Teknologi drone memang mampu menghadirkan berjuta kegembiraan, tetapi perlu kehati-hatian. Terutama sekali jika kamu tinggal di kota besar yang sangat jarang memiliki tempat terbuka. Memang sih, beberapa drone sudah dilengkapi dengan flight simulator. Namun, tetap saja hal ini tidak banyak membantumu untuk peka terhadap ruang.

Itulah yang menjadi dasar Epson meluncurkan Epson Moverio, sebuah aplikasi augmented reality (AR) pertama di dunia. Moverio ini berbentuk kacamata yang merupakan proyek kerja sama DJI sebagai perusahaan drone dan pencitraan udara terbaik di dunia dan Epson sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan inovasi teknologi.

Teknologi AR ini berbentuk smart glasses bernama Epson Moverio BT-300 (FPV/Drone Edition) yang dikembangakan bersama Y Media Labs.

Seperti Apa?

Aplikasi ini membuatmu mampu menerbangkan drone berbentuk digital 3D di dunia nyata dengan menggunakan pengontrol penerbangan dari drone-drone terbaru DJI. DJI drone yang kompatibel dengan Epson Moverio  ini misalnya Mavic Pro, Phantom 4, Inspire 2, dan Spark.

Aplikasi ini mensimulasikan apapun yang kamu lihat di dunia nyata, termasuk semua gerakan yang ada pada Mavic Pro. Hal ini tentunya dapat digunakan oleh pilot baik pemula maupun yang sudah berpengalaman untuk semakin mempertajam kemampuan mereka.

“Augmented reality ini dibuat sebagai sebuah langkah revolusioner dari industri (drone) agar lebih aman dan mampu terbang lebih produktif,” ungkap Romsin Oushana bagian kerja sama DJI.

Beda dengan Simulator

Pada prinsipnya, Epson Moverio ini sama seperti simulator biasa. Bedanya, dengan teknologi smart glasses kamu benar-benar bisa merasa sedang menerbangkan drone sungguhan. Kamu juga bisa menggunakan Mode Penerbangan yang ada pada DJI drone. Lebih lagi, ada dua mini-game yang disediakan khusus untuk pilot yang sudah berpengalaman.

“Kemampuan secara digital untuk ‘paint the sky’ seperti yang Epson lakukan adalah sebuah cara untuk mengubah arah industri drone agar lebih baik lagi. Kami sangat terkesan dengan teknologi SDK milik DJI dan terus berusaha mengembangkan aplikasi apa saja yang bisa sesuai dengannya,” ujar Eric Mizufuka, Manager Epson Amerika.

Semua fitur yang ada pada aplikasi AR Epson Moverio ini didesain untuk meningkatkan keamanan, produktivitas, dan kapabilitas dari DJI Drone baik untuk penghobi maupun profesional. Rencananya teknologi canggih ini akan mulai dipasarkan pada akhir tahun ini.

 

 

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: