Setelah ditunggu-tunggu oleh para penggiat teknologi dan setelah ramai diperbincangkan di Twitter, DJI akhirnya meluncurkan Mavic 2 Enterprise Dual, drone dengan kemampuan pencitraan/pengambilan gambar thermal untuk pengoperasian yang lebih baik, aman, dan efisien di lingkungan terbang ekstrim.

Mavic 2 Enterprise Dual merupakan drone dengan design yang sama dengan seri drone dari Mavic dan sistem kendali dan aksesoris yang sama dengan Mavic 2 Enterprise. Dengan Mavic 2 Enterprise Dual, pengguna dapat mengukur temperatur dan menyimpan gambar dan data temperatur demi kemudahan pelaporan dan analisa, menambah data krusial untuk kepentingan inspeksi dan dalam keadaan darurat.

DJI berkolaborasi dengan FLIR untuk menciptakan drone super canggih namun praktis yang bertujuan untuk misi-misi darurat. Mavic 2 Enterprise Dual menggunakan kamera termal dari FLIR Systems yang merupakan perusahaan yang berspesialisasi pada perancangan dan pembuatan kamera pencitraan termal terbesar di dunia. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kamera termal untuk misi-misi darurat.

Jan Gasparic, direktur kemitraan DJI mengatakan, “saat ini drone telah menjadi alat umum dalam operasi-operasi yang menyangkut keamanan dan keselamatan publik, dimana para penggunanya mampu memperoleh data dari perangkat udara yang canggih dan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.” Ia juga mengatakan bahwa ketika DJI dan FLIR pertama kali meluncurkan kamera XT pada tahun 2015, DJI juga mengenalkan berbagai pengaplikasian komersil untuk drone. Dengan Mavic 2 Enterprise Dual, operasi-operasi penerbangan di lingkungan ekstrim akan menjadi lebih aman dan para pilot dapat fokus untuk menyelesaikan misi utamanya.

Mavic 2 Enterprise Dual dilengkapi dengan kamera dengan gimbal 3-axis dengan sensor 4K untuk menangkap cahaya dan kamera mikro termal FLIR Lepton untuk pencitraan termal. Secara bersamaan, sensor-sensor ini memungkinkan pilot untuk terbang di malam hari, dan juga siang hari dalam keadaan berasap atau berkabut. Pengguna dapat memilih mode-mode display yang ada pada aplikasi DJI Pilot untuk memvisualisasikan data dari sensor ganda pada kamera.

  • FLIR MSX – MSX FLIR yang dipatenkan, atau pencitraan dinamis multispektral, menyertakan detail cahaya kualitas tinggi ke dalam citra termal secara real time untuk meningkatkan detail visual, membantu pilot agar mampu dengan cepat mengidentifikasi dan menafsirkan data penting yang mungkin tidak dapat langsung dilihat dengan mata telanjang.
  • Spot Meter – Menampilkan suhu rata-rata suatu objek, membantu pilot memantau dan mengukur objek kritis atau berbahaya sambil menjaga jarak yang aman.
  • Area Measurement – Menampilkan suhu rata-rata, terendah, dan tertinggi, serta lokasi yang sesuai dari masing-masing area, yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menilai objek dan menentukan apakah suatu aset mungkin menjadi terlalu panas.
  • Isotherm – Memnungkinkan pilot untuk memilih rentang suhu tertentu untuk ditampilkan menggunakan palet warna khusus sehingga objek yang termasuk dalam rentang suhu tersebut menampilkan kontras yang lebih tinggi dan terlihat dengan lebih jelas. Fitur ini mencakup profil khusus untuk membantu pencarian dan penyelamatan pilot dalam mengidentifikasi orang dan untuk membantu petugas pemadam kebakaran mengidentifikasi titik panas dalam kebakaran, dan prfil-profil lainnya yang bisa dimodifikasi.

“Mavic 2 Enterprise Dual yang dilengkapi dengan FLIR Lepton, kamera mikro termal terkecil kami, menawarkan peluang signifikan untuk memperkenalkan kemampuan pencitraan termal ke lebih banyak pemilik drone,” kata Jim Cannon, Presiden dan CEO FLIR. “Ini adalah produk ketiga kami dengan DJI sebagai platform terkemuka di dunia, dan kolaborasi terbaru ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam menjadikan termal sebagai fitur penting dalam industri.”

“Kemampuan kamera termal untuk melihat perbedaan suhu dan untuk melihat dibalik asap dan kabut menjadikan alat ini tak ternilai.”

Dave Lee, FLIR DELTA (Drone Education Lab for Thermal Applications)

Aksesoris Tambahan

Mavic 2 Enterprise Dual kompatibel dengan aksesoris dari Mavic 2 Enterprise. Aksesoris tambahan ini terpasangdi aircraft dan dapat dioperasikan melalui aplikasi DJI Pilot.

Baca juga : Mavic 2 Enterprise: Dirancang Khusus untuk Misi Pencarian dan Penyelamatan

  • M2E Spotlight: Spotlight dobel dengan tingkat pencahataan hingga 2400 lumen dapat digunakan untuk membantu pengoperasian pada waktu malam hari atau di tempat yang minim cahaya. Penggunaan M2E Spotlight ini sangat cocok digunakan untuk inspeksi maupun SAR.
  • M2E Speaker: Sebuah speaker dengan tingkat suara hingga 100dB bisa ditambahkan pada Mavic 2 Enterprise. Speaker ini juga dapat memainkan 10 perintah suara yang berbeda yang bisa disesuaikan dengan tujuan penggunaan Mavic 2 Enterprise.
  • M2E Beacon: Beacon atau lampu suar yang ada pada Mavic 2 Enterprise memiliki daya visibiltas hingga jarak hampir 5km. Hal ini bisa digunakan untuk membantu pengoperasian pada malam hari agar lebih aman.

Fitur Keamanan Data yang Lebih Canggih

Mavic 2 Enterprise Dual mencakup fitur yang sama dengan Mavic 2 Enterprise untuk melindungi hasil foto, video, log penerbangan, dan data lain yang dihasilkan selama penerbangan rahasia. Ini mencakup 24 GB penyimpanan data dan perlindungan kata sandi onboard, sehingga terdapat akuntabilitas untuk semua akses ke fungsi drone dan data yang disimpan. Ketika Perlindungan Kata Sandi diaktifkan, pengguna diharuskan untuk memasukkan kata sandi mereka setiap kali mereka mengaktifkan drone, menghubungkan pengontrol jarak jauh dengan drone, dan mengakses penyimpanan onboard drone, memberikan para penggunanya kendali penuh, eksklusif, dan aman. Ini memberikan akses yang aman ke drone dan penyimpanan data onboard, sambil melindungi data itu bahkan jika drone itu rusak secara fisik.

Selain itu, fitur timestamping GPS mengkode waktu, tanggal, dan lokasi setiap gambar yang diambil oleh kamera, membantu akuntabilitas pilot dan memastikan bahwa data yang diperoleh dari drone dapat dipercaya dan digunakan dalam situasi dari meninjau inspeksi infrastruktur penting hingga proses hukum potensial.

Pengguna Mavic 2 Enterprise Dual dengan keinginan keamanan lebih ekstra dapat menggunakan fitur Mode Data Lokal di Aplikasi Pilot DJI yang, ketika diaktifkan, akan menghentikan perangkat seluler yang terhubung dari pengguna mengirim atau menerima data apa pun melalui internet. Ini memberikan jaminan keamanan tambahan untuk operator penerbangan yang melibatkan pekerjaan infrastruktur penting, proyek pemerintah atau misi sensitif lainnya.

Meningkatkan Kualitas Penerbangan dan Keamanan di Udara

Setiap perangkat Mavic 2 Enterprise Dual dilengkapi dengan teknologi DJI AirSense untuk membantu memastikan drone tetap menjadi perangkat yang tidak mengganggu di udara. AirSense meningkatkan keselamatan wilayah udara dengan secara otomatis memberi tahu pilot drone mengenai keberadaan pesawat atau helikopter terdekat dari sinyal ADS-B dengan mengirimkan peringatan pemosisian secara real-time melalui aplikasi DJI Pilot. Teknologi ini memberikan tingkat keamanan ekstra bagi operator drone profesional yang terbang di wilayah udara yang padat atau di dekat operasi yang rumit, seperti penekanan api, pemulihan bencana dan pemantauan infrastruktur.

Mavic 2 Enterprise Dual memiliki sistem transmisi video dan data DJI yang paling canggih yaitu Ocusync 2.0. OcuSync 2.0 mampu memberikan koneksi yang lebih stabil antara drone dan remot kontrolnya, bahkan di lingkungan dengan interferensi elektromagnetik tinggi seperti di daerah perkotaan. Sistem ini memiliki resistensi interferensi yang lebih kuat dan kemampuan alih-otomatis yang mendukung frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz dengan kemampuan untuk menggunakan frekuensi yang berbeda untuk aliran mengirim dan menerima data.

Harga dan Pemesanan

Mavic 2 Enterprise Dual terdiri dari satu unit aircraft, satu unit remot kontrol dan baterai, dan tiga aksesoris tambahan serta sebuah case untuk melindungi drone hebat ini.

Untuk pemesanan Mavic 2 Enterprise Dual, anda dapat menghubungi Jogja Sky. Jogja Sky merupakan pusat penjualan dan pusat reparasi resmi DJI yang berlokasi di Yogyakarta.

Selain Mavic 2 Enterprise Dual, anda juga dapat membeli DJI Mavic 2 Pro atau Zoom yang dirancang untuk keperluan fotografi dan videografi aerial profesional. JogjaSky menjual drone-drone ini dengan garansi resmi DJI Indonesia dan jaminan produk asli.

Sumber: DJI.com, Heliguy.com

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: