Drone terbaru DJI yang ditujukan untuk kalangan konsumer, Spark, terkenal memiliki banyak sekali fitur canggih dalam tubuh mungilnya. Dari sekian banyak fitur yang dimilikinya, ternyata ada beberapa fitur yang seringkai luput dari perhatian. Kami menemukan sebuah video yang mengungkapkan tentang 7 fakta DJI Spark dan kami coba membuktikannya.
Berikut ini lah 7 Fakta tentang DJI Spark: 
1.Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh DJI Spark tanpa menggunakan sebuah remot kontrol adalah 14 km/jam. Sedangkan ketika menggunakan remot kontrol dan berada pada Mode Sport adalah hampir 50 km/jam. Kecepatan ini menyerupai keccepatan DJI Phantom 4 Pro pada Mode GPS.
2. Pada saat uji pengisian daya, ternyata ada perbedaan yang terjadi dari apa yang kami coba dengan apa yang dinyatakan oleh DJI. Pengisian daya baterai Spark dengan menggunakan USB seharusnya butuh waktu 80 menit. Namun, kenyaannya pengisian daya ini butuh waktu 90 menit.  DJI Charging hub didesain agar mampi mengisi daya baterai dalam waktu 50 menit. Dalam ujicoba ternyata butuh waktu 53 menit. Angka-angka ini pada dasarnya tidak terlalu jauh dari apa yang DJI iklankan, dan seharusnya memang hanya digunakan sebagai referensi saja.

3. Untuk melakukan reset factory pada Spark untuk mengembalikan pengaturan awalnya dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol power selama 9 detik. Cara ini bisa bermanfaat sekali ketika kamu ingin mengatur ulang SSID Wi-Fi dan password. Ketika proses ini selesai, pengaturan Wi-Fi dapat diedit dengan menekan simbol tiga lingkaran yang ada pad pojok kanan layar ponsel pintar ketika kamu sedang mengaktifkan DJI GO 4 lalu menuju ke menu Wi-Fi.

4. Ukuran sensor pencitraan pada DJI Spark sama persis dengan sensor milik Mavic Pro. Jika bandingkan dengan harga Mavic Pro yang hampir dua kali lipat DJI Spark, teknologi di antara keduanya sesungguhnya tidak jauh berbeda.

5. Beberapa pilot telah berspekulasi bahwa menggunakan kabel OTG akan mengurangi latensi antara drone dan remot kontrolnya. Namun, dalam ujicoba yang kami lakukan, kami masih tidak menemukan kendala yang berarti.

6. Sistem pengindraan rintangan dapat dimatikan dan dinyalakan kembali hanya ketika aircraft kembali ke home point. Hal ini bisa dilakukan dengan menyalakan fungsi RTH. Ingat, bahwa dengan mematikan sistem pengindraan rintangan ini akan membuat Spark mencapai potensi penuhnya dan drone ini dapat terbang dengan kecepatan maksimal 21 km/jam.

7. Pengaturan dischage penyimpanan baterai Spark secara otomatis diatur selama 10 hari, tetapi angka ini dapat dikurangi dengan membuka bagian pengaturan pada aplikasi DJI.

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: