Mungkin relative lebih mudah untuk mengembangkan sebuah produk pesawat tanpa awak dari pada mengembangkan kemampuan untuk menerbangkannya di dunia nyata. Kalimat inilah yang menjadi tumpuan Microsoft dalam menciptakan produk baru mereka.

Baru-baru ini, produsen perangkat lunak terkemuka di dunia ini membuat sebuah simulator untuk menerbangkan drone bernama AirSim.

AirSim ini didesain dengan alogaritma kecerdasan buatan (Artificial Intellegence Algorithms) yang bisa membantumu melatih kemampuan menerbangkan drone pada keadaan sesungguhnya tanpa harus mengeluarkan cukup banyak biaya.

Dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ini, simulator ini dapat memberikanmu pengalaman latihan yang lebih mendalam yang terintegrasi dengan alogaritma dan sistem komputer yang akan menghasilkan data penerbangan yang bisa kamu analisa dan modifikasi sendiri.

Seperti yang dikatakan oleh Ashish Kapoor, pemimpin tim pengembang simulator ini kepada The Verge, Simulator ini bukan bertujuan untuk menggantikan ujicoba secara langsung. Simulator ini lebih sebagai pelengkap latihan yang bisa kamu gunakan berulang-ulang

AirSim ini juga dilengkapi dengan APIs (Application Programming Interface) yang membuat simulator ini bisa kamu gunakan untuk drone dari merk yang berbeda, misalnya drone dari Pixhawk atau DJI tanpa harus melakukan perubahan maupun membaca protocol internalnya.

APIs ini juga bisa kamu dapatkan secara terpisah dan kamu kembangkan sendiri untuk drone versimu sendiri. Dengan cara ini kamu bisa membuat sebuah simulator sendiri yang nantinya bisa membantumu dalam menerbangkan drone dalam keadaan sesungguhnya.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: