fbpx

Dinas Potensi Olahraga (DISPOTDIRGA) bersama dengan TNI-AU menyelenggarakan Lomba Drone Kasau CUP 2019 pada 16 Maret 2019 lalu yang bertujuan untuk meningkatkan ketangkasan para pilot drone di tanah air. Kasau CUP diadakan di lapangan Mabes AU Aldiron Jakarta Selatan.

Selain Kasau CUP 2019, Pameran Teknologi Drone juga diadakan dan dibuka untuk umum dan para pecinta Drone dari seluruh penjuru Indonesia. Acara ini pun menjadi ajang gathering komunitas-komunitas Drone yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi media untuk menyebarluaskan regulasi-regulasi penerbangan Drone di Indonesia. Beberapa komunitas yang turut memeriahkan acara ini seperti DJI Wook, IDRF, Candi, JSP, Multirotor Jogja, Batavia Drone Community, SkyGrapher, DJI Spark, Drone Depok dan banyak komunitas lainnya.

Dalam Kasau CUP 2019, lomba Drone Multirotor dibagi kedalam 3 kategori lomba, yaitu:

  1. DJI Challenge
  2. SYMA Games
  3. Aerial Photo

Jogja Sky telah mewawancarai salah seorang peserta yang mengikuti Kasau CUP 2019, yaitu Krispatje. Krispatje mengikuti Kasau CUP 2019 mewakili komunitas Multirotor Jogja yang merupakan bagian dari Drone Multirotor DIY.

Menurut Krispatje, DJI Challenge pada Kasau CUP 2019 merupakan kategori lomba yang paling bergengsi di antara kategori lainnya. Karena pada DJI Challenge, standar penilaian lebih tinggi dibanding kategori lomba lainnya. Dalam kategori Lomba DJI Challenge, peserta tidak hanya diminta untuk menunjukkan kemampuan menerbangkan Drone, namun juga kemampuan berkompetisi secara Head-To-Head mulai dari babak penyisihan sampai Final. Tentunya kemampuan mengelola emosi sangat penting jika berhadapan secara langsung dengan lawan supaya tidak terpengaruh tekanan dari luar baik dari peserta maupun penonton. Pada lomba ini, ia menggunakan Drone DJI Phantom 4 Advanced dan berhasil mendapatkan Juara 1 yang diikuti oleh puluhan pilot dari seluruh penjuru Indonesia.

Krispatje juga merasa berterima kasih kepada JogjaSky sebagai salah satu sponsor yang ikut berpartisipasi atas kesuksesan acara ini. “Harapan buat kedepannya, semoga bisa mendukung potensial pilot yang berlaga di setiap kompetisi yang ada” Ujar Krispatje kepada JogjaSky. Ia dan teman-teman komunitas Drone Yogyakarta berharap supaya acara dan kompetisi yang serupa dengan Kasau CUP 2019 bisa diadakan di Yogyakarta. Menurut Krispatje, pihak TNI AU yang diwakili Dan Lanud juga siap mendukung penuh acara ini.

Bagaimana menurut kalian, pilots? Apakah kompetisi drone seperti Kasau CUP dan pameran teknologi drone akan banyak diminati di Yogyakarta? Berikan opini di kolom komen di bawah!

Ikuti kami pada facebook twitter instagram

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: