fbpx

Produk modifikasi terbaru telah dirilis oleh DJI, yaitu Phantom 4 Multispectral. DJI mengakui bahwa P4 Multispectral ini merupakan drone pertama yang mengintegrasikan layanan aerial dengan pencitraan multispektral untuk kepentingan pertanian.

Dengan hadirnya P4 Multispectral, DJI seakan-akan ingin menetapkan standar baru bagi agrikultur modern dengan sistem pemosisian RTK untuk akurasi dan sistem pencitraan multispektral untuk memantau kondisi tanaman dan tanah.

Phantom 4 Multispectral mengkombinasikan data dari 6 sensor kamera yang berbeda untuk mengkalkulasikan kesehatan tanaman, baik dari satu tanaman maupun seluruh lahan, serta memantau keadaan hama, gulma, dan tanah. Phantom 4 Multispectral diyakini mampu menyediakan instrumen baru bagi para petani dan pengelola perkebunan modern untuk meningkatkan hasil panen, mengurangi biaya operasional dan memantau lahan yang mereka kelola.

Sistem Pencitraan Multispektral

Keenam sensor kamera pada Phantom 4 Multispectral terdiri dari 1 kamera RGB dan 5 kamera multispektral yang mencakup 5 gelombang cahaya yaitu Biru, Hijau, Merah, Tepi Merah, dan Inframerah Dekat.

Keenam sensor kamera ini memiliki global shutter 2 MP dan dipasangkan pada gimbal dengan 3 sumbu penyeimbang, sehingga mampu menjaga kualitas hasil gambar.

Sensor Sinar Matahari

Di bagian atas badan pesawat, Phantom 4 Multispectral juga dilengkapi dengan sensor cahaya matahari untuk mengoptimalkan akurasi dan konsistensi data.

Sistem Pemosisian Presisi Tinggi dan Jangkauan Transmisi Luas

Karena Phantom 4 Multispectral juga terintegrasi dengan modul RTK, penggunanya dapat meningkatkan akurasi pemosisian tanpa koneksi internet dengan menghubungkan Phantom 4 Multispectral ke D-RTK 2 High Precision GNSS Mobile Station dan NTRIP, atau menyimpan data observasi satelit untuk PPK.

Sistem transmisi yang digunakan pada Phantom 4 Multispectral yaitu OcuSync menjamin pengalaman terbang yang mulus berkat kecanggihannya. OcuSync dapat mengirimkan dan menerima sinyal anara remote controller dan drone dengan minim interferensi sinyal, hasil transmisi video yang lebih HD, dan jangkauan hingga 7 km.

Harga dan Ketersediaan

Berdasarkan kabar yang beredar, Phantom 4 Multispectral ini akan mulai didistribusikan oleh DJI pada bulan Oktober 2019.

Menurut dronedj.com, Phantom 4 Multispectral ini dijual seharga $6,499 dan dilengkapi dengan lisensi basic perangkat lunak DJI Terra dan aplikasi iPad DJI GS Pro untuk 1 tahun.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti mengenai harga dan ketersediaan di Indonesia.

Tetap terhubung dengan Jogja Sky!

Ingin mendapatkan informasi dan update terkini seputar Jogja Sky, produk-produk DJI, dan dunia UAV? Ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunjungi terus website kami untuk membaca berbagai artikel yang akan keluar setiap hari Rabu.

Ikuti kami di:

Comments

comments