“The Stranger is a friend that we don’t know yet”

Adalah sebuah filosofi yang dipegang teguh oleh Alain Beaudouard, seorang pembuat film dokumenter yang sering bekerja sama dengan National Geographic dan stasiun TV independen lainnya. Sebelum memutuskan untuk menjadi pembuat film dokumenter, Alain menghabiskan 25 tahun hidupnya bekerja sebagai pilot di berbagai maskapai penerbangan. Dan  di sepanjang karirnya sebagai pembuat film dokumenter, ia telah menginjakkan kaki di lebih dari 122 negara di empat benua di dunia. Dan di kesempatan kali ini, Alain & Barbara ajak JogjaSky berpetualang di 26 negara dari Eropa sampai Asia.

Bertajuk Europe Asia Moto Adventure, Alain & Barbara akan berangkat berpetualang dari Pelabuhan Saint Tropez, Prancis dan akan berakhir di Dili, Timor Timur. Akan tetapi, bukan tentang jauhnya perjalanan ini saja yang membuat petualangan Alain & Barbara menjadi istimewa. Yang membuat istimewa dari pengembaraan dua orang Prancis ini adalah bahwa mereka akan mengendari dua sepeda motor melintasi 26 negara di dunia. Alain & Barbara akan mengendari dua sepeda motor Himalayan buatan India bernama Royal Enfield.

Pada petualangan ini, Alain akan ditemani oleh Barbara. Barbara Jeandet sendiri adalah seorang teman perjalanan yang sering keliling dunia dengan kameranya. Alain bertemu Barbara dalam sebuah lokakarya mosaik. Pada kesempatan itulah Alain menawarinya untuk berpetualangan bersama melintasi 26 negara Eropa-Asia yang tentu tidak bisa ditolak oleh Barbara.

Sebagai seorang travel addict yang juga memiliki visi yang artistik, Barbara tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Ia kemudian membayangkan tentang pertemuan-pertemuan dengan orang asing di sepanjang perjalanan yang akan mereka lakukan. Membayangkan tentang perjalanan yang akan memberikan mosaik baru mengenai keragaman masyarakat dan budaya di 26 negara yang mereka lintasi berdua.

Ajak JogjaSky Berpetualang di 26 Negara

Selain National Geographic, Alain & Barbara ajak JogjaSky berpetualang di 26 negara di dunia ini sebagai salah satu kemitraan bersama mitra perjalanan lainnya. Dalam petualangan, Alain & Barbara berencana akan selalu membagikan cerita perjalanan mereka baik berupa foto, video yang mereka ambil dengan DJI Mavic Pro dari JogjaSky, dan tulisan-tulisan. Cerita-cerita ini akan ditampilkan dalam 2 TV Channel (YouTube dan Vimeo) dan di blog mereka yang secara efektif akan bisa diakses mulai 1 Februari 2019.

Cerita-cerita yang akan dibagikan Alain & Barbara adalah tentang bentang alam, adat-istiadat, tradisi masyarakat yang ada di sepanjang perjalanan dari Eropa menuju ke Asia. Juga tentang orang-orang yang ditemui sepanjang perjalanan, terutama tentang orang muda dan pendidikannya. Di sepanjang perjalanan Alain & Barbara akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk menyediakan pendampingan guru dengan dukungan pedagogis. “Dukungan ini diberikan agar siswa-siswa paham posisi mereka sebagai bagian dari dunia dan memiliki impian untuk berpetualang keliling dunia. Karena semua hal berawal dari sebuah mimpi,” begitu yang ditulis Alain dalam rilis perjalanan mereka.

Petualangan melintasi 26 negara ini rencananya akan dimulai pada Minggu, 3 Maret 2019, dan akan berlangsung selama 7 – 8 bulan dengan jarak tempuh lebih dari 28.000 kilometer.

Adapun jalur perjalanan yang ditempuh adalah:

Prancis – Italia – Kroasia – Montenegro – Albania – Yunani – Turki – Armenia – Azerbaijan – Turkmenistan – Uzbekistan – Kazakhstan – Kirgistan – Tiongkok – Tibet – Nepal – India – Bhutan – Burma – Laos – Kamboja – Thailand – Malaysia – Singapura – Indonesia – Timor Timur.

Ibukota Timor Timur, Dili,  dipilih Alain sebagai garis finish perjalanan ini karena Alain ingi menunjukkan keindahan dari Timor Timur. Selain juga Alain ingin bertemu dengan Dr. Josĕ Ramos Horta mantan Presiden Timor Timur yang juga Pemenang Nobel Perdamaian.

Informasi lengkap mengenai perjalanan Alain Beaudouard dan Barbara Jeandet ini bisa dilihat dengan klik tombol di bawah ini:

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: