Dengan dalih untuk semakin meningkatkan keamanan dan keselamatan ketika menerbangkan drone. DJI Perkenalkan Kuis Pengetahuan Keselamatan untuk Pilot Drone pada Jumat, kemarin. Kuis ini pertama kali diperkenalkan kepada pilot DJI drone yang beroperasi di langit Amerika Serikat.

Kuis ini bertujuan untuk memperkenalkan aturan keselamatan dalam menerbangkan drone mulai tahun 2018 nanti. Hal ini dipicu survey dari CAA yang menyebutkan adanya peningkatan pembelian drone pada akhir tahun ini. Rerata dari konsumen yang membeli drone tersebut tidak terlalu peduli dengan aturan keselamatan dalam menerbangkan drone.

DJI Paksa Pilot Mengerjakan Kuis

Ketika DJI Perkenalkan Kuis Pengetahuan Keselamatan untuk Pilot Drone, DJI ingin menguji seberapa dalam pengetahuanmu tentang dasar keamanan menerbangkan drone. DJI memberimu 8 pertanyaan yang akan muncul ketika kamu membuka aplikasi DJI GO 4 atau aplikasi penerbangan lainnya.

DJI menyediakan pilihan untukmu untuk melewati atau menyelesaikan test ini secara langsung. Namun, pada beberapa kasus yang terjadi di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ada ancaman dari DJI jika kamu melewati test ini untuk beberapa kali. DJI akan membuat drone mu masuk ke Beginner Mode dan membuatmu tidak bisa terbang kemana-mana.

DJI menyebutkan bahwa segala pertanyaan yang ada pada kuis ini mengacu pada aturan federal Aviation Administration (FAA) yang berlaku di Amerika Serikat. Namun, DJI juga tidak membantah bahwa akan ada kemungkinan bahwa begitu kuis ini sampai di Indonesia dengan beberapa penyesuaian.

Penerapan teknologi kuis ini menyusul komitmen DJI lainnya untuk selalu mengedepankan keselamatan dalam teknologi aerial mereka setelah sebelumnya ada:

  • Tahun 2014, DJI pertama kali memperkenalkan sistem geofencing untuk memperingatkan dan membatasi drone masuk ke lokasi yang bisa membahayakan keamanan penerbangan
  • Tahun 2016, DJI memperbarui sistem geofencing untuk bisa menampilkan secara langsung batasan penerbangan dan menambah fleksibilitas untuk drone agar bisa beroperasi di lokasi tersebut
  • DJI menambahkan batasan ketinggian pada aplikasi pengontrol penerbangan untuk membantu pilot agar mereka dapat terbang dengan aman.
  • DJI membuat sistem bernama Return-to-Home yang secara otomatis membawa drone pulang ke home point ketika kehilangan sinyal
  • DJI membuat sistem cangih untuk memonitor daya dan suhu baterai secara langsung yang bisa mencegah adanya malfungsi dari baterai
  • DJI meluncurkan sofware flight simulator, yang membuat pilot baru dapat berlatih terbang secara virtual
  • DJI menerapkan standar teknologi penerbangan ADS-B pada receiver M200 series. Teknologi memberikan peringatan terhadap pilot akan adanya pesawat berawak yang datang mendekat. Ke depannya, DJI berkomitmen untuk memasang teknologi ini pada semua drone produksinya.

JogjaSky menyediakan PDF panduan keselamatan DJI drone yang bisa kamu download pada tombol di bawah ini. Selain itu, JogjaSky juga memberikan gambaran pertanyaan dan jawaban yang harus kamu masukkan jika kuis ini muncul dalam aplikasi DJI GO 4 milikmu.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: