Beberapa hari lalu, Canon merilis drone terbaru mereka yang dikhususkan untuk kebutuhan industry. Sebagaimana yang banyak kita ketahui, Canon adalah produses kamera ternama selama berdekade dan mulai tahun 2014 Canon menjadi produsen kamera dengan lensa yang dapat digonta-ganti terbesar di dunia.

Namun, memproduksi drone lain ceritanya. Bahkan pabrikan kamera seperti GoPro saja gagal dalam pasaran drone ini. Maka, dengan dirilisnya Canon Drone ini sepertinya menjadi sebuah kejutan besar untuk siapa pun baik dari kalangan pengguna setia kamera Canon maupun dari para penghobi dan komunitas UAV.

Jika kita cermati bagian per bagian dari Canon Drone ini dengan lebih detail, maka kita akan menemukan beberapa kejutan yang tak kalah mencengangkan seperti yang ada pada bagian props dari Canon Drone ini.

Benar. Props pada Canon Drone menggunakan props produksi DJI. Lebih dari itu, Canon Drone juga menggunakan mesin dan ESCs dari DJI juga. DJI sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka memang menjual props yang mereka namai e2000 dengan harga 5,4 jutaan satunya. Dan ini tentu saja menjelaskan kode dari nama Canon Drone yaitu PD6E2000 – AW – CJ1:

• PD6 berarti ProDrone dengan 6 rotor
• E2000 berarti bahwa drone ini menggunakan sistem props E2000
• AW berarti All-Weather (Segala Cuaca), di mana artinya drone ini bisa diterbangkan dalam kondisi cuaca seperti apapun
• Namun, kami masih belum tahu apa maksud dari CJ1.

ProDrone ini menggunakan hardware dari DJI karena, President DJI Jepang dan CEO dari ProDrone telah menandatangai kesepahaman bisnis produksi komersial drone pada 6 Juli 2015 silam.

Jika kamu memperhatikan dengan cermat juga bahwa drone ini menggunakan pengontrol penerbangan milik DJI (mungkin tipe A2) dan Canon C300 yang terpasang pada Ronin. Canon mungkin baru sengaja merilis drone ini beberapa hari lalu berdasarkan pada mode sebelumnya PD6-AW.

Beberapa detil yang bisa kami sampaikan tentang Drone ini:
Panjang Motor-to-MotorPD6E2000 – AW: 1260 mm
Berat AirframePD6E2000 – AW: 6 kg
Berat Angkat MaksimalPD6E2000 – AW: 10 kg
Baterai44.4 V 6000 sampai 16.000 mAh
Kecepatan MaksimalPD6E2000 – AW: 65 km/jam
Unit KontrolDapat kamu kustom sesuai dengan kebutuhan
Waktu Terbang10 sampai 50 menit
Diameter PropsPD6 – AW: 432 mm
PD6E2000 – AW: 572 mm
Ketinggian Maksimal Pengoperasian5.000 meter
Kecepatan Angin Maksimal waktu Pengoperasian10 m/s

Dengan penggunaan beberapa parts dari DJI ini artinya ProDrone tidak akan menjadi kompetitor dari drone produksi DJI.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: