Sebelum Mulai Menerbangkan

Instruksi penerbangan telah dibuat untuk memastikan Anda dapat menggunakan Inspire 1 dengan baik.

  1. Ketentuan lebih lanjut
  2. Di dalam boks
  3. Panduan penggunaan cepat
  4. Panduan keamanan
  5. Panduan penggunaan manual
  6. Panduan keamanan Baterai Terbang Pintar

Lihat semu video tutorial dan baca ketentuan lebih lanjut sebelum mulai menerbangkan. Setelah itu, siapkan penerbangan pertama Anda dengan menggunakan Panduan Penggunan Cepat. Baca juga panduan ini untuk informasi yang lebih komprehensif.

Pengenalan

Profile Produk & Fitur-fitur Penting

Inspire 1 adalah merek terbaru persawat dengan empat baling-baling yang dapat merekam video dengan kualitas 4K dan mengirimkan sinyal video HD sampai jarak 2 km ke pelbagai peralatan yang mendukung. Dilengkapi dengan peralatan mendarat yang bisa ditarik, Inspire 1 dapat merekam dengan sudut sampai 3600 tanpa terhalang apapun. Kamera yang terpasang pada Inspire 1 diintegrasikan dengan Gimbal untuk menyuguhkan kestabilan dalam merekam gambar dan mengunari berat saat penerbangan. Ketika sinyal GPS tidak tersedia, teknologi pengindraan posisi akan membuat Aircraft dapat melayang-layang pada posisi yang tepat.

Fitur-fitur Penting

Kamera dan Gimbal: kamera Inspire 1 dapat merekam video dengan kualitas hingga 4 K dan memiliki resolusi 12 megapiksel. Tersedia juga papan pelekat untuk filter ND untuk pengontrolan eksposure yang lebih baik. Kini, papan pelekat yang dapat dilepas membuat Anda semakin mudah melepas kamera dan menggantinya.

Video HD Downlink: latensi rendah, HD downlink didukung dengan versi tebaru dari DJI Lightbridge yang juga sesuai untuk mode remot kontrol ganda.

Perlengkapan Mendarat: perlengkapan mendarat yang dapat ditarik membuat kamera dapat merekam pemandangan tanpa terhalang apapun. Baterai Terbang Pintar DJI berkapasitas 4500 mAh adalah anggota baru dari keluarga baterai DJI karena telah menggunakan sel baterai yang baru dan sistem pengaturan baru.

Pengontrol Terbang: generasi terbaru dari sistem pengontrol terbang menyuguhkan pengalaman terbang yang lebih menarik. Data rekaman penerbangan baru disimpat pada tiap penerbangan, dan sistem pengindraan posisi menambah presisi pada saat sinyal GPS tidak tersedia.

Merakit Aircraft

Membuka Mode Travel

Aircraft berada dalam mode ini selama pengiriman. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggantinya menjadi Mode Landing sebelum memulai penerbangan pertama Anda:

  1. Masukkan Baterai Terbang Pintar pada kompartemen baterai
  2. Nyalakan remot kontrol dan Baterai Terbang Pintar
  3. Geser tuas transformasi ke atas minimal empat kali
  4. Matikan Aircraft

Membuka Mode Travel

Memasang Gimbal dan Kamera
Memasang Gimbal dan Kamera
Memasang 1345T Props (baling-baling) cepat dilepas
Memasang 1345T Props (baling-baling) cepat dilepas
Menyiapkan Remot Kontrol

Miringkan penyangga ponsel pintar pada kemiringan yang Anda inginkan lalu sesuaikan antenna seperti yang ada pada gambar

  1. Tekan tombol yang ada di sisi penyangga ponsel pintar untuk melepas penjepit, sesuaikan ukurannya dengan ponsel pintar Anda.
  2. Sambungkan ponsel pintar Anda dengan remot kontrol dengan menggunakan kabel USB
  3. Tancapkan salah satu ujung kabel ke ponsel pintar dan ujung lain pada port USB yang ada di balik remot kontrol
Menyiapkan Remot Kontrol
Diagram Aircraft
Diagram Aircraft
Diagram Remot Kontrol
Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol Diagram Remot Kontrol

Aircraft

Pengontrol Penerbangan
Pengontrol penerbangan Inspire 1 didasarkan pada remot kontrol DJI degan beberapa tambahan seperti mode terbang baru dan mode keamanan baru. Ada tiga mode keamanan yang tersedia: Failsafe, RTH, dan Titik Awal Terbang Dinamis. Tiga fitur ini berfungsi untuk memastikan keamanan ketika Aircraft Anda kehilangan sinyal. Data penerbangan selalu disimpan tiap kali melakukan penerbangan.
Mode Terbang

Ada tida mode terbang yang tersedia. Tiga mode terbang tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Mode P (Positioning): Mode ini bekerja baik saat sinyal GPS kuat. Mode ini mempunyai tiga sub-mode yang berbeda, yang dapat secara otomatis digunakan Inspire 1 tergantung pada kekuatan sinyal GPS dan sensor pengindraan posisi:

  • P-GPS: jika sinyal DPS dan sistem pengindraan posisi dua-duanya tersedia, dan Aircraft menggunakan GPS untuk menentukan posisi
  • P-OPTI: sistem pengindraan posisi tersedia tetapi tidak ada sinyal GPS. Aircraft hanya akan menggunakan sistem pengindraan posisi untuk melayang-layang
  • P-ATTI: jika sinyal GPS dan sistem pengindraan posisi tidak tersedia, Aircraft hanya akan menggunakan barometernya untuk menentukan posisi, jadi hanya ketinggian terbang saja yang bisa dikendalikan.

Mode A (Altitude): GPS dan sistem pengindraan posisi tidak digunakan untuk mempertahankan posisi. Aircraft hanya akan menggunakan barometer untuk mempertahankan ketinggian. Jika Aircraft masih bisa menerima sinyal GPS, Aircraft dapat secara otomatis kembali ke titik awal terbang jika sinyal remot kontrol hilang dan jika titik awal terbang berhasil direkam.

Mode F (Function): Pengendali Arah Pintar (IOC) diaktikan pada mode ini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai IOC baca pada laman lampiran

Indikator Status Penerbangan
Inspire 1 dilengkapi dengan LED depan, LED belakang, dan indikator status penerbangan. Posisi dari LED ditunjukkan pada gambar berikut ini:

Indikator Status Penerbangan

LED depan dan belakang menunjukkan arah dari Aircraft. LED depan menyala warna merah dan LED belakang menyala warna hijau.

Indikator Status Aircraft menunjukkan status sistem dari remot kontrol. Lihat tabel berikut ini untuk lebih jelas

Aircraft Status Indicator
Aircraft Status Indicator
Return-to-Home (RTH)
RTH berfungsi membawa pesawat kembali ke titik awal terbang. Ada tiga jenis RTH: Smart RTH, Low Battery RTH, dan Failsafe RTH. Bagian ini menjelaskan 3 hal tersebut secara detail
Return-to-Home (RTH)
Smart RTH
Gunakan tombol RTH pada remot kontrol atau ketuk tombol RTH pada aplikasi DJI GO dan ikuti instruksi pada layar ketika GPS sudah tersedia dan memulai proses ini. Aircraft (Pesawat) akan secara otomatis kembali ke titik awal terbang yang sudah direkam. Gunakan remot kontrol untuk mengendalikan kecepatan dan ketinggian Aircraft (Pesawat) untuk menghindari tubrukan selama proses ini. Tekan dan tahan tombol smart RTH lagi untuk mengakhiri prosedur dan mendapatkan kembali kontrol Aircraft (Pesawat).
Low Battery RTH

Low Battery RTH otomatis menyala jika Baterai DJI Intelligent Flight terkuras habis karena sautu hal yang berdampak pada saat Aircraft (pesawat) mendarat. Pilots (penerbang) disarankan untuk mendaratkan Aircraft (pesawat) sesegera mungkin. Aplikasi DJI GO 4 akan memberi tanda peringatan jika daya Aircraft (pesawat) mulai habis. Aircraft (pesawat) akan kembali ke titik awal penerbangan secara otomatis dalam waktu 10 detik jika pilots (penerbang) tidak melakukan apa-apa. Pilots (penerbang) dapat membatalkan prosedur RTH ini dengan menekan tombol RTH pada remot kontrol. Peringatan awal mengenai daya yang habis ini ditentukan berdasarkan ketinggian dan jarak Aircraft (pesawat) dari titik awal penerbangan.

Aircraft (pesawat) akan mendarat otomatis jika daya baterai mencukupi untuk kembali ke titik awal penerbangan. Pilots (penerbang) masih dapat mengubah arah Aircraft (pesawat) menggunakan kendali jarak jauh (RC) selama proses pendaratan.

Low Battery RTH

Failsafe RTH
Apabila titik awal terbang berhasil direkam dan kompas berfungsi secara normal, failsafe RTH akan secara otomatis aktif jika remot kontrol kehilangan sinyal dalam waktu lebih dari 3 detik. Proses RTH pada Aircraft (Pesawat) mungkin akan terganggu dan pilots (penerbang) dapat mengendalikan Aircraft (Pesawat) dengan remot kontrol jika sinyal membaik.
Failsafe Illustration
Failsafe Illustration
Peringatan Pengamanan Failsafe
Peringatan Pengamanan Failsafe Peringatan Pengamanan Failsafe
Titik Awal Terbang Dinamis
Titik Awal Terbang Dinamis
Sistem Pengindraan Posisi
Sistem ini menggunakan gelombang suara ultrasonic dan data gambar untuk membantu aircraft (pesawat) mengatur posisinya. Dengan menggunakan sistem ini, Inspire 1 anda dapat melayang-layang pada ketinggian yang lebih presisi dan terbang di dalam ruangan atau di tempat di mana tidak ada sinyal GPS. Komponen utama dari sistem ini terletak pada bagian bawah Inspire 1  anda. Komponen ini terdiri dari [1] dua sensor suara ultrasonik dan [2] satu kamera monokular.
Vision Positioning System

Menggunakan Pemosisian Pengindraan

Fitur ini aktif secara otomatis ketika Aircraft (pesawat) dihidupkan. Tidak ada banyak perintah khusus yang diperlukan. Pengindraan posisi biasanya digunakan untuk lingkungan dalam ruang di mana GPS tidak tersedia. Menggunakan sensor yang dibangun dalam sistem pengindraan Aircraft (pesawat) dapat melayang-layang dengan baik tanpa GPS.

Using Vision Positioning

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menggunakan fitur ini.

Vision Positioning

  1. Ganti Mode penerbangan menjadi Mode P.
  2. Letakkan Aircraft (pesawat) pada permukaan yang datar. Catatan:  sistem pengindraan tidak bisa bekerja dengan baik pada permukaan tanpa variasi pola yang jelas.
  3. Hidupkan Aircraft (pesawat), status indikator Aircraft (pesawat) akan berkedip warna hijau dua kali yang mengindikasikan bahwa pengindraan posisi sudah siap. Dengan halus, tarik tuas kiri ke atas untuk mengangkat Aircraft (pesawat) hingga melayang di suatu tempat.
 Sistem Pengindraan Posisi  Sistem Pengindraan Posisi
Perekam Penerbangan
Data rekaman akan secara otomatis tersimpan di penyimpan internal Aircraft (pesawat). Perekam penerbangan mencakup telemetri terbang, status informasi penerbangan, dan parameter lainnya. Untuk mengakses data ini, gunakan aplikasi DJI GO.
Memasang dan Melepas Props (baling-baling)

Memasang Props (baling-baling)
Lihat pada halaman ‘memasang baling-baling’untuk detil lebih lanjut

Melepas Props (baling-baling)
Lepaskan pengunci props (baling-baling) dan lepas props (baling-baling)

  • Periksa apakah props (baling-baling) dan mesin telah terpasang dengan benar setiap sebelum penerbangan.
  • Pastikan props (baling-baling) berada pada kondisi yang baik sebelum penerbangan, jangan menggunakan props (baling-baling) yang sudah lama, teriris atau rusak.
  • Untuk menghindari cedera, berdirilah jauh-jauh dari benda-benda tersebut dan jangan pegang props (baling-baling) atau mesin ketika berputar.
  • Gunakan props (baling-baling) DJI yang asli untuk pengalaman penerbangan yang lebih aman dan lebih baik.
Baterai Terbang Pintar DJI

Baterai terbang pintar DJI memiliki kapasitas sebesar 4500 mAh, voltase 22.2 V. Memiliki kemampuan untuk mengisi daya atau mematikan pengisian secara otomatis. Daya baterai harus diisi dengan pengisi daya DJI yang sesuai.

Baterai Terbang Pintar DJI

Fungsi Baterai terbang pintar DJI:

  1. Penunjuk Daya Baterai: Indikator LED menunjukkan tingkat daya beterai
  2. Penunjuk Daya Tahan Baterai: Indikator LED menampilkan siklus daya baterai
  3. Mematikan Pengisian Daya Baterai Otomatis: Hal ini untuk mencegah penggelembungan, baterai akan secara otomatis berhenti mengisi daya di bawah 65% ketika baterai tidak difungsikan selama 10 hari. Butuh waktu sekitar 2 hari untuk mengurangi daya baterai ketika tidak digunakan. Hal itu normal jika anda merasakan panas dari proses pengisian daya baterai. Penghentian pengisian daya otomatis dapat di atur dalam aplikasi DJI GO.
  4. Keseimbangan dalam Pengisian Daya Baterai: Secara otomatis menyeimbangkan sel-sel baterai ketika dalam proses pengisian daya.
  5. Perlindungan dari Pengisian Daya Berlebihan: Baterai akan berhenti mengisi secara otomatis apabila baterai sudah dalam keadaan penuh.
  6. Pendeteksi suhu: Baterai hanya akan terisi apabila temperature berada di sekitar 0° sampai 40°C
  7. Perlindungan Lanjutan: Baterai akan berhenti mengisi daya ketika ukuran daya (lebih dari 10 A) terdeteksi
  8. Perlindungan dari Pengurangan Daya Baterai Berlebihan: Untuk mencegah pengurangan daya baterai berlebihan, pelepasan daya baterai akan berhenti ketika voltase mencapai 18 V.
  9. Perlindungan dari Hubungan Arus Pendek Pada Listrik: Aliran listrik akan secara otomatis diputus ketika terdeteksi adanya hubungan pendek arus listrik.
  10. Perlindungan dari Kerusakan Sel pada Baterai: DJI GO ditunjukkan pada pesan peringatan ketika terdeteksi terjadi kerusakan
  11. Riwayat Kerusakan Baterai: menampilkan 32 daftar informasi baterai terbaru termasuk pesan peringatan dan lainnya
  12. Mode Tidur: Untuk meyimpan, baterai akan memasuki Mode tidur ketika lebih dari 10 menit tidak diaktifkan.
  13. Komunikasi: Berisi tentang informasi tentang voltase baterai, kapasitas, arus dan lain sebagainya yang dikirim ke pengontrol utama pesawat.
  • Baca petunjuk keamanan baterai terbang pintar sebelum menggunakan. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk semua pengoperasian dan penggunaan

Menggunakan Baterai

Menggunakan Baterai

Menghidupkan/Mematikan

Menghidupkan: Tekan tombol untuk menyalakan sekali, lalu tekan kembali tahan selama 2 detik untuk menyalakan. Lampu LED tanda menyala akan berkedip warna hijau dan indikator daya baterai akan menunjukan arus baterai.

Mematikan: Tekan tombol untuk menyalakan sekali, lalu tekan kembali tahan selama 2 detik untuk mematikan.

Peringatan Suhu Rendah:

  1. Performa dari Baterai Terbang Pintar akan secara signifikan menurun ketika terbang di lingkungan bersuhu rendah di bawah 50C. pastikan daya baterai selalu terisi penuh dan voltasi sel selalu pada angka 4.35 sebelum melakukan penerbangan
  2. Tidak disarankan untuk menggunakan Baterai Terbang Pintar dalam kondisi lingkungan yang ekstrim, di bawah -100C. ketika terbang di lingkungan dengan suhu antara 50 sampai -100 C, Baterai Terbang Pintar harus dapat mencapai tingkat voltasi kira-kira pada angka 4.2V, tapi direkomendasikan kepada Anda untuk menggunakan stiker penyekat baterai untuk mencegah penurunan suhu yang cepat.
  3. Jika aplikasi DJI GO menunjukkan peringatan daya baterai kritis ketika terbang di lingkungan yang bersuhu rendah, hentikan penerbangan dan daratkan Aircraft sesegera mungkin. Anda masih bisa mengontrol Aircraft saat peringatan ini muncul
  4. Simpan Baterai Terbang Pintar pada tempat bersuhu ruangan dan pastikan suhunya mencapai 50C sebelum menggunakannya pada lingkungan bersuhu rendah
  5. Ketika menggunakan Inspire 1 pada suhu rendah, mulailah dengan terbang melayang-layang selama kurang lebih 1 menit untuk memanaskan baterai
  6. Untuk memastikan performa maksimal, jaga inti Baterai Terbang Pintar tetap pada suhu 200C ke atas ketika digunakan.
  • Di lingkungan dingn, masukkan baterai terbang pintar pada kompartemennya dan biarkan Aircraft melakukan pemanasan selama 1-2 menit sebelum melakukan penerbangan.

Memeriksa Tingkat Daya Baterai

Indikator tingkat daya baterai menunjukkan seberapa tingkat daya tersisa. Ketika baterai dimatikan, tekan tombol power sekali. Indikator baterai akan menyala untuk menunjukkan tingkat daya baterai. Lihat keterangan di bawah ini untuk informasi lebih lengkap

Indikator daya baterai juga akan menunjukkan daya baterai ketika sedang melakukan pengisian daya dan setelah tidak mengisi daya. Indikator dijelaskan sebagai berikut.

Memeriksa Tingkat Daya Baterai

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai menunjukkan keterangan tentang berapa kali dapat diisi ulang sebelum akhirnya harus diganti. Ketika baterai dimatikan, tekan dan tahan tombol power selama 5 detik untuk memeriksa daya tahan baterai. Indikator tingkat daya baterai akan menyala atau berkedip dua detik, seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut:

Daya Tahan Baterai

Mengisi Ulang Daya Baterai Terbang Pintar

  1. Hubungkan pengisi daya pada sumber listrik (100-240 V 50/60 HZ).
  2. Hubungkan pengisi daya pada baterai terbang pintar, Jika daya baterai diatas 95% maka hidupkan baterai saat mengisi.
  3. Indikator daya baterai akan menunjukkan baterai sedang mengisi daya.
  4. Baterai terbang pintar dalam keadaan penuh apabila semua lampu indikator mati.
  5. Dinginkan baterai setelah selesai digunakan. biarkan suhu baterai menjadi sama dengan suhu ruangan sebelum disimpan dalam waktu lama.
  • Jangan mengisi ulang daya baterai terbang pintar dan remot kontrol dengan pengisi daya yang sama pada waktu yang sama, jika tidak ingin pengisi daya kelebihan muatan
  • Selalu matikan baterai, sebelum memasukan atau mengeluarkan baterai dari Inspire 1. Jangan pernah memasukan atau mengeluarkan baterai alam keadaan menyala

Mengisi Ulang Daya Baterai Terbang Pintar

Setelah permasalahan terselesaikan, tekan tombol power untuk menyalakan indikator daya baterai. Lepas baterai terbang pintar dari pengisi dayanya dan masukkan lagi untu kembali mengisi daya. Catatan: anda tidak perlu melakukan hal ini jika yang kesalahan ada pada suhu ruangan; pengisi daya akan tetap mengisi daya dalam suhu yag diizinkan.

Remot Kontrol

Profil Remot Kontrol
Remot kontrol Inspire 1 perangkat komunikasi multifungsi tanpa kabel yang terintegrasi dengan sistem video downlink dan sistem remot kontrol aircraft (pesawat). Downlink video dan sistem remot kontrol beroperasi pada frekuensi 2.4GHz dengan jarak transmisi maksimal adalah 5km. remot kontrol ini memiliki beberapa fungsi untuk mengatur kamera seperti mengambil dan menayangkan ulang foto maupun video, juga dapat mengontrol gerakan gimbal. Remot kontrol ini didukung dengan baterai yang dapat diisi ulang dayanya. Tingkat daya baterai ditampilkan pada LED depan yang ada pada remot kontrol
Menggunakan Remot Kontrol

Menghidupkan dan Mematikan Remot Kontrol

Remot kontrol Inspire 1 didukung oleh 2S baterai yang bisa diisi daya kembali  yang memiliki kapasitas sebesar 6000 mAh. Daya baterai diindikasikan melalui LED di depan panel. Ikuti langkah berikut untuk menyalakan remot kontrol anda:

  1. Ketika remot kontrol dalam keadaan mati, tekan tombol untuk menghidupkan sekali.  Daya baterai LED akan menunjukkan daya arus baterai.
  2. Tekan dan tahan tombol untuk penghidupkan remot kontrol.
  3. Remot kontrol akan mengeluarkan bunyi “bip” ketika menyala. Status LED akan secara berurutan berkedip warna hijau mengindikasikan remot kontrol sekarang terhubung dengan aircraft (pesawat). LED berkedip sebagai penunjuk akan tetap menyala warna hijau ketika sudah benar-benar terhubung dengan aircraft (pesawat).
  4. Ulangi langkah kedua, jika anda ingin mematikan remot kontrol anda.

Powering On And Off The Remote Controller

Pengisian Daya Baterai Remot Kontrol

Mengisi daya baterai remot kontrol menggunakan pengisi daya yang sesuai.

Charging Remote Controller

Mengontrol Kamera

Ambil video/foto, sesuaikan pengaturan kamera dengan tombol shutter (rana), tombol merekam, dan pengaturan kamera pada remot kontrol.

Controlling Camera
[1] Pengaturan Kamera
Nyalakan pengaturan untuk menyesuaikan ISO, kecepatan shutter (rana), kecerahan tanpa melepaskan remot kontrol.

[2] Tombol Playback
Tekan untuk mellihat gmbar dan video yang sudah disimpan

[3] Shutter (Rana)
Tekan untuk mengambil foto. Jika Mode Burst (foto cepat) digunakan, maka akan ada banyak foto yang terambil dalam satu kali jepretan.

[4] Tombol Perekam Video
Tekan ketika akan memulai perekaman, lalu tekan lagi untuk menghentikan perekaman.

Mengkontrol Aircraft (Pesawat)

Sesi ini akan menunjukkan bagaimana untuk mengontrol arah aircraft (pesawat) dengan remot kontrol. Remot kontrol telah diatur dengan 2 Mode.

  • Netral tuas/ posisi tuas di tengah: tuas kontrol ada di tengah
  • Menggerakkan Tuas Remot: Tuas remot didorong menjauhi titik tengah

Mode P (Positioning): bisa berfungsi sangat baik apabila sinyal GPS kuat. Ada 3 versi dari mode ini yang akan secara otomatis digunakan oleh Inspire 1 tergantung dengan kekuatan sinyal GPS yang tersedia dan sensor pengindraan posisi:

-P-GPS: jika GPS dan sensor pengindraan posisi tersedia.

-P-OPTI: jika sensor pengindraan posisi tersedia tetapi tidak ada sinyal GPS

-P-ATTI: jika sensor pengindraan posisi dan sinyal GPS tidak tersedia.

Mode A (Attitude): Ketika GPS atau the Sistem pengindraan tidak tersedia, aircraft (pesawat) akan menggunakan barometer untuk pemosisian dan mengontrol penempatan.

Mode F (Function): Kendali pintar (IOC) aktif dalam Mode ini.

Pengaturan dasar mode terbang adalah mode P. Gunakan DJI GO untuk dapat menggunakan mode terbang lainnya: ketuk Camera > Mode > Multiple Flight Mode

Mode Remot Kontrol Ganda
Lebih dari satu remot kontrol datan disambungkan pada aircraft yang sama pada mode remot kontrol ganda. Pada mode ini, remot kontrol yang berfungsi sebagai Master berfungsi mengatur arah dari aircraft sedangkan remot kontrol yang berfungsi sebagai Slave berfungsi mengontrol gerakan gimbal dan kamera. Ketika beberapa remot kontrol (maksimal 6) yang berfungsi sebagai Slave disambungkan pada aircraft, remot kontrol Slave lainnya dapat menayangkan video siaran langsung dari aircraft dan mengatur parameter aircraft, tapi tidak dapat mengontrol gimbal dan kamera..
Mode Remot Kontrol Ganda
  • Gunakan papan kendali gimbal pada remot kontrol untuk mengontrol gerakan pitch dari kamera pada mode remot kontrol tunggal, bagaimanapun, Anda tidak dapat mengontrol gerakan pan dari kamera

Mengatur Mode Remot Kontrol Ganda Remot Kontrol Slave

Gimbal dan Kamera

Kamera

Profil Kamera
Kamera Inspire 1 dapat merekam video dengan kualitas hingga 4K, memiliki resolusi gambar hingga ukuran 4096×2160 24p, dan dilengkapi dengan kamera 12 megepiksel bersensor CMOS 1/ 2.3 inchi. Anda dapat menyimpan video dalam format MOV atau MP4 yang nantinya bisa Anda edit kembali. Beberapa mode foto juga tersedia pada kamera Inspire 1 ini seperti mode foto cepat, beruturan, dan hitung mundur. Tayangan langsung dari apa yang dilihat kamera saat terbang untuk merekam dan mengambil foto dapat dilihat dengan menggunakan DJI GO.

Slot Kartu Memori Kamera
Untuk menyimpan foto dan video, masukkan kartu memori ke slot yang tersedia, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut, sebelum menyalakan aircraft (pesawat). Inspire 1 dapat dilengkapi kartu memori dari 16 GB sampai 64 GB. Kartu memori UHS-1 disarankan untuk anda karena dapat membaca data lebih cepat dan dapat menyimpan video dengan kualitas tinggi.

Slot Kartu Memori Kamera

  • Jangan melepas kartu memori ketika Inspire 1 masih menyala
Port Data Kamera
Nyalakan Inspire 1 dan dengan menggunakan kabel USB sambungkan dengan komputer anda untuk mengunduh video dan foto.
Port Data Kamera
  • Aircraft (pesawat) harus dalam kondisi menyala sebelum anda bisa mengakses file dalam kartu memori
Pengoperasian Kamera
Gunakan tombol rana (Shutter) dan perekam video pada remot kontrol untuk mengambil gambar atau merekam video atau anda juga bisa melakukannya dengan aplikasi DJI GO.
ND Filter
Pasangkan filter ND pada bagian depan kamera untuk mengurangi pencahayaan yang berlebih dan efek “jello”.
Gimbal
Profil Gimbal 3 sumbu gimbal menyuguhkan sebuah tempat yang stabil untuk kamera sehingga anda bisa mengambil gambar dengan lebih jernih. Gimbal dapat memiringkan kamera hingga kemiringan 1200 dan memutar kamera hingga 3600. Gimbal Profile

Gunakan papan pengatur gimbal yang ada pada remot kontrol untuk mengontrol pergerakan naik turun kamera. Catatan: Anda tidak dapat mengontrol gerakan putar kamera secara langsung. Aktifkan Mode Master-Slave dan atur remot kontrol Slave untuk mengontrol gerakan berputar dan naik turun kamera.
  • Gunakan papan pengatur gimbal pada remot kontrol untuk mengontrol pergerakan naik turun kamera pada mode remot kontrol tunggal, bagaimanapun, Anda tidak dapat mengatur gerakan berputar pada kamera.
Pengendalian Gerakan Naik Turun

Ikuti instruksi ini untuk dapat menggunakan papan pengatur gimbal untuk mengontrol gerakan berputar pada kamera:

  1. Nyalakan aircraft dan remot kontrol, lalu aktifkan DJI GO dan masuk ke laman “camera”.
  2. Ketuk ikon “rc control settings”dan pilih tombol C1 atau C2 sebagai naik turun gimbal/tombol pengganti kemiringan
  3. Pilih “gimbal pitch/yaw”dari daftar yang tersedia.
Pan Control
Tekan tombol C1 atau C2 untuk mengganti mode naik turun atau miring. Anda bisa menggunakan papan pengatur gimbal untuk mengatur gerakan perputaran gimbal di bawah mode miring. Tekan C1 dan C2 lagi untuk keluar dari menu ini. Ketika menahan tombol C2, gunakan papan pengatur kamera untuk menemukan gerakan sumbu gimbal yang sesuai.
Mengontrol Gimbal dengan DJI GO

Ikuti langkah berikut untuk mengontrol gerakan gimbal dengan menggunkan DJI GO:

  1. Aktifkan DJI GO, lalu masuk ke laman “camera”.
  2. Tekan dan tahan pada layar hingga muncul lingkaran biru.
  3. Geser untuk mengontrol gerakan gimbal pada lama “camera” seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.
Using DJI GO App to Control Gimbal
Mode Pengoperasian Gimbal
Ada tiga mode pengoperasian yang tesedia. Gunakan DJI GO untuk memilih antara tida mode pengoperasian ini. Catatan: ponsel pintar Anda harus sudah tersambung dengan remot kontrol agar mode ini dapat digunakan. Lihat tabel berikut ini:
Mode Pengoperasian Gimbal Mode Pengoperasian Gimbal