Mavic 2 Pro adalah drone dengan desain yang bisa dilipat terbaru dari DJI yang banyak mencuri perhatian. Salah satunya adalah karena Mavic 2 Pro menggunakan kamera Hasselblad dengan ukuran sensor 1 inchi. Sebelum kemunculan Mavic 2 Pro, Phantom 4 Pro Series adalah satu-satunya drone produksi DJI dengan sensor kamera berukuran 1 inchi. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan di kalangan pencinta DJI drone. Manakah antara DJI Mavic 2 Pro VS Phantom 4 Pro v2.0 yang lebih baik?

Perbandingan Harga

Walaupun secara ukuran Mavic 2 Pro jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Phantom 4 Pro V2.0, harga Mavic 2 Pro sedikit lebih mahal. Namun, apakah dengan harga yang sedikit lebih mahal ini lalu menjadikannya lebih baik daripada Phantom 4 Pro V2.0?

Mari buktikan.

Perbandingan Durasi Terbang

Perbedaan durasi terbang DJI Mavic 2 Pro VS Phantom 4 Pro V2.0 hanya selisih satu menit. Di mana Mavic 2 Pro mampu terbang selama 31 menit sedangkan Phantom 4 Pro V2.0 mampu terbang selama 30 menit. Tentu saja waktu terbang ini diuji di dalam ruangan ideal yang menihilkan faktor lingkungan seperti angin.

Ketika dua drone ini diuji di luar ruangan keduanya memiliki perbedaan durasi terbang yang hampir sama. Dalam uji terbang dari kondisi baterai 100% hingga 10%, Phantom 4 Pro V2.0 mampu terbang selama 23 menit 3 detik. Sedangkan Mavic 2 Pro dengan parameter yang sama mampu terbang selama 25 menit 26 detik.

Perbedaan durasi terbang hampir 2 menit ini membuktikan bahwa perbandingan durasi terbang antara DJI Mavic 2 Pro VS Phantom 4 Pro V2.0 dimenangkan oleh Mavic 2 Pro. Sekaligus membuktikan bahwa DJI benar-benar meningkatkan efisiensi penerbangan pada Mavic 2 Pro.

Perbandingan Kualitas Kamera

DJI Mavic 2 Pro dan Phantom 4 Pro V2.0 sama-sama memiliki kamera dengan ukuran sensor dan resolusi yang sama. Untuk mengetahui footage mana yang lebih bagus antara DJI Mavic 2 Pro VS Phantom 4 Pro V2.0, pertama yang dilakukan adalah menguji kualitas footage dalam kondisi minim cahaya (low light test).

Mengejutkan! Ternyata hasil footage kamera Phantom 4 Pro V2.0 saat diuji di malam hari hasilnya lebih baik jika dibandingkan dengan Mavic 2 Pro. Hasil footage pada Phantom 4 Pro V2.0 terlihat memiliki noise yang lebih sedikit daripada Mavic 2 Pro.

Cara kedua adalah dengan menguji kualitas footage dalam kondisi cerah.

Dari gambar di atas terlihat bahwa hasil footage DJI Mavic 2 Pro memiliki kualitas warna yang terlihat lebih cerah jika dibandingkan dengan Phantom 4 Pro V2.0.  Dengan hal ini bisa dikatakan bahwa dengan bantuan proses pasca produksi yang tepat, perbandingan footage antara DJI Mavic 2 Pro VS Phantom 4 Pro V2.0 dimenangkan oleh Mavic 2 Pro.

Perbandingan Obstacle Sensing

DJI Mavic 2 Pro dilengkapi obstacle sensing hampir di seluruh bagian tubuhnya. Hal ini membuat DJI Mavic 2 Pro memiliki kemampuan bernama Omnidirectional Sensing. Dengan kata lain, Mavic 2 Pro dapat menghindari rintangan yang berada di depan-belakang, samping kanan-kiri, dan yang ada di atas-bawahnya. Namun, kemampuan ini hanya aktif ketika Mavic 2 Pro berada pada Mode Beginner dan Tripod saja.

Sedangkan, Phantom 4 Pro V2.0 memiliki kemampuan 5 directional obstacle sensing. Sensor pengindraan rintangan ini berada di bagian depan-belakang, kiri-kanan, dan bagian bawah Phantom 4 Pro V2.0. Hal ini membuat rintangan yang berada di atas Phantom 4 Pro V2.0 adalah satu-satunya rintangan yang tidak dapat dihindari.

Baca juga: Rahasia Pada DJI Phantom 4 Pro V2.0

Namun, tetap ingat hal ini: walaupun kedua drone ini memiliki sistem obstacle sensing yang luar biasa, menjaganya agar terbang dengan aman dan jauh dari rintangan adalah tugas pilot drone. Maka, pastikan dronemu tetap terbang dengan aman.

Kesimpulan

Jika dilihat dari indikator harga, durasi terbang, kualitas kamera dan hasil footage, serta kemampuan obstacle sensing DJI Mavic 2 Pro ternyata memang lebih baik dibanding Phantom 4 Pro V2.0.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: