Kamu pasti tahu bagaimana rasanya ketika kamu mempunyai DJI Phantom 4 yang baru dan bagus dan beberapa pasang batu baterai lalu kamu pergi ke taman atau suatu tempat. Di sana kamu mulai membuka barang-barang bawaan kamu dan seketika itu kamu menyadari bahwa kamu lupa untuk membawa kabel lighting. Saya tahu bagaimana rasanya. Hal itu juga berulang kali terjadi pada saya sebelumnya. Dan pasti hal itu juga akan terjadi berulang kali terlebih untuk para pilot drone di luar sana. Jika mereka mengatakan mereka belum pernah mengalami hal serupa yaitu barang-barang yang tidak terbawa atau tertinggal, maka suatu ketika hal itu akan terjadi pada mereka.

Saya sangat bersyukur saya bisa belajar dari kesalahan yang pernah saya alami. Sekarang-sekarang ini saya sudah tidak perlu khawatir lagi akan ada barang yang ketinggalan seperti kabel dan lain sebagainya. Masalah tersebut telah menyadarkan saya meminimalisasi kelupaan membawa barang-barang yang harus dibawa dengan membuat daftar barang bawaan sebelum pergi.

Untuk postingan blog kali ini saya akan memberikan beberapa rahasia bagaimana membuat daftar barang yang akan dibawa untuk persiapan sebelum menerbangkan drone mulai dari ketika di rumah atau di kantor. Saya juga akan memberikan daftar nama barang yang bisa kamu cetak dan bisa kamu gunakan untuk persiapan sebelum menerbangkan drone.

Pada artikel ini saya akan membahas hal-hal sebagai berikut:

1. Kenapa mendaftar barang-barang yang harus dibawa adalah hal yang penting untuk dilakukan.
2. Memastikan kamu membawa segala kebutuhan yang diperlukan di lokasi penerbangan drone.
3. Mengintegrasi dan mengembangkan daftar nama barang apa saja yang perlu dibawa secara bertahap.
4. Dan mengenai pengunduhan daftar barang bawaan saya sendiri yang biasanya saya gunakan untuk keperluan drone saya.

Saya akan menggunakan drone berjenis Phantom 3 Professional milik saya sebagai contohnya. Rata-rata orang memliki salah satu dari drone tersebut dan beruntungnya drone ini dapat diaplikasikan ke berbagai macam drone dari pabrikan manapun.

Kenapa mendaftar barang-barang yang harus dibawa adalah hal yang penting untuk dilakukan

Daftar keperluan barang dalam penerbangan drone bukanlah merupakan sesuatu yang baru. Sejak awal daftar barang bawaan telah digunakan oleh para pilot dan juga para ahli mekanis untuk memastikan mereka pergi dengan segala kebutuhan penerbangan sebelum lepas landas dan untuk memaksimalkan keamanan. Sama halnya dengan para pilot drone, daftar barang bawaan adalah sesuatu hal yang terlihat jelas untuk mengorganisir bagaimana agar kamu tidak lupa setiap langkah yang harus dilakukan. Menggunakan daftar nama barang atau daftar periksa untuk diri kamu sendiri itu bukanlah hal yang menunjukan bahwa kamu bodoh, tetapi justru sebaliknya, daftar nama barang atau daftar periksa apa-apa saja yang harus dilakukan ini untuk membuat kamu lebih mudah cepat dan aman dalam menerbangkan drone. Orang-orang yang mengatakan kamu bodoh karena membuat daftar nama barang atau daftar periksa apa-apa saja yang perlu dilakukan adalah orang-orang yang lupa untuk menaruh kartu microSD pada drone yang telah mereka terbangkan setinggi 300 kaki di udara.

Para pekerja professional menggunakan daftar nama barang atau daftar periksa dalam semua aspek industri. Para operator drone yang sedang menanti-nanti untuk bisa menjadi ahli penerbang dan mengikuti daftar periksa sebelum penerbangan drone adalah kewajiban, hal itu untuk keamanan itu sendiri dan untuk memastikan bahwa kamu bisa memberi pelanggan kamu yang terbaik. Pasti kamu tidak ingin menjadi seseorang yang mambatalkan penerbangan karena kamu melupakan satu hal pada langkah-langkah itu. Itu artinya kamu tidak akan mendapatkan bayaran dan pelanggan tidak akan kembali menggunakan jasa kamu, dan lebih buruk lagi bisa jadi kamu mendapat makian.

Pastikan kamu membawa segala kebutuhan yang diperlukan di lokasi penerbangan drone

Untuk melakukannya, biasanya saya akan mengeluarkan semua keperluan yang saya bawa di lokasi melakukan perekaman, jika kamu penasaran bagaimana saya membawa semua perlengkapan itu, kamu boleh mengecek di tas yang saya bawa di bawah ini.

Barang-barang yang perlu dibawa saat lepas landas
– DJI Phantom 3 Professional
– Remot kontrol DJI Phantom 3 Professional (yang telah terisi dayanya)
– Baterai DJI Phantom 3 Professional (yang telah terisi dayanya)
– Props DJI Phantom 3
– Apple iPad Air 2 (yang telah terisi dayanya)
– Kabel Apple Lighting
– Kartu memori (Micro SD)  (bersih dan kosong)

Barang-barang pendukung:
– Polar Pro Phantom 3 filter set
– Controller strap (tali pengendali)
– Lens cloths (kain lensa)
– Wind meter (meteran angin)
– Pocket blower (saku peniup)
– Leatherman Wave ( perlengkapan cathut)
– Flight Log (pengukur penerbang)
– Battery log (pengukur daya baterai)
– Checklist (Daftar periksa pengemasan sebelum penerbangan dan saat penerbangan)
– Kartu petunjuk penerbangan DJI Phantom 3 Professional
– Panduan pengoperasian
– Perlengkapan keamanan
– Kacamata hitam
– Topi
– Bolpoin
– Baju yang sesuai dengan cuaca.
– Charger (pengisi daya baterai)

Kebanyakan barang-barang tersebut sudah sangat akrab di telinga kamu dan sebagian lainnya mungkin juga tidak. Saya akan membahas kembali tentang barang-barang tersebut.

PolarPro Phantom 3 filter set

Alat penyaring atau filter ini bisa digunakan untuk kamera drone Phantom 3 atau 4 untuk memangkas jumlah masuknya cahaya yang masuk ke kamera. Dengan menggunakan filter tersebut akan membuat shutter speed atau kecepatan rana lebih rendah dan membuat gambar menjadi lebih halus. Aturan umumnya yaitu kecepatan rana harus memiliki bagian frame yang sama. Jadi, 25fps = 1/50s shutter speed (kecepatan rana). 50fps = 1/100s shutter speed (kecepatan rana).

Pocket blower (saku peniup)

Setiap camera-man, fotografer, dan sinematografer udara harus memiliki pocket blower ini di dalam tas mereka. Air blower sederhana yang biasa digunakan di mana saja, dan sangat bagus untuk membersihkan debu dari sensor, lensa atau alat-alat perlengkapan lainnya tanpa meninggalkan sidik jari.

Leatherman Wave (perlengkapan cathut)

Perlengkapan ini adalah salah satu pembelian yang paling baik yang pernah saya beli karena fungsinya. Banyak yang tahu soal perlengkapan ini, Alat ini memiliki beragam fungsi seperti tang, pisau dan obeng. Alat-alat tersebut melekat pada sabuk yang bisa dibawa ke mana pun dan kapan pun.

Flight Log (Pengukur penerbangan) dan Battery Log (pengukur daya baterai)

Pengukur penerbangan dan pengukur daya baterai tersebut adalah komponen yang sangat penting. Penting untuk memperhatikan di mana letak jalur dan jam penerbangan drone sehingga kamu bisa mengetahui status daya baterai dan kapan harus menggantinya. Mungkin hal itu terlihat berlebihan tetapi hal itu sangat penting. Itu akan mempermudah kamu dalam bekerja ke depannya.

Checklist (Daftar periksa pengemasan sebelum penerbangan dan saat penerbangan)

Di samping checklist (daftar periksa) yang saya buat di postingan blog ini. Saya masih memiliki dua checklist yang lain yaitu checklist sebelum menerbangkan drone dan setelah menerbnagkan drone. Dua Checklist tersebut sangat berguna untuk memastikan bahwa kamu menerbangkan drone dengan aman dan nyaman.

Kartu Petunjuk Penerbangan DJI Phantom 3 Professional

Sama halnya dengan checklists. Saya juga telah membuat kartu petunjuk penerbangan untuk DJI Phantom 3 Professional. Kartu petunjuk penerbangan ini untuk mengetahui beberapa informasi yang saya butuhkan saat situasi mendesak. Banyak pilot yang tidak menggunakannya karena mereka tidak mengetahuinya.

Panduan Pengoperasian

Ini adalah dokumen paling penting di antara dokumen-dokumen lainnya. Panduan pengoperasian ini adalah kamus paling penting yang akan memandu selama pengoperasian baik untuk latihan, bersenang-senang, atau untuk penerbangan komersial.

Perlengkapan Keamanan

Perlengkapan di sini termasuk Rompi Hi-Vi, kerucut, bubuk kering pemadam kebakaran, dan kamus peringatan operasi pesawat tak berawak atau UAV.

Penting bagi kamu untuk mengetahui semua dokumen-dokumen apabila kamu adalah pilot pengoperasi pesawat tak berawak atau UAV dan juga untuk para pilot komersial. Contohnya saja Inggris, kamu tidak akan diijinkan untuk menerbangkan drone tanpa semua hal tersebut.

MengiNtegrasi dan mengembangkan daftar nama barang apa saja yang perlu dibawa secara bertahap

Inti atau kunci dari daftar periksa atau checklist adalah untuk memasukan atau menuliskan segala keperluan untuk penerbangan dan segala keperluan ke dalam tas. Jika ada barang yang belum ada pada checklistmu berarti kamu perlu menambahkan daftar lalu perbarui checklist yang kamu buat tersebut dan terus kembangkan hingga kamu mendapatkan checklist sempurna seperti yang kamu inginkan dan terus kembangkan. Saya bisa menjamin bahwa ketika menggunakan checklist atau daftar periksa kamu akan terhindar dari kebiasaan lama yang sebelumnya seperti lupa microSD dan lain sebagainya.

Mengunduh daftar periksa atau checklist yang saya gunakan untuk drone milik saya

Adakah hal yang lebih mudah dari sekedar mendownload checklist untuk kamu gunakan? Oleh sebab itu saya mencoba membagikan checklist atau daftar periksa dalam bentuk latihan dan yang satunya untuk komersial. Cetak checklist tersebut dan laminasi dan simpan di tas kamu. Langkah yang sebegitu sederhana tetapi sangat luar biasa manfaatnya.

Kabar baik! Saya telah membuat checklist untuk drone paling terkenal. Tidak bisa menemukan milik kamu sendiri? Itu tidak akan menjadi masalah, karena saya bisa mengatasinya.

Ringkasan

Saya berharap bahwa kamu akan berpikir memliki checklist atau daftar periksa yang bisa ada di tas kamu setiap saat, itu akan sangat baik. Checklist juga berfungsi untuk memastikan barang yang butuhkan telah kamu bawa. Checklist juga berfungsi untuk meminimalisasi resiko seperti kendala pada pengoperasinya. Satu minggu ke depan kami akan membahas bagian checklist yang lebih menarik lagi seperti checklist atau daftar periksa persiapan sebelum penerbangan. Kamu akan mengujikan langkah-langkah yang seharusnya diambil di lokasi sebelum penerbangan dan melihat sebagaimana cepatnya dan amannya peralatan yang akan dibawa.

Seperti biasanya jika kamu memiliki pertanyaan ataupun saran, beritahu saya melalui komentar di bawah ini.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: