Dirilisnya DJI Mavic 2 Series hampir sebulan yang lalu nyatanya telah membuat beberapa pilot yang setia dengan Mavic Pro merasa galau. Kegalauan itu muncul dikarenakan kebingungan tentang apakah perlu mengganti unit Mavic Pro ke Mavic 2 Series. Dengan bermodal informasi mengenai spesifikasi DJI Mavic 2 Series, banyak pilot yang melakukan perbandingan DJI Mavic Pro VS Mavic 2 Series, mana yang lebih baik di antara keduanya?

Walaupun DJI sendiri sudah menyebutkan bahwa dari segi kamera, DJI Mavic 2 jauh lebih baik dibanding Mavic Pro, masih ada beberapa pilot yang butuh alasan lebih kuat untuk mengganti Mavic Pronya ke Mavic 2 Series.

Teknisi JogjaSky yang ikut juga membandingkan DJI Mavic Pro VS Mavic 2 Series, menemukan 5 alasan mengapa DJI Mavic 2 Series lebih baik dari Mavic Pro.

1. Gimbal dan Kamera Baru

Mavic 2 Series datang dalam dua versi: Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom. Keduanya memiliki kemampuan kamera yang berbeda. Mavic 2 Pro memiliki kamera Hasselblad dengan ukuran sensor 1-inchi dengan resolusi 20 megapiksel. Mavic 2 Zoom memiliki kamera dengan ukuran sensor 1/2.3 inchi beresolusi 12 megapiksel dengan kemampuan 2x Optical Zoom pertama yang pernah ada dalam sejarah DJI drone. Kedua kamera ini memiliki kualitas yang jauh yang lebih baik dibanding Mavic Pro.
Namun, bukan hal itu saja yang baru. Desain gimbal pada kamera Mavic 2 Series pun berbeda. Desain baru ini mencakup adanya dua lengan baru yang mengapit kamera di sebelah kanan dan kirinya. Desain gimbal ini tentunya akan membuat kamera Mavic 2 menjadi lebih kokoh. Dengan memunculkan desain gimbal baru ini, DJI berharap bahwa keluhan banyak pilot Mavic Pro tentang gimbal yang rentan rusak akan tersudahi.
Bagian belakang kamera Mavic Pro VS Mavic 2 Seris pun berbeda. Kamera Mavic 2 Series memiliki casing yang lebih protektif dengan perlindungan total pada kabel flexiblenya. Desain gimbal baru ini membuat kamera DJI Mavic 2 Series tidak hanya bisa bergerak ke atas dan bawah namun juga mampu berputar dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

2. Bentuk ESC Baru

Teknisi JogjaSky terkejut ketika menemukan bahwa beberapa komponen pada board ESC Mavic 2 Series yang berbeda dengan board ESC yang ada pada Mavic 2 Series. Jika di Mavic Pro, Flight Controller (FC) dipasang bersama board ESC, maka di Mavic 2 Series komposisinya diubah. Board ESC pada Mavic 2 Series terlihat lebih rapi dari struktur perkabelannya.

3. Modul GPS dan FC IMU Baru

Arsitek pada Mavic 2 Series berbeda dengan Mavic Pro. Hal yang kemudian membuat beberapa komponen dalam Mavic 2 Series berubah bentuk dan posisi. Pada Mavic 2 series FC IMU dan GPS Modul dijadikan satu komponen dan diletakkan tepat di belakang gimbal. Hal ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan FC IMU pada Mavic Pro yang menempel pada center boardnya.

4. Tambahan Vision Sensor

Hal lain yang membuat perbandingan DJI Mavic Pro VS Mavic 2 Series semakin dimenangkan oleh Mavic Series karena adanya penambahan Vision Sensor. Penambahan sensor ini membuat Mavic 2 Series memiliki kemampuan Omnidirectional Obstacle Sensing. Sensor tambahan ini berada di samping kiri-kanan dan bagian atas dari Mavic 2 Series. Hal ini tentu membuat Mavic 2 Series menjadi lebih peka terhadap setiap rintangan yang ada di jalur terbangnya. Namun, perlu diingat bahwa vision sensor di bagian kanan-kiri Mavic 2 Series ini hanya aktif ketika berada pada Mode Beginner dan Tripod saja.

Mavic 2 Series juga mengadopsi teknologi yang ada pada Mavic Air yaitu APAS (Advanced Pilot Asssitance System). Dengan teknologi ini Mavic 2 Series mampu menghindari rintangan secara otomatis baik ketika terbang maju maupun mundur.

5. LED pada Bottom Shell

Poin lain yang membuat perbandingan DJI Mavic Pro VS Mavic 2 Series semakin dimenangkan oleh Mavic 2 Series adalah adanya LED di bagian bottom shell Mavic 2 Series. Penggunaan dua LED super terang ini menggantikan teknologi sonar yang sebelumnya ada pada Mavic Pro.
Dua LED super terang ini merupakan kemampuan baru yang ada pada Mavic 2 Series. Selain bisa digunakan untuk membantu Vision Modul untuk mendeteksi bentuk permukaan tempat mendarat, LED super terang di bagian bottom shell ini juga sangat membantu Mavic 2 Series ketika terbang di malam hari.

Kesimpulan

Kelima hal yang disebutkan di atas adalah alasan-alasan yang membuat perbandingan DJI Mavic Pro VS Mavic 2 Series dimenangkan oleh Mavic 2 Series. Selain kamera, tambahan LED super terbang di bagian bottom shell dan tambahan vision sensor pada Mavic 2 Series adalah hal yang benar-benar membuat Mavic 2 Series lebih baik dari Mavic Pro.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: