Awal tahun ini, DJI salah satu produsen drone terkemuka di dunia membuat sebuah pengumuman penting. Seperti yang dilansir dari suanews.com mulai tanggal 14 Januari 2017, DJI tidak lagi menjual Phantom 3 Advanced, Phantom 3 Pro, dan Phantom 3 4K.

Kami belum menemui apa penyebab DJI tidak lagi memproduksi Phantom 3 series ini. Drone yang sudah muncul di pasaran sejak awal 2015 ini memang beberapa langkah lebih maju dibandingkan para pesaingnya. Dilengkapi dengan downlink lightbridge dan kamera SONY EXMOR 1 /2.3 inchi ini memang menjadi daya tarik sendiri selain harganya yang lumayan terjangkau.

Awalnya kami menduga penghentian produksi Phantom 3 ini karena munculnya suksesornya seperti Phantom 4 Standar. Namun, dugaan kami salah. Ternyata pada tanggal 18 Januari 2017, DJI juga menghentikan produksi Phantom 4 Standar. Praktis, Drone yang sempat menjadi unggulan DJI ini hanya mampu bersaing di pasaran selama 10 bulan sejak resmi diluncurkan pada awal Maret 2016 lalu.

Hal ini mungkin disebabkan karena munculnya Mavic Pro yang diperkenalkan September lalu yang dikabarkan bahwa produksinya sudah mencapai hampir satu juta unit. Hal ini tentu saja lebih banyak mengambil hati para penggemar drone karena bukan hanya ukurannya yang lebih kecil, harganya pun jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Phantom series.

Mavic Pro memiliki memang memiliki segala kemampuan yan ada pada Phantom 4 Standar dan bahkan lebih unggul dari Phantom 3 Series. Kami hanya bisa menduga bahwa DJI sengaja menghentikan produksi Phantom 3 dan Phantom 4 ini supaya tidak ada tumpang tindih dalam kemampuan dan fitur pada tiap drone produksi DJI.

Dengan menghentikan produksi Phantom 3 dan Phantom 4 ini secara tidak langsung DJI juga mengatakan bahwa mereka tidak ingin bersaing dengan diri mereka sendiri. Dan, dari sisi manufaktur, penghentian produksi ini juga akan menyederhanakan beberapa hal lainnya.

Bagi kamu yang masih ingin membeli Phantom 3 Advance, Phantom 3 Professional, Phantom 3 4K, dan Phantom 4 Standar, kamu masih bisa membeli di beberapa reseller DJI. Kamu juga masih bisa mendapatkan versi refurbish dari Phantom 3 Pro dan Phantom 4 Standar.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: