Pencarian Kata Kunci

Mencari kata kunci seperti contohnya “baterai” dan “install” untuk menemukan topic. Jika anda menggunakan Adobe Acrobat Reader untuk membuka dokumen ini, mohon gunakanlah Ctrl+F pada Windows atau Command+F pada Mac untuk memulai pencarian.

Bacalah buku petunjuk ini sebelum penerbangan pertama

Bacalah dokumen berikut sebelum menggunakan Panthom 4 Pro/ Pro+:

  1. Di dalam Box
  2. Phantom 4 Pro /Pro* Petunjuk Penggunaan
  3. Phantom 4 Pro /Pro* Panduan Penggunaan Cepat
  4. Phantom 4 Pro /Pro* Petunjuk Keamanan Dan Ketentuan Lebih Lanjut.
  5. Phantom 4 Petunjuk Keamanan Penggunaan Baterai Terbang Pintar

Kami menyarankan anda untuk melihat video tutorial pada website resmi DJITM dan membaca petunjuk keamanan dan ketentuan lebih lanjut sebelum terbang. Siapkan penerbangan pertama anda dengan membuka panduan wal Phantom 4 Pro /Pro+ dan buku petunjuk penggunaan.

Pengenalan

Profil Produk & Fitur-fitur Penting

Phantom 4 Pro /Pro+ adalah pesawat tanpa awak pintar dengan lima arah sensorrintangan yang dilengkapi dengan sistem pengindraan dan sensor inframerah, hal ini membuat Aircraft (Pesawat)ini bisa terbang dengan pintar untuk menghindari rintangan. Aircraft (Pesawat) tanpa awak ini adalah jenis terbaru yang menawarkan kualitas gambar yang belum pernah ada sebelumnya untuk Phantom, dengan kejernihan yang sangat baik, tidak menimbulkan bintik, dan resolusi foto serta video yang tinggi. Frekuensi rangkap mendukung remot kontrol untuk dapat membuat downlink video HD menjadi lebih efisien dan lebih stabil.

Fitur-fitur Penting

TapFly™ dan ActiveTrack™ terbaru pada aplikasi DJI GO 4 dapat membuat Phantom 4 Pro /Pro+ terbang kemana pun dengan tetap terlihat pada layar pemantau dan terus berpindah dengan mudah.

Kamera dan Gimbal: Phantom 4 Pro /Pro+ dapat merekam video dengan kualitas 4K (60 frame setiap detiknya), dan memotret dengan resolusi 20 megapixel yang membuat foto terlihat jernih dan lebih bersih dibandingkan dengan yang pernah ada, ini berkat sensor CMOS 1-inch. Shutter mekanis dan fokus automatis membuat pengalaman perekaman atau foto di udara menjadi lebih baik.

Kendali Terbang: Kendali terbang telah diperbarui untuk pengalaman terbang yang lebih aman dan dapat diandalkan. Perekam penerbangan yang baru menyimpan data penting dari setiap penerbangan. Sebuah sensor pengindraan menambah ketelitian terbang ketika sedang terbang di dalam ruangan dan dan pada lingkungan yang tidak tersedia GPS. Desain IMUs rangkap serta kompas memberikan redudansi.

Video HD downlink: Latensi rendah dengan jarak yang panjang (7km) HD downlink didukung oleh versi DJI Lightbridge™. Didukung dengan frekuensi 2.4 GHz dan 5.8 GHz yang dapat semakin mematuasan koneksi yang lebih dapat dpercaya dalam lingkungan dengan penuh gangguan gelombang.

Remot Kontrol: Remot kontrol Phantom 4 Pro+ sudah termasuk dengan monitor 5,5inchi dengan intensitas cahaya tinggi yang diintegrasikan dengan DJI GO untuk kontrol penuh

Baterai Terbang Pintar: Baterai terbang pintar baru dengan kapasitas 5870 mAh dengan fitur sel baterai terbaru dan sistem manajemen penyimpanan daya yang mampu membuat Aircraft (Pesawat) terbang 30 menit*.

Memasang Aircraft (Pesawat)

Mempersiapkan Aircraft (Pesawat)

1. Lepas jepitan gimbal dari kamera seperti gambar dibawah ini:

*Pada ketinggian di atas pemukaan laut dengan kondisi lingkungan yang tenang pada modus ATTI, maksimal waktu terbang bervariasi terantung pola terbang, kondisi cuaca, dan juga ketinggian.

2. Memasangkan Props (Baling-baling)
Susun props (baling-baling) bercincin hitam pada mesin yang bertanda hitam. Susun props (baling-baling) bercincin perak pada mesin yang tak bertanda hitam. Tekan props (baling-baling) ke bawah pada susunan piringan dan putar searah jarum jam untuk mengunci hingga aman.

3. Pemasangan Baterai
Masukkan baterai hingga ke dalam tempat baterai, sesuai anak panah yang ditunjukkan dibawah ini.

  • Patuasan anda mendengar bunyi “klik” yang menunjukkan bahwa baterai telah terpasang dengan baik. Kegagalan dalam pemasangan ini akan mempengaruhi keamanan penerbangan Aircraft (Pesawat) anda.
Menyiapkan Remot Kontrol

Miringkan penyangga ponsel pintar pada remot kontrol pada posisi yang anda inginkan, lalu atur antena sehingga menghadap ke luar.

Jika anda menggunakan Phantom 4 Pro, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat aman tablet atau ponsel pintar anda pada penyangga.

1. Tekan tombol yang berada di kanan atas pada penyangga untuk melepas penjepit, kemudian atur penjepit sesuai dengan ukuran ponsel pintar anda.

2. Amankan ponsel pintar anda pada penjepit dengan menekan tombol ke bawah dan sambungkan dengan pada remot kontrol menggunakan kabel USB.

3. Masukkan ujung kabel pada ponsel pintar dan pada ujung port USB yang lain di sisi belakang remot kontrol anda.

Diagram Aircraft (Pesawat)
Diagram Remot Kontrol

Aircraft

Pengendali Penerbangan
Pengendali terbang Phantom 4 Pro/ Pro+ mempunyai beberapa pembaruan fitur yang penting. Modus keamanan termasuk failsafe dan Return to Home. Fitur-fitur ini digunakan mematuasan Aircraft (Pesawat) anda kembali dengan aman jika kehilangan sinyal. Pengontrol penerbangan juga dapat menyimpan data penerbangan yang penting di papan perangkat penyimpanan. Pengontrol penerbangan baru menyuguhkan peningkatan kestabilan dan fitur pengereman di udara.
Modus Penerbangan

Ada tiga modus penerbangan yang tersedia. Setiap detail modus bisa dibaca di bawah ini:

Modus P (Positioning): Modus P bisa berfungsi sangat baik apabila sinyal GPS kuat. Aircraft (Pesawat) menggunakan GPS, stereo Vision System dan Inframerah Sensing System untuk menstabilkan, menghindari rintangan atau jalur yang memindahkan pokok. Karakterituas yang lebih bagus seperti TapFly dan ActiveTrack tidak bisa digunakan pada Modus P ini.

Modus S (Sport): Pengendalian Aircraft (Pesawat) dengan modus ini disesuaikan untuk meningkatkan gerak manuver Aircraft (Pesawat). Maksimal kecepatan penerbangan meningkat hingga 72 km/jam. Catatan: Sistem pemindai rintangan tidak berfungsi pada Modus ini.

Modus A (Attitude): Ketika GPS atau Sistem Pengindraan tidak tersedia, Aircraft (Pesawat) hanya akan menggunakan barometernya untuk melakukan pemosisian di udara.

Indikator Status Penerbangan

Phantom 4 Pro/ Pro+ memiliki LED depan dan Indikator Status Penerbangan. Posisi LED ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

LED depan menunjukkan arah Aircraft (Pesawat). LED depan menyalakan warna merah ketika pesawat dihidupkan untuk menunjukkan bagian nose (depan) Aircraft (Pesawat). Status indikator Aircraft (Pesawat) menyambungkan status sistem dari pengendali terbang. Perhatikan tabel di bawah ini atau informasi tentang status indikator pesawat.

Deskripsi Status Indikator Pesawat
Return-to-Home (RTH)

  • Aircraft (Pesawat) dapat merasakan dan menhindari rintangan ketika sistem pengindraan bagian depan dinyalakan dan kondisi cahaya cukup. Aircraft (Pesawat) akan secara otomatis naik dan menghindari rintangan dan turun secara perlahan pada titik awal terbang. Untuk mematuasan Aircraft (Pesawat) kembali, pesawat tidak dapat berputar atau bergerak ke kanan atau ke kiri selama RTH dan sistem pengindraan depan dihidupkan.
Failsafe RTH
Sistem pengindraan depan mengijinkan Aircraft (Pesawat) membuat peta secara langsung pada setiap jalur terbang. Apabila titik awal terbang berhasil direkam dan kompas berfungsi secara normal, failsafe RTH akan secara otomatis aktif jika remot kontrol kehilangan sinyal dalam waktu lebih dari 3 detik. Aircraft (Pesawat) akan mengikuti rutenya untuk kembali ke titik awal terbang. Aircraft (Pesawat) akan melayang-layang selama 10 detik pada lokasi. Ketika mendapatkan sinyal kembali, Aircraft (Pesawat) akan menunggu pilot (penerbang) untuk memberi perintah. Proses RTH pada Aircraft (Pesawat) mungkin akan terganggu dan pilots (penerbang) dapat mengendalikan Aircraft (Pesawat) dengan remot kontrol jika sinyal membaik.
Failsafe Illustration
Smart RTH
Gunakan tombol RTH pada remot kontrol atau ketuk tombol RTH pada aplikasi DJI GO 4 dan ikuti instruksi pada layar ketika GPS sudah tersedia dan memulai proses ini. Aircraft (Pesawat) akan secara otomatis kembali ke titik awal terbang yang sudah direkam. Gunakan remot kontrol untuk mengendalikan kecepatan dan ketinggian Aircraft (Pesawat) untuk menghindari tubrukan selama proses ini. Ketika Aircraft (Pesawat) kembali, Aircraft (Pesawat) akan menggunakan kamera utama untuk mengidentifikasi rintangan yang ada pada jarak sejauh 300m di depannya dan mengizinkannya membuat jalur pulang yang aman. Tekan dan tahan tombol smart RTH lagi untuk mengakhiri prosedur dan mendapatkan kembali kontrol Aircraft (Pesawat).
Low Battery RTH

Low Battery RTH otomatis menyala jika Baterai DJI Intelligent Flight terkuras habis karena sautu hal yang berdampak pada saat Aircraft (pesawat) mendarat. Pilots (penerbang) disarankan untuk mendaratkan Aircraft (pesawat) sesegera mungkin. Aplikasi DJI GO 4 akan memberi tanda peringatan jika daya Aircraft (pesawat) mulai habis. Aircraft (pesawat) akan kembali ke titik awal penerbangan secara otomatis dalam waktu 10 detik jika pilots (penerbang) tidak melakukan apa-apa. Pilots (penerbang) dapat membatalkan prosedur RTH ini dengan menekan tombol RTH pada kendali jarak jauh (RTH). Peringatan awal mengenai daya yang habis ini ditentukan berdasarkan ketinggian dan jarak Aircraft (pesawat) dari titik awal penerbangan.

Aircraft (pesawat) akan mendarat otomatis jika daya baterai tidak mencukupi untuk kembali ke titik awal penerbangan. Pilots (penerbang) masih dapat mengubah arah Aircraft (pesawat) menggunakan kendali jarak jauh (RC) selama proses pendaratan.
Indikator daya baterai ditunjukkan pada aplikasi DJI 4 GO dan dijelaskan dibawah ini

Precision Landing

Phantom 4 Pro/Pro+  secara otomatis dapat memindai dan mencoba mencocokkan lokasi pendaratan ketika tombol RTH aktif. Ketika telah menemukan lokasi mendarat yang sesuai, Mavic Pro akan mulai mendarat. Pada aplikasi DJI GO 4 akan dengan cepat menunjukkan perbandingan lokasi mendarat jika tidak sesuai.

Menghindari rintangan selama RTH

Aircraft (pesawat) sekarang dapat merasakan dan secara aktif berusaha menghindari rintangan selama RTH, kondisi pencahayaan diperlukan untuk sistem pengindraan. Selama mendeteksi sebuah rintangan, Aircraft (pesawat) akan hal-hal di bawah ini:

1. Aircraft (pesawat) akan menggunakan kamera utama untuk mengidentifikasi rintangan yang berada pada jarak sejauh 300 meter di depannya dan membuat jalur aman kembali ke titik awal terbang.

2. Aircraft (pesawat) akan mengurangi kecepatan ketika sebuah rintangan terdeteksi pada jarak 15 meter di depannya.

3. Aircraft (pesawat) akan berhenti dam melayang lalu naik secara vertical untuk menghindari rintangan. Pada akhirnya, Aircraft (pesawat) akan berhenti naik apabila berada pada jarak 5 meter di atas rintangan.

4. Prosedur failsafe RTH berlanjut, Aircraft (pesawat) akan terus terbang ke titik awal terbang dengan ketinggian yang sama

TapFly

Pengantar
Dengan fitur TapFly, sekarang anda dapat mengetuk layar ponsel pintar untuk memilih arah yang ditnju tanpa menggunakan remot kontrol. Aircraft (pesawat) dapat dengan mudah mengindari rintangan yang dilihatnya dengan cara melakukan pengereman atau melayang jika kondisi cahaya mencukupi yaitu (<300 lux) tidak terlalu terang (>10.000 lux)

Menggunakan TapFly
Patuasan daya baterai terbang pintar lebih dari 50% untuk dan Aircraft (pesawat) ada pada Modus P.
Kemudian ikuti perintah dibawah ini untuk menggunakkan TapFly:

Keluar dari TapFly:
Gunakan cara berikut untuk keluar dari TapFly:
1. Pilih tombol stop pada layar.
2. Tarik tuas remot kontrol dan tahan selama 3 detik.
3. Tekan tombol Intelligent Flight Pause pada remot kontrol.

Aircraft (pesawat) akan berhenti dan melayang-layang setelah keluar dari Tapfly. Tekan tujuan yang baru untuk memulai penerbangan manual.

ActiveTrack

ActiveTrack akan mengijinkan anda untuk menandai jalur benda yang bergerak ada pada layar ponsel anda. Aircraft (pesawat) akan secara otomatis menghindari rintangan yang ada pada jalur penerbangan. Tidak ada jalur penerbangan lain yang dibutuhkan.

Phantom 4 Pro/ Pro+ dapat secara otomatis bisa mengidentifikasi dan mengikuti jejak sepeda atau kendaraan yang lainnya bahkan hewan dan manusia, dan menggunakan cara yang berbeda untuk setiap obyeknya.

Menggunakan ActiveTrack
Patuasan bahwa baterai terbang pintar memiliki daya lebih dari 50% dan Aircraft (pesawat) berada pada Modus P, dan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan ActiveTrack:

Draw

Dengan menggunakan fitur ini, Aircraft (pesawat) akan terbang pada jalur penerbangan yang digambar pada layar. Aircraft (pesawat) akan terbang otomatis dan melakukan pengereman dan melayang ketika melihat ada rintangan jika kondisi pencahayaan tepat yaitu tidak lebih gelap dari 300 lux dan tidak lebih terang dari 10.000 lux.

Menggunakan Fitur Draw
Patuasan daya baterai terbang pintar lebih dari 50% dan Aircraft (pesawat) ada pada Modus P.
Kemudian ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

Aircraft (pesawat) akan secara otomatis menyesuaikan kecepatan ketika mulai menyensor adanya rintangan di depannya atau ketika terbang terlalu dekat dengan tanah. Tetati fitur ini tidak bergantung pada navigasi antara rintangan. Prosedur keamanan akan mengesampingkan gambar yang dibuat. Apabila sinyal GPS melemah, Aircraft (pesawat) akan keluar dari daerah penerbangan dan kembali ke titik awal terbang.

Keluar dari Draw
Gunakan cara dibawah ini untuk keluar dari Draw:
1. Pilih tombol stop pada layar.
2. Tarik ke belakang tuas remot kontrol dan tahan selama 3 detik.
3. Pilih tombol Intelligent Flight Pause pada remot kontrol.

Aircraft (pesawat) akan berhenti dan melayang-layang setelah keluar dari menu ini. Gambar jalur penerbangan baru untuk memulai menerbangkan kembali.

Modus Gesture

Pada ini, Phantom 4 Pro/Pro+ Sistem pengindraan mengenali gerakan, yang membuat Aircraft (pesawat) dapat mengikuti dan mengambil gambar diri tanpa ponsel pintar atau remot kontrol. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan modus ini:

Tripod Mode

Pilih ikonnya pada aplikasi DJI 4 GO untuk mengaktifkan Modus Tripod. Pada Modus ini kecepatan maksimum penerbangan dibatasi hingga 9 km/jam dan jarak pengereman dikurangi hingga 2 meter. Tingkat kekerapan dalam merespon gerakan juga berkurang untuk menghasilkan gerakan yang lebih halus dan lebih terkontrol.

  • Gunakan Modus Tripod di mana sinyal GPS kuat dan kondisi pencahayaan sesuai untuk sistem pengindraan. Apabila sinyal GPS hilang fungsi sistem pengindraan tidak dapat berfungsi, Aircraft (pesawat) akan secara otomatis berganti ke Modus ATTI. Pada hal ini kecepatan penerbangan Aircraft (pesawat) akan meningkat dan tidak dapat melayang-layang pada suatu tempat. Gunakanlah Modus Tripod dengan hati-hati.
Terrain Follow Mode

Sistem pengindraan bawah digunakan untuk Modus Terrain follow agar bisa mengatur ketinggian di atas tanah antara 1 hingga 10 meter. Modus ini difungsikan untuk lereng dataran berumput yang memiliki sudut kemiringan tidak lebih dari 20°. Nyalakan Modus Terrain Follow dengan menekan ikon Modus Intelligent Flight pada aplikasi DJI GO 4. Ketika Modus ini dinyalakan, ketinggian pesawat akan terekam. Aircraft (pesawat) akan mengatur ketinggian yang direkam selama penerbangan dan terbang ke atas ketika berada di tempat curam. Tetapi Aircraft (pesawat) tidak akan turun ke bawah jurang. s.

  • Sangat penting untuk terbang saat Sistem Pengindraan Lokasi dapat berfungsi dengan baik, jika tidak maka Modus Terrain Follow tidak akan bekerja dengan baik.
Sistem Pengindraan dan Pendeteksi Inframerah

Komponent utama dari sistem pengindraan ini berada di depan, belakang dan bawah badan Phantom 4 Pro/Pro+, termasuk (1) (2) (3) tiga sistem sensor stereo dan (4) dua sensor ultrasonik. Ssstem Pengindraan menggunakan suara ultra dan gambar untuk menolong Aircraft (pesawat) mengatur posisi terakhirnya, menghidupkan ketepatan dalam melayang-layang saat terbang di dalam ruang dan lingkungan di mana sinyal GPS tidak ada. Sistem pengindraan secara otomatis akan memindai rintangan dan membiarkan Phantom 4 Pro/Pro+ menghindari rintangan dengan terbang dan melayang. Sistem pendeteksi inframerah terdiri (5) dari dua inframerah 3D di dua sisi Aircraft (pesawat). Pemindaian rintangan pada 2 sisi ini aktif dalam Modus penerbangan tertentu.

Deteksi Jarak
Pendeteksian jarak dari sistem pengindraan dan pendeteksi inframerah digambarkan sebagai berikut. Catatan, Aircraft (pesawat) tidak dapat menggunakan sistem pendeteksi untuk menghindari rintangan yang berada di luar jarak.

null

  • Dalam Modus P, sistem pengindraan belakang maupun depan bekerja seperti bekerja jika kecepatan berada dalam 22 km/jam. Pada kecepatan yang lebih tinggi hanya sistem pengindraan yang menghadap ke arah depan saja yang aktif.

Sensor Kalibrasi
Kamera sistem pengindraan depan dan bawah dipasang pada pesawat talah dkalibrasi. Tetapi kamera ini mudah diserang untuk serangan yang berlebihan dan membutuhkan kalibrasi dengan DJI Assistant 2 atau aplikasi DJI GO 4. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengkalibrasi kamera.

Kalibrasi cepat
Gunakan kalibrasi dengan cepat ketika aplikasi DJI GO 4 memberitahukan bahwa semua sensor pengindraan dibutuhkan. Pilih “Aircraft Status” -> “Vision Sensors” untuk memulai kalibrasi yang cepat.

  • Kalibrasi cepat akan cepat untuk memperbaiki persoalan sistem pengindraan. Menyambungkan Aircraft (pesawat) dengan komputer untuk membawa penuh kalibrasi menggunakan DJI Assistant 2 sangat disarankan jika memungkinkan. Kalibrasikan ketika kondisi pencahayaan memadai, dan memiliki susunan di permukaannya, misalnya rumput.
  • Jangan mengkalibrasi Aircraft (pesawat) pada permukaan yang sangat mudah memantul seperti keramik atau marbel.

Menggunakan Pemosisian Pengindraan
Fitur ini aktif secara otomatis ketika Aircraft (pesawat) dihidupkan. Tidak ada banyak perintah khusus yang diperlukan. Pengindraan posisi biasanya digunakan untuk lingkungan dalam ruang di mana GPS tidak tersedia. Menggunakan sensor yang dibangun dalam sistem pengindraan Aircraft (pesawat) dapat melayang-layang dengan baik tanpa GPS.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan fitur ini.
1. Ganti Modus penerbangan menjadi Modus P.
2. Letakkan Aircraft (pesawat) pada permukaan yang datar. Catatan:  sistem pengindraan tidak bisa bekerja dengan baik pada permukaan tanpa variasi pola yang jelas.
3. Hidupkan Aircraft (pesawat), satus indikator Aircraft (pesawat) akan berkedip warna hijau dua kali yang mengindikasikan bahwa pengindraan posisi sudah siap. Dengan halus, tarik tuas kiri ke atas untuk mengangkat Aircraft (pesawat) hingga melayang di suatu tempat.

Bantuan pengereman dari Pendeteksi Rintangan
Dengan didukung oleh pendeteksi rintangan, Aircraft (pesawat) akan sangat mungkin untuk mengerem dengan sendirinya ketika mendeteksi adanya rintangan di sekitar pesawat. Catatan: fitur ini bisa berfungsi dengan baik ketika pencahayaan memadai dan rintangan mudah ditandai oleh Aircraft (pesawat) dengan baik. Aircraft (pesawat) harus terbang tidak lebih dari 50 km/jam untuk bisa mengerem dengan jarak yang cukup.

Perekam Penerbangan
Data rekaman akan secara otomatis tersimpan di penyimpan internal Aircraft (pesawat). Perekam penerbangan mencakup telemetri terbang, status informasi penerbangan, dan parameter lainnya. Untuk mengakses data ini, hubungkan Aircraft (pesawat) ke komputer melalui port USB dan buka DJI Assistant 2.
Memasang dan Melepas Props (Baling-baling)

Disarankan untuk hanya menggunakan props (baling-baling) dari Phantom 4 Pro/Pro+. Cincin abu-abu, hitam pada props (baling-baling) mengindikasi di mana mereka harus dipasangkan dan pada arah mereka akan berputar.

Memasang Props (Baling-baling)
1. Patuasan telah melepas tuaser peringatan pada mesin sebelum melepas props (baling-baling).
2. Pasangkan props (baling-baling) dengan cincin props (baling-baling) warna hitam pada mesin yang memiliki titik hitam. Pasangkan props (baling-baling) dengan cincin props (baling-baling) abu-abu pada mesin yang tidak memiliki titik hitam. Tekan props (baling-baling) ke bawah, di atas piringan dan putar pada arah penguncian hingga terkunci sampai aman pada posisi tersebut.

Melepas Props (Baling-baling)
Tekan props (baling-baling) ke bawah pada ujung mesin dan putar ke arah membuka kunci.

  • Berhati-hatilah dengan mata props (baling-baling) yang tajam. Perlakukan dengan baik.
  • Gunakan props (baling-baling) asli DJI, dan jangan mencampur dengan jenis yang berbeda.
  • Periksa apakah props (baling-baling) dan mesin telah terpasang dengan benar setiap sebelum penerbangan.
  • Patuasan props (baling-baling) berada pada kondisi yang baik sebelum penerbangan, jangan menggunakan props (baling-baling) yang sudah lama, teriris atau rusak.
  • Untuk menghindari cedera, berdirilah jauh-jauh dari benda-benda tersebut dan jangan pegang props (baling-baling) atau mesin ketika berputar.
  • Gunakan props (baling-baling) DJI yang asli untuk pengalaman penerbangan yang lebih aman dan lebih baik.
Baterai terbang pintar DJI

Baterai terbang pintar DJI memiliki kapasitas sebesar 5870 mAh, voltase 15.2 V. Memiliki kemampuan untuk mengisi daya atau mematikan pengisian secara otomatis. Daya baterai harus diisi dengan pengisi daya DJI yang sesuai.

Fungsi Baterai terbang pintar DJI:

  1. Penunjuk Daya Baterai: Indikator LED menunjukkan tingkat daya beterai
  2. Mematikan Pengisian Daya Baterai Otomatis: Hal ini untuk mencegah penggelembungan, baterai akan secara otomatis berhenti mengisi daya di bawah 65% ketika baterai tidak difungsikan selama 10 hari. Butuh waktu sekitar 2 hari untuk mengurangi daya baterai ketika tidak digunakan. Hal itu normal jika anda merasakan panas dari proses pengisian daya baterai. Penghentian pengisian daya otomatis dapat di atur dalam aplikasi DJI GO 4.
  3. Keseimbangan dalam Pengisian Daya Baterai: Secara otomatis menyeimbangkan sel-sel baterai ketika dalam proses pengisian daya.
  4. Perlindungan dari Pengisian Daya Berlebihan: Baterai akan berhenti mengisi secara otomatis apabila baterai sudah dalam keadaan penuh.
  5. Pendeteksi suhu: Baterai hanya akan terisi apabila temperature berada di sekitar 5° sampai 40°C.
  6. Perlindungan Lanjutan: Baterai akan berhenti mengisi daya ketika ukuran daya (lebih dari 8 A) terdeteksi
  7. Perlindungan dari Pengurangan Daya Baterai Berlebihan: Untuk mencegah pengurangan daya baterai berlebihan, pelepasan daya baterai akan berhenti ketika voltase mencapai 12 V.
  8. Perlindungan dari Hubungan Arus Pendek Pada Listrik: Aliran listrik akan secara otomatis diputus ketika terdeteksi adanya hubungan pendek arus listrik.
  9. Perlindungan dari Kerusakan Sel pada Baterai: DJI GO 4 ditunjukkan pada pesan peringatan ketika terdeteksi terjadi kerusakan.
  10. Modus Tidur: Untuk meyimpan, baterai akan memasuki Modus tidur ketika lebih dari 20 menit tidak diaktifkan.
  11. Komunikasi: Bersinggungan dengan voltase baterai, kapasitas, arus dan lain sebagainya yang dikirim ke pengontrol utama pesawat.

Penggunaan Baterai

Menghidupkan/Mematikan

Menghidupkan: Tekan tombol untuk menyalakan sekali, lalu tekan kembali tahan selama 2 detik untuk menyalakan. Lampu LED tanda menyala akan berkedip warna hijau dan indikator daya baterai akan menunjukan arus baterai.

Mematikan: Tekan tombol untuk menyalakan sekali, lalu tekan kembali tahan selama 2 detik untuk mematikan. LED daya baterai akan menyala ketika mematikan Phantom untuk secara otomatis mematikan rekaman selama proses perekaman tidak terhentikan.

Memeriksa Tingkat Daya Baterai

Indikator daya baterai menunjukkan seberapa banyak daya baterai yang masih tersisa. Ketika baterai mati, tekan tombol untuk menyalakan sekali, maka indikator daya baterai akan menyala untuk menunjukkan arus baterai.

Lihat di bawah ini untuk detail lebih lanjut.
Indikator tingkat daya baterai akan menunjukkan arus baterai selama pengisian atau pelepasan daya. Indikator dijelaskan pada tabel di bawah ini:

Peringatan Suhu Rendah:

  1. Kapasitas baterai akan berkurang ketika berada di tempat yang bersuhu rendah (<0°C)
  2. Tidak baik apabila baterai digunakan dalam suhu rendah (<-10°C). Voltase baterai harus mencapai daya yang sesuai ketika mengoperasikan di tempat bersuhu rendah antara -10° C dan 5° C.
  3. Segera akhiri penerbangan apabila aplikasi DJI GO 4 sudah mengeluarkan peringatan baterai melemah dalam suhu yang rendah.
  4. Tetap simpan baterai di dalam ruangan yang hangat sebelum aircraft (pesawat) terbang dalam tempat yang bersuhu rendah.
  5. Untuk menjaga performa baterai, selalu usahakan baterai berada pada suhu 20°C
  6. Pengisi daya baterai akan berhenti mengisi daya apabila suhu sel dalam baterai tidak berada pada jarak pengoperasian (0°-40° C)

Pengisian Daya Baterai Terbang Pintar

  1. Hubungkan pengisi daya pada sumber listrik (100-240 V 50/60 HZ).
  2. Hubungkan pengisi daya pada baterai terbang pintar, Jika daya baterai diatas 95% maka hidupkan baterai saat mengisi.
  3. Indikator daya baterai akan menunjukkan baterai sedang mengisi daya.
  4. Baterai terbang pintar dalam keadaan penuh apabila semua lampu indikator mati.
  5. Dinginkan baterai setelah selesai digunakan. biarkan suhu baterai menjadi sama dengan suhu ruangan sebelum disimpan dalam waktu lama.

Tampilan LED Pelindung Baterai
Tabel di bawah ini menjelaskan bagaimana mekanisme perlindungan terhadap baterai sesuai dengan pola LED.

Setelah permasalahan terselesaikan, tekan tombol power untuk menyalakan indikator daya baterai. Lepas baterai terbang pintar dari pengisi dayanya dan masukkan lagi untu kembali mengisi daya. Catatan: anda tidak perlu melakukan hal ini jika yang kesalahan ada pada suhu ruangan; pengisi daya akan tetap mengisi daya dalam suhu yag diizinkan.

Remot Kontrol

Profil Remot Kontrol
Remot kontrol Panthom 4 Pro/Pro+ perangkat komunikasi multifungsi tanpa kabel yang mengintegrasi frekuensi ganda dengan sistem video downlink dan sistem remot kontrol aircraft (pesawat). Frekuensi 5.8 GHz video downlink direkomendasikan untuk daerah perkotaan untuk menghindari macam-macam gangguan gelombang. Frekuensi 2.4 GHz bagus dan sesuai untuk transmisi jarak jauh di area terbuka. Remot control ini memiliki beberapa fungsi; fungsi kontrol pada kamera, termasuk foto, video, dan memutar kembali. Daya baterai ditunjukkan dalam indikator LED di depan papan remot kontrol.
Penggunaan Remot Kontrol:

Menghidupkan dan Mematikan Remot Kontrol

Remot kontrol Phantom 4 Pro/Pro 4 didukung oleh S2 baterai yang bisa diisi daya kembali  yang memiliki kapasitas sebesar 6000 mAh. Daya baterai diindikasikan melalui LED di depan panel. Ikuti langkah berikut untuk menyalakan remot kontrol anda:

  1. Ketika remot kontrol dalam keadaan mati, tekan tombol untuk menghidupkan sekali.  Daya baterai LED akan menunjukkan daya arus baterai.
  2. Tekan dan tahan tombol untuk penghidupkan remot kontrol.
  3. Remot kontrol akan mengeluarkan bunyi “bip” ketika menyala. Status LED akan secara berurutan berkedip warna hijau mengindikasikan remot kontrol sekarang terhubung dengan aircraft (pesawat). LED berkedip sebagai penunjuk akan tetap menyala warna hijau ketika sudah benar-benar terhubung dengan aircraft (pesawat).
  4. Ulangi langkah kedua, jika anda ingin mematikan remot kontrol anda.

Pengisian Daya Baterai Remot Kontrol
Mengisi daya baterai remot kontrol menggunakan pengisi daya yang sesuai. Baca keterangan lebih lanjut dihalaman seterusnya.

Mengontrol Kamera
Ambil video/foto, sesuaikan pengaturan kamera dengan tombol shutter (rana), tombol merekam, dan pengaturan kamera pada remot kontrol.

1. Pengaturan Kamera
Nyalakan pengaturan untuk menyesuaikan ISO, kecepatan shutter (rana), kecerahan tanpa melepaskan remot kontrol.

2. Tombol Shutter (Rana)
Tekan untuk mengambil foto. Jika Modus Burst (foto cepat) digunakan, maka akan ada banyak foto yang terambil dalam satu kali jepretan.

3. Tombol Perekam Video
Tekan ketika akan memulai perekaman, lalu tekan lagi untuk menghentikan perekaman.

4. Gimbal
Mengkontrol kemiringan gimbal

Kamera dan Gimbal

Kamera

Gimbal