Ringkasan

Seiring perkembangan dari dunia teknologi smartphone atau ponsel pintar yang semakin canggih, muncul bermacam perdebatan di dunia ini tentang smartphone mana yang paling nyaman digunakan untuk mengoperasikan drone. Apakah smartphone Android ataukah Apple.

Perdebatan-perdebatan ini didasari dari banyak pengalaman dari para pilot saat menggunakan smartphone ketika mengoperasikan dronenya. Beberapa pilot drone mengatakan bahwa smartphone yang paling baik digunakan adalah smartphone yang tidak mengalami kelambatan (lagging) saat mengaktifkan aplikasi DJI GO yang bisa menyebabkan terjadinya tabrakan (crash) di saat-saat penting.

Dari hasil pengamatan, kami menemukan bahwa smartphone berbasis sistem operasi iOS memang lebih unggul jika dibandingkan dengan smartphone yang mempunyai sistem operasi Android.

Keunggulan tersebut paling utama didasari dari penggunaan processor yang bagus. Semakin bagus processornya, maka kemungkinan munculnya kelambatan dalam proses pengiriman perintah saat menggunakan DJI GO semakin kecil. Selain processor, besarnya RAM, tingkat kejernihan, dan ukuran layar juga menjadi salah satu faktor penentu.

Berikut ini kami jelaskan smartphone, baik yang berbasis iOS maupun Android, yang sesuai untuk drone-mu.

1. Apple iPad Mini 3 dengan Retina Display

iPad Mini 3 ini digunakan oleh banyak pilot drone karena mempunyai berbagai macam keunggulan, seperti memiliki sistem operasi iOS 9; layar yang lebar 7.9 inchi dengan Retina Display, resolusi layar yang tinggi 2048x1536, processor Apple 1.3 GHz, RAM 1 GB, dan memori 16 GB. Fitur-fitur ini didukung dengan baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam. iPad Mini 3 ini juga mempunyai bobot yang lebih ringan jika dibandingkan dengan iPad Mini 2.

2. NVIDIA SHIELD

Banyak pilot drone yang merekomendasikan penggunaan NVIDIA SHIELD ini untuk mengontrol drone. Pasalnya, tablet pintar ini mempunyai kemampuan grafis yang sangat unggul dengan ditenagai dengan processor Tegra K 1 GHz. Kamu bisa menggunakan kartu memori eksternal berkapasitas hingga 128GB pada NVIDIA SHIELD ini.

Tablet pintar ini menjadi salah satu dari yang direkomendasikan banyak pilot drone karena fitur anti silau pada layarnya. Fitur ini menjadi penting jika kamu banyak menggunakan drone untuk aktifitas di luar ruangan dan di bawah terik matahari. Pada tablet lain, kita sering kali terkendala untuk melihat beberapa bagian layar dari tablet kita karena terik matahari yang terlalu terang yang menghasilkan pantulan bayangan kita. Dengan fitur anti silau pada NVIDIA SHIELD ini, hal ini bukan lagi menjadi sebuah masalah.

3. Samsung Galaxy Note 3 N900

Samsung Galaxy Note 3 N900 ini hadir dengan layar 5.7 inchi dilengkapi dengan super AMOLED multi-touchscreen dan siste Android 4.3 yang bisa diupgrage ke 4.42. Tablet pintar ini juga memiliki kapasitas baterai yang bisa bertahan sampai 12 jam. Samsung Galaxy Note 3 N900 ini menjadi salah satu tablet pintar rekomendasi dari banyak pilot drone karena layarnya yang dilengkapi dengan super AMOLED. Kemampuan layar ini dinilai lebih unggul di antara tablet pintar lain yang berbasis Android. Tablet ini juga akan memberikan pengalaman penerbangan yang lebih menarik untuk kamu pecinta drone.

4. Google Nexus 9

Ini juga merupakan salah satu tablet pintar yang cocok untuk aplikasi DJI GO. Tablet ini dipersenjatai dengan processor Tegra K 2.3 GHz, sistem operasi Android Lollipop (5.0), dan layar 8.9 inchi dengan TFT display. Pilot-pilot drone menjadikan tablet ini sebagai salah satu rekomendasi tablet terbaik untuk drone-mu karena tablet ini memiliki kemampuan yang baik dalam urusan transmisi video. Dengan tablet ini, kamu tidak akan mengalami gangguan keterlambatan pengiriman gambar dari kamera drone-mu.

5. ASUS ZenPad S 8 Z580C-B1- BK

Seorang pilot drone dari San Jose, California, mengatakan bahwa saat menggunakan ASUS ZenPad S 8 ini ia dapat menerbangkan drone-nya hingga ketinggian lebih dari 1.5 km di tempat yang memiliki banyak gangguan gelombang. ASUS ZenPad ini memiliki layar 8 inchi dengan IPS display dan teknologi TruVivid yang menyuguhkan tampilan gambar yang lebih jernih dan tajam. Selain bobotnya yang ringan, ASUS ZenPad S8 ini juga memiliki RAM 2GB dan kapasitas penyimpanan hingga 32GB yang membuatmu bisa menyimpan lebih banyak foto dan video.

6. iPhone 6s Plus 64GB

Banyak pilot drone yang merekomendasikan untuk menggunakan tablet dibandingkan dengan ponsel pintar, karena ukuran layar tablet dapat memberikan pengalaman penerbangan yang lebih menarik daripada dengan ponsel pintar. Namun, ada beberapa pilot juga yang lebih nyaman menggunakan ponsel pintar untuk mengontrol drone-nya. Salah satu ponsel pintar yang banyak digunakan adalah iPhone 6s Plus. Ada banyak alasan kenapa beberapa pilot drone nyaman menggunakan ponsel pintar ini, di antaranya karena ponsel ini memiliki fitur 3D touch; dilengkapi dengan chip processor A9 64-bit yang membuat kamu bisa dengan nyaman menyaksikkan tampilan video dari kamera drone; layar 5.5 inchi dengan retina HD display yang membuat tampilan foto menjadi super jernih; dan baterai yang 20% lebih hemat jika dibandingkan dengan ponsel pintar lainnya.

Kamu juga bisa menemukan berbagai ponsel pintar maupun tablet lainnya yang cocok untuk drone-mu di sini. Jika kamu punya informasi atau pengalaman menggunakan smartphone baik ponsel maupun tablet untuk mengontrol drone-mu, silakan tuliskan di kolom komentar.

Punya pilihan tablet / smartphone terbaik untuk DJI GO ?

Bantu kami menghimpun data tablet & smartphone terbaik untuk DJI GO dengan mengikuti survei dibawah ini.

[socialpoll id="2420913"]
[socialpoll id="2420912"]
[socialpoll id="2420914"]

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: