak digunakan selama 10 hari. Butuh waktu dua har untuk men-discharge baterai hingga dayanya 65%. Dan merupakan hal yang normal jika suhu baterai menjadi terasa lebih panas.
  3. Balanced Charging: Secara otomatis menyeimbangkan voltasi pada tiap sel baterai ketika mengisi daya
  4. Perlindungan Overcharge: Pengisian daya otomatis berhenti ketika daya baterai sudah penuh
  5. Pendeteksi Suhu: Baterai tidak akan bisa diisi ulang jika suhunya di bawah 50C atau di atas 400C
  6. Perlindungan Over Current: Baterai akan berhenti mengisi ulang jika arus tinggi (lebih dari 8.5A ) terdeteksi
  7. Perlindungan Iver Discharge: Untuk mencegah bahaya karena over-discharge, discharging otomatis berhenti
  8. Perlindungan Arus Pendek: Secara otomatis menghentikan pengisian day ajika arus pendek terdeteksi
  9. Perlindungan Bahaya Sel Baterai: Aplikasi DJI GO 4 akan menampilkan sebuah pesan peringatan ketika terjadi bahaya pada  sel baterai
  10. Mode Sleep: Untuk menyimpan daya, baterai akan berhenti mengisi ulang dan masuk ke Mode Sleep setelah 20 menit tidak digunakan
  11. Communication: Informasi mengenai voltasi baterai, kapsitas, suhu, dll, ditransmisikan ke pengontrol penerbangan aircraft
  • Baca Panduan Keamanan Penggunaan Baterai Terbang Pintar Mavic Pro sebelum menggunakan. Anda bertanggung jawab penuh untuk semua kerusakan.

Menggunakan Baterai

Menggunakan Baterai

Menyalakan / Mematikan Baterai

Menyalakan Baterai: Tekan tombol power sekali, tekan lagi dan tahan selama 2 detik. Status sistem remot kontrol akan menunjukkan daya baterai

Mematikan Baterai: tekan tombol power sekali, tekan lagi dan tahan selama 2 detik untuk mematikan daya baterai.

Peringatan Suhu Rendah

  1. Daya baterai secara signifikan berkurang ketika terbang di lingkungan bersuhu rendah (-100C sampai 50C)
  2. Baterai tidak dapat digunakan pada suhu sangat ekstrim (> -100C)
  3. Sudahi penerbangan ketika DJI GO 4 menampilkan peringatan Low Battery Level pada lingkungan bersuhu rendah
  4. Letakkan baterai di dalam ruangan selalu untuk menjaga suhunya sebelum digunakan di tempat bersuhu rendah
  5. Untuk memastikan suhu baterai tetap optimal, jaga suhu baterai selalu di atas 200C
  • Di lingkungan yang dingin, masukkan baterai pada kompartemennya dan nyalakan aircraft selama kurnag lebih 1-2 menit untuk memanaskan baterai sebelum mulai lepas landas.

Memeriksa Daya Baterai

Indikator Daya Baterai menunjukkan seberapa daya yang tersisa. Ketika baterai dimatikan, tekan tombol power sekali, Indikator Daya Baterai akan menyala untuk menampilkan daya baterai yang masih tersisa. Lihat tabel di bawah ini untuk informasi lebih detil.

Memeriksa Daya Baterai

Mengisi Daya Baterai Terbang Pintar

  1. Sambungkan pengisi daya baterai dengan sumber daya listrik (100 – 240V / 50/60Hz)
  2. Sambungkan baterai ke pengisi daya untuk mulai mengisi day
  3. Indikator Daya Baterai akan menunjukkan daya baterai saat pengisian ulang
  4. Baterai Terbang Pintar terisi penuh ketika semua Indikator Daya Baterai semuanya mati Lepaskan baterai dari pengisi daya
  5. Biarkan suhu baterai sama dengan suhu ruangan sebelum menyimpanny dalam waktu lama
  6. Pengisi daya akan berhenti mengisi day ajika suhu sel baterai tidak berada di suhu pengoperasian (50C sampai 400C)

Mengisi Daya Baterai Terbang Pintar Tampilan LED Proteksi Baterai

Remot Kontrol

Profil Remot Kontrol
Remot kontrol Mavic Pro merupakan sebuah alat komunikasi multi fungsi yang dilengkapi dengan teknologi wireless yang terintegrasi dengan sistem downlink video dan sistem pengendali aircraft. Sistem ini beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz. Remot kontrol ini mempunyai beberapa fitur pengontrolan kamera seperti menampilkan kembali foto dan video yang sudah direkam dan mengontrol gimbal. Tingkat daya baterai ditampilkan dalam layar LCD yang ada pada remot kontrol.
Menggunakan Remot Kontrol

Menyalakan / Mematikan Remot Kontrol

Remot kontrol Mavic Pro ditenagai dengan baterai 2S yang dapat diisi ulang berkapasitas 2970mAh. Ikuti instruksi berikut ini untuk menyalakan remot kontrol:

  1. Ketika remot kontrol dalam keadaan mati, tekan Tombol Power sekali. Layar LCD akan menampilkan tingkat daya baterai
  2. Tekan sekali lagi dan tahan Tombol Power pada remot kontrol
  3. Remot kontrol akan mengeluarkan suara beep yang menandakan bahwa dia sudah menyala
  4. Ulangi langkah nomer 2 ketika akan mematikan remot kontrol

Menyalakan / Mematikan Remot Kontrol

Mengisi Daya Remot Kontrol
Isi daya remot kontrol dengan menggunakan Pengisi Daya yang sesuai. Lihat gambar di bawah ini untuk informasi lebih detil.

Mengisi Daya Remot Kontrol

Mengontrol Kamera
Rekam video atau ambil foto, dan sesuaikan pengaturan kamera Anda dengan menggunakan Tombol Rana, Tombol Perekam, dan Papan Pengaturan Kamera yang ada pada remot kontrol.

Mengontrol Kamera

1. Papan Pengontrol Kamera
Gunakan Papan Pengaturan Kamera ini untuk mengatur beberapa fungsi seperti ISO, Kecepatan Rana, tanpa harus melepas remot kontrol

2. Tombol Rana
Tekan untuk mengambil foto. Jika Mode Burst aktif, beberapa foto akan diambil ketika sekali Anda menekan tombol ini.

3. Tombol Perekam
Tekan sekali untuk memulai merekam video, tekan lagi untuk mengakhirinya.

4. Papan Pengontrol Gimbal
Berfungsi untuk mengontrol kemiringan gimbal

Mengontrol Aircraft
Bagian ini menjelaskan bagaimana mengontrol arah dari aircraft dengan menggunakan remot kontrol. Remot kontrol dapat diatur pada Mode 1, Mode 2, atau Mode 3 (Mode Kustom).

Mengontrol Aircraft Mengontrol Aircraft Mengontrol Aircraft Mengontrol Aircraft Tombol Mode Penerbagan

Mode Master dan Slave Remot Kontrol

Dengan firmware Mavic Pro terbaru versi 01.03.0400 dan versi baru aplikasi DJI GO 4 untuk iOS v4.0.5 dan Android v4.0.5, Anda bisa menggunakan Mode Master dan Slave Remot Kontrol dengan Mavic Pro.

Kedua remot ini, Master dan Slave, dapat mengontrol arah trbang dari aircraft dan gerakam gimbal serta kamera setelah remot kontrol di-binding-kan ke aircraft.

Mode Master dan Slave Remot Kontrol

Perhatikan beberapa ketentuan berikut ini untuk perbedaan pengoperasian antara Master dan Slave Remot Kontrol:

1. Papan Gimbal
Kedua remot kontrol, Master dan Slave, dapat mengontrol gimbal tapi Master Remot yang menjadi prioritasnya. Sebagai contohnya, Slave Remot Kontrol tidak dapat mengontrol gimbal ketika Master Remot sedang digunakan mengontrol Gimbal. Namun, setelah berhenti mengontrol gimbal selama 2 detik, Slave Remot Kontrol dapat mengontrol gimbal.

2. Tuas Remot
Kedua remot kontrol, Master dan Slave, dapat mengontrol arah terbang dari aircraft dengan menggunakan tuas remot kontrol. Master Remot tetap menjadi prioritas utama pengontrol penerbangan. Slave Remot Kontrol tidak dapat mengontrol arah penerbangan ketika Master Remot sedang menggunakan tuas remot kontrol. Ketika tuas remot tidak digunakan selama dua detik, Slave remot kontrol baru bisa menggunakan tuas remot kontrol untuk mengontrol arah terbang.

Untuk memastikan keamanan penerbangan, ketika menarik tuas remot di Slave Remot, dorong kedua tuas remot ke bawah dan ke dalam. Ketika Master remot kontol sedang mengontrol aircraft, aircraft tidak akan merespon perintah yang diberikan Slave remot, bahkan ketika Master Remot sedang tidak aktif selama lebih dari 2 detik.

Tuas Slave remot perlu dilepas lebih dahulu agar Slave Remot dapat mengontrol aircraft.

3. Mengganti Mode Penerbangan
Hanya gunakan Master Remot untuk mengganti mode penerbangan. Slave Remot kontrol tidak bisa mengganti mode penebangan

4. Pengaturan Aplikasi SJI GO 4
Tampilan dan pengaturan parameter untuk Master dan Slave Remot Kontrol pada DJI GO 4 sama. Semuanya kecuali pengontrol penerbangan, sistem vision, transmisi video, Baterai Terbang Pintar, dan parameter gimbal tidak bisa diatur dengan menggunakan Slave Remot Kontrol.

Linking / Menyambungkan Remot Kontrol

Linking / Menyambungkan Remot Kontrol

Kamera dan Gimbal

Kamera

Profil Kamera
Kamera on-board menggunakan sensor CMOS 1/2.3 inchi untuk dapat merekam video hingga kualitas 4K dengan kecepatan 30fps dan dapat memotret dengan resolusi kamera 12MP. Anda bisa memilih format video yang Anda rekam baik MOV amupun MP4. Ada beberapa mode pengambilan gambar seperti burst, continuous, dan mode interval. Tayangan langsung dari apa-apa saja yang dilihat kamera dapat dilihat dengan ponsel pintar Anda ketika mengaktifkan DJI GO 4.

Slot Kartu Memori Kamera
Untuk menyimpan semua foto dan video, masukkan kartu memori pada slot yang tersedia, seperti pada gambar di bawah ini, sebelum menyalakan Mavic Pro. Mavic pro dilengkapi dengan kartu memori berkapasitas 16GB dan dapat diganti dengan kartu memori lain berkapasitas maksimal 64GB. Disarankan kepada Anda untuk menggunakan kartu memori UHS-1 agar dapat menyimpan semua data Anda dengan cepat.

Slot Kartu Memori Kamera

  • Jangan melepas kartu memori ketika Mavic Pro dalam kondisi menyala
  • Untuk memastikan kestabilan sistem kamera, durasi perekaman video dibatasi hanya selama 30 menit.

Port Data Kamera

Nayalakan Mavic Pro dan sambungkan ke komputer Anda dengan menggunakan kabel USB untuk memindahkan semua foto dan video yang sudah Anda simpan.

Port Data Kamera

  • Aircraft harus dinyalakan sebelum Anda bisa mengakses file pada kartu memori
Gimbal

Profil Gimbal
Gimbal 3-axis mampu menyuguhkan kestabilan penuh terhadap kamera, yang membuat Anda dapat mengambil gambar dengan lebih jernih dan lebih bagus. Gimbal dapat memiringkan kamera hingga 1200.

Profil Gimbal

Gunakan papan pengontrol imbal yang ada pada remot kontrol untuk mengontrol kemiringan kamera, atau Anda juga bisa membuka laman Camera pada aplikasi DJI GO 4, lalu ketuk dan tahan layar sampai muncul lingkaran biru, selanjutnya seret lingkaran biru tersebut untuk mengontrol kemiringan kamera.

Jangkauan kontrol kemiringan gimbal antara 00 sampai 900, yang membuat Anda dapat mengambil gambar dalam Mode Portrait maupun Mode Landskap. Sumbu gimbal bisa berputar hingga 900 ketika Mode Portrait aktif.

  • Disarankan kepada Anda utnuk menggunakan Mode Portrait untuk mengambil gambar saja, bukan untuk merekam video. Ketika aircraft terbang turun karena terjadi sesuatu misalnya adanya pengereman mendadak atau terbang dalam Mode S, sumbu gimbal akan berada pada end point nya dan mengakibatkan gimbal bergetar.

Mode Pengoperasian Gimbal
Ada dua macam mode pengoperasian gimbal yang tersedia. Anda bisa memilih salah satu untuk mengoperasikan kamera dengan menggunakan aplikasi DJI GO. Catatan: ponsel pintar Anda harus tersambung dengan remot kontrol agar bisa menggunakan fitur ini. Lihat tabel berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Mode Pengoperasian Gimbal