Rumor beredar semakin kencang tentang akan kemungkinan akan dirilisnya produk terbaru DJI: Phantom 5. Di Internet, para Netizen sudah sangat ramai membicarakan rumor kemunculan DJI Phantom 5 ini lengkap dengan segala macam spesifikasi dan kemampuan yang mungkin akan disematkan pada drone ini.

Selain itu, yang tak kalah ramai diperbincangkan adalah tentang tanggal rilis. Banyak Netizen yang berpendapat bahwa Phantom 5 ini akan dilluncurkan pada April tahun depan yang bertepatan dengan ulang tahun Phantom 4. Desas-desus ini sangat kencang berhembus, mengingat bahwa pada tahun ini saja DJI telah meluncurkan setidaknya 3 produk baru: DJI Mavic Pro Platinum, Phantom 4 Pro Obsidian, dan Zenmuse X7.

Banyak pilot yang menaruh harapan tinggi akan kemampuan dan spesifikasi dari DJI Phantom 5 ini nantinya seperti:

Baterai

Rumor yang santer terdengar, DJI Phantom 5 akan dilengkapi dengan baterai LiPo terbaru 1.2. Ada pula yang berpendapat bahwa jenis baterai ini adalah sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya.

Apapun jenis baterai yang nantinya digunakan pada Phantom 5, semua pilot dan penggemar drone DJI pasti berharap bahwa Phantom 5 ini memiliki waktu terbang yang lebih lama jika dibandingkan dengan Phantom 4. Baterai ini juga harus memiliki waktu pengisian ulang yang cepat dengan kapasitas yang besar dan jenis pengisi daya yang baru.

Kamera

Teknologi kamera 360° adalah teknologi yang benar-benar diharapkan muncul pada DJI Phantom 5 ini. Sebagai sebuah drone baru, tentu banyak yang mengharapkan bahwa Phantom 5 ini memiliki segudang teknologi baru. Selain kemampuan 360°, kamera baru ini tentunya diharapkan memiliki resolusi lebih besar dari kamera DJI Phantom 4.

Juga, dengan banyaknya kompetitor drone yang mampu merekam video dengan kualitas 4K, Phantom 5 ini harusnya bisa melebihinya. Banyak pilot drone yang berharap bahwa Phantom 5 mampu menghasilkan video 5.2K/30fps, mirip yang ada pada Inspire 2.

Kamera ini juga harus didukung oleh teknologi gimbal baru yang membuatnya selalu stabil dan mampu menghasilkan gambar terbaik ketika Phantom 5 terbang dengan kecepatan hingga 50mph.

Anti-Collision

Fitur ini adalah fitur yang paling kencang dibahas para pilot. Fitur ini disebut 360 Obstacle Sensing System yang seakan menghilangkan teknologi pengindraan rintangan yang sudah ada sebelumnya. Sistem baru ini memungkinkan semua sensor pendeteksi rintangan ditempatkan pada seluruh sisi aircraft. Hal ini akan membuat aircraft tidak akan pernah mengalami tabrakan.

DJI juga mungkin akan menyematkan teknologi penerbangan pintar baru dan mode penerbangan baru seperti Mode Tripod atau Gesture Mode pada DJI Phantom 5. Mode penerbangan yang menjadi trademark DJI seperti ActiveTrack dan TapFly juga akan mengalami peningkatan.

Kecepatan dan Durasi Terbang

Phantom 5 ini diharapkan mampu terbang dengan durasi lebih lama dari generasi sebelumnya. Perdebatan yang ramai di media sosial menyebutkan bahwa Phantom 5 mampu terbang dengan durasi 33 menit dengan Mode Positioning dengan teknologi baterai baru.

Upgrade lain yang diharapkan ada pada Phantom 5 ini adalah problem solving daya baterai yang kerap terkuras habis ketika terbang dengan Mode Sport.

Untuk kecepatan, bahkan jika DJI melakukan peningkatan kecepatan beberapa persen di atas, mungkin tidak ada peningkatan yang substansial karena drone adalah sebuah perpaduan kinerja dan daya tahan.

 

Terbang dengan kecepatan yang lebih tinggi dan dengan durasi penerbangan lebih lama memerlukan tipe motor dan propeller yang lebih besar yang akan mempengaruhi ukuran drone sehingga kelincahan dan tingkat responsifitasnya bisa saja berkurang.

Pilot Camera

Ada kemungkinan bahwa DJI Phantom 5 ini ditunjukkan untuk kalangan high-end dengan menambahkan pilot camera yang mirip pada Inspire 2. Pilot camera ini kemungkinan adalah sebuah fixed FPV kamera yang akan lebih bisa menghemat biaya.

Spesifikasi Lain

Ukuran yang memungkinkan untuk Phantom 5 ini adalah 16″x8.6″x12.6″ dengan berat kira-kira 3.8 kg. DJI Phantom 5 ini juga ditargetkan mampu mencapai kecepatan terbang maksimal hingga 88km/jam. DJI Phantom 5 ini akan muncul dalam dua varian warna yaitu hitam glossy dan putih dengan posisi motor lebih ke atas.

Phantom 5 dikabarkan dapat menempuh jarak 6meter per 20 detik, yang mana itu sangat cepat. Mungkin akan ada 2 status IMU yang mudah dibaca dengan posisi slot SD Card dan Mikro USB berada pada tengah dan sebelah kiri dari chassis.

Kesimpulan

Dari semua kemungkinan-kemungkinan yang ada pada Phantom 5 itu tentunya belum semua bisa benar-benar terwujud. Namun, dengan segenap fitur penting itu, Phantom 5 benar-benar adalah drone yang sangat solid.

Tetap ingat. Jika kam berencana membeli sebuah drone, jangan terjebak pada keinginan untuk mendapatkan drone dengan versi terbaru, hal ini dikarenakan teknologi drone cepat sekali berkembang. Akan selalu ada hal baru di setiap waktunya.

 

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: