fbpx

Drone fotografi memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto yang sebelumnya hanya dapat diambil dari helikopter atau pesawat. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak fotografer yang membeli drone dan mencoba fotografi udara atau aerial photography.

Jika kamu merupakan seorang pemula di bidang drone dan fotografi, Jogja Sky memberikan beberapa poin yang harus kamu perhatikan sebelum membeli drone untuk fotografi. Yuk, baca terus artikel ini!

 

1. Utamakan Kualitas Gambar

Jika kamu memiliki pengetahuan mengenai dunia kamera, kamu tentu tahu bahwa sensor dapat secara langsung mempengaruhi kualitas gambar. Hal yang sama juga berlaku untuk drone fotografi udara. Di antara para produsen dan penjual drone, sensor 1 inci muncul sebagai standar istimewa baru yang digunakan oleh drone konsumen seperti Mavic 2 Pro dan drone fotografi profesional seperti Phantom 4 Pro V2.0.

Drone fotografi profesional terhebat dari DJI, yaitu Inspire 2 (dengan kamera Zenmuse X5) menggunakan sensor CMOS 4/3 inci.

 

 

CMOS yang lebih besar membuat kamera lebih mudah untuk menangkap rekaman berkualitas tinggi dalam keadaan minim cahaya, tetapi jika kamu tidak akan terlalu sering memotret pada malam hari, jangan terlalu khawatir. Mavic Pro dan Phantom saja sudah mampu memberikan hasil gambar berkualitas tinggi di siang hari.

 

2. Apakah Kamu Membutuhkan Kualitas Video 4K?

Resolusi video drone dapat bervariasi dari kualitas HD hingga 4K. Jika proses pengeditan video kamu termasuk menambahkan filter lalu mengunggahnya ke Facebook atau Instagram, merekam dengan kualitas 1080p sudah cukup. Tetapi jika kamu seorang vlogger atau ingin merekam video sinematik, kamu membutuhkan kualitas video 4K. Pengeditan video mengurangi resolusi rekaman karena adanya scaling, memutar video, dan memotong video. Jika kamu mengedit video yang awalnya berkualitas 1080p, video yang dihasilkan setelah pengeditan akan tampak kurang tajam. Video 4K memberi kita lebih banyak piksel ekstra untuk diolah lebih lanjut.

Kamu juga dapat melihat fps yang tercantum dalam spesifikasi drone. Fps merupakan berapa banyak gambar berurutan yang dapat tertangkap oleh kamera setiap detiknya. 24fps hingga 30fps menghasilkan rekaman yang smooth. Namun, untuk beberapa efek seperti slo-mo, kamu memerlukan kamera dengan spesifikasi 60fps.

 

3. Perlukah Tambahan Format RAW/DNG?

Jika kamu tidak melakukan pengolahan lebih lanjut dengan Lightroom atau Photoshop, silahkan abaikan poin ini. Tetapi hampir setiap fotografer mengedit foto mereka. Jika drone fotografi dapat memotret foto dengan format RAW / DNG, berbagai cara pengeditan dapat dilakukan. Dalam format RAW / DNG, foto akan merekam semua data yang diterima oleh sensor kamera. Ini sangat membantu dalam pemotretan di malam hari atau dalam keadaan lingkungan minim cahaya.

 

4. Apakah Drone Dapat Terbang Dengan Stabil?

Penerbangan yang stabil sangat penting dalam mempengaruhi kualitas gambar. Jika drone tidak mampu melayang dengan stabil, drone tersebut akan terus-menerus terbang naik, turun, atau membelok dan mengakibatkan gambar yang dihasilkan blur.

 

 

Agar dapat melayang dengan stabil, drone membutuhkan sistem kontrol penerbangan yang canggih dan sensor onboard. Dalam hal ini, banyak pilot setuju bahwa drone DJI adalah brand nomor satu di pasaran.

Kamu bisa menonton beberapa video drone DJI di YouTube dan lihat saat drone melayang, serta beberapa review dari para uav dan gadget enthusiast. Tidak perlu diragukan lagi, drone DJI dapat terbang dan melayang dengan sangat stabil dan mampu menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi.

5. Beli Drone Fotografi yang Dilengkapi Mounted Gimbal

Gimbal merupakan komponen yang krusial untuk menjaga kestabilan hasil video. Beberapa drone berkamera yang lebih murah menjual gimbalnya secara terpisah, atau bahkan ada juga yang tidak menggunakan gimbal sama sekali. Tanpa gimbal, hasil video sudah pasti tidak smooth dan bergoyang-goyang. Ingatlah selalu untuk membeli drone berkamera yang dilengkapi dengan mounted gimbal untuk menghindari resiko tersebut.

DJI Phantom series merupakan seri drone konsumen pertama yang dilengkapi dengan gimbal 3-axis. Mavic 2 series juga menggunakan gimbal 3-axis yang dirancang khusus untuk drone-drone kecil dan degan mini gimbal 3 axis ini DJI terbukti menjadi terobosan baru dalam teknologi mounted gimbal pada drone.

 

6. Waktu Terbang

Kebanyakan drone fotografi tidak bisa terbang lebih dari 30 menit. Industri drone belum memiliki solusi untuk keterbatasan ini. Drone dengan waktu terbang lebih dari 20 menit sudah dianggap sebagai drone level teratas dalam industri drone. Pilihlah drone dengan waktu penerbangan yang lebih lama, seperti Mavic 2, yang memiliki waktu penerbangan hingga 31 menit (maksimal).

Meskipun demikian, sebaiknya kamu sebagai pilot juga mempelajari sedalam mungkin mengenai drone yang kamu miliki dan manfaatkan setiap waktu penerbanganmu. Selain itu, kami sarankan untuk membeli paling tidak dua baterai tambahan. Nggak mau kan, lagi seru-serunya terbang dan siap menangkap gambar atau video waktu sunset, eh tiba-tiba baterainya habis. Otomatis sebagai pilot dan fotografer kita akan kehilangan momen. Siapa sih, yang nggak geregetan?

PROMO! Mavic 2 Pro BONUS 1 Battery hanya di Jogja Sky. Lumayan banget, lho, ekstra baterai untuk waktu terbang yang lebih lama dan kenyamanan penerbangan.

7. Fungsi dan Fitur Cerdas

Drone fotografi yang berkualitas harganya sudah pasti mahal. DJI merupakan brand drone yang unggul di pasaran, terutama di seri drone konsumen berkat kualitasnya. Bukan hanya karena DJI memiliki kualitas gambar yang baik dan sistem kontrol penerbangan yang baik, tetapi juga karena DJI dilengkapi dengan fungsi dan fitur cerdas untuk mendukung pengambilan gambar.

Drone DJI dapat melacak Anda secara otomatis, terbang mengikuti titik yang sudah diprogram, mengambil foto selfie dengan gerakan tangan, dan banyak fitur menarik lainnya.

Drone DJI lainnya juga memiliki fitur-fitur unik. Mavic 2 Zoom misalnya, memiliki 2x optical zoom yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar close-up tanpa mengganggu subjeknya. Phantom 4 Pro dilengkapi dengan tombol shutter mekanis untuk menghilangkan distorsi ketika memotret objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi, sedangkan Inspire 2, sang drone fotografi profesional mendukung pengoperasian dengan 2 operator.

8. Belilah Drone yang Populer

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki drone dari brand yang populer seperti DJI.

Jika kamu memiliki masalah-masalah kecil maupun besar, banyak forum online yang dapat menjadi tempat bertanya ataupun tempat menemukan solusi. Selain itu, untuk pemula khususnya, video tutorial DJI di YouTube sangat banyak dan diunggah oleh para profesional dan penggemar fotografi dan dunia UAV. Ini dapat membantu kamu untuk menjadi pilot dan fotografer yang lebih baik.

 

 

Selalu Utamakan Kebutuhan dan Kualitas

Saat mempertimbangkan drone fotografi mana yang terbaik untukmu, ingatlah bahwa penting untuk terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhanmu.

Untuk pertimbangan pertama, pertimbangkanlah kualitas kamera dan format gambar. Ini akan sangat membantu mempersempit pilihan drone-mu. Apa pun tingkat drone fotografi yang kamu cari, DJI selalu memiliki seri drone yang tepat untuk memenuhi kebutuhanmu.

Pertimbangkan juga budget yang kamu miliki dan bandingkan beberapa drone sekaligus supaya kebutuhanmu benar-benar terpenuhi dan drone yang akhirnya kamu beli dapat digunakan dengan optimal.

Kunjungi Jogja Sky untuk pembelian dan informasi produk DJI asli dan bergaransi. Kami hanya menjual produk DJI asli, bergaransi, dan baru. Selain produk DJI, kami juga menjual beberapa aksesoris dan sparepart untuk drone DJI kesayanganmu.

 

Tetap terhubung dengan Jogja Sky!

Ingin mendapatkan informasi dan update terkini seputar Jogja Sky, produk-produk DJI, dan dunia UAV? Ikuti kami di Facebook, Twitter, dan Instagram. Kunjungi terus website kami untuk membaca berbagai artikel yang akan keluar setiap hari Rabu.

Ikuti kami di:

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: