Berbicara tentang perkembangan teknologi, rasanya salah satu industri drone termasuk salah satu industri dengan perkembangan yang sangat cepat. Coba bayangkan, pada Oktober 2016, DJI resmi meluncurkan DJI Mavic Pro. Drone pertama dengan kemampuan portabel. Setahun kemudian, pada Januari 2017, DJI meluncurkan Mavic Air. Drone ukuran kecil dengan kemampuan luar biasa. Hingga, Agustus tahun ini, DJI kembali menambah varian Mavic mereka dengan merilis DJI Mavic 2 Series dengan kemampuan luar biasa. Ketiga Mavic ini lah yang kemudian disebut sebagai 3 Mavic Terbaik dari DJI.

Perkembangan Mavic ini hampir menyamai kecepatan perkembangan dari DJI Signature drone: Phantom Series. Hampir sama dengan pembaruan yang dilakukan pada Phantom, DJI pun juga meningkatkan segala hal yang ada di antara 3 Mavic terbaiknya ini.

Ukuran

Berat

Ukuran sebuah drone selalu berbanding lurus dengan berat dari drone tersebut. Dengan kata lain, karena memiliki panjang sisi diagonal yang paling pendek otomatis membuat Mavic Air menjadi drone dengan bobot paling ringan di antara 3 Mavic terbaik dari DJI yaitu hanya 430 gram.

Kemudian jika dibandingkan antara Mavic Pro dan Mavic 2 Series, walau panjang diagonalnya hanya berbeda beberapa milimeter saja ternyata memiliki berat yang berbeda secara signifikan. Mavic Pro memiliki berat 743 gram; Mavic 2 Pro memiliki berat 907 gram; dan Mavic 2 Zoom memiliki berat 905 gram.

430 gram

430 gram

905 gram (Zoom) / 907 gram (Pro)

Kapasitas Baterai dan Durasi Terbang

Salah satu item paling penting dalam sebuah drone adalah kapasitas baterai. Logikanya semakin besar kapasitas baterainya maka kemampuan lama drone itu terbang. Di antara 3 Mavic terbaik dari DJI ini, Mavic 2 Series lah yang memiliki kapasitas baterai yang paling besar dengan 3850 mAh. Disusul dengan Mavic Pro 3830 mAh, dan Mavic Air 2375 mAh.

Walau hanya berselisih 20mAh, Mavic 2 Series ternyata memiliki durasi terbang yang berbeda secara signifikan. Dalam uji laboratorium, Mavic 2 Series mampu terbang selama 31 menit sedangkan Mavic Pro 27 menit. Di urutan terakhir masih ada Mavic Air yang memiliki durasi terbang 21 menit.

2375 mAh

21 menit

3830 mAh

27 menit

3850 mAh

31 menit

 Jarak dan Kecepatan Terbang

Kalah dalam beberapa indikator tidak lantas membuat Mavic Air adalah sebuah drone yang tidak bagus. Walaupun masih kalah dalam sisi jarak penerbangan karena hanya mampu terbang sejauh 4 km dibanding Mavic Pro yang mampu terbang dengan jarak 7 km dan Mavic 2 Series dengan jarak maksimal 8 km.

Mavic Air dengan ukurannya yang kecil ternyata memiliki kecepatan yang luar biasa. Mavic ini mampu terbang dengan kecepatan 68 km/jam mengalahkan Mavic Pro yang hanya mampu terbang dengan kecepatan 65km/jam. Mavic 2 Series masih unggul karena mampu terbang dengan kecepatan 72 km/jam

4 km

68 km/jam

7 km

65 km/jam

8 km

72 km/jam

Sistem Obstacle Sensing

Bisa dikatakan sistem obstacle sensing adalah sebuah fitur yang membuat drone dari DJI menjadi luar biasa. Termasuk pada 3 Mavic terbaik dari DJI ini. Walaupun sama-sama merupakan produk DJI, tetapi untuk masalah sistem obstacle sensing, DJI memberikan fitur yang berbeda-beda.

Mavic Pro misalnya, sebagai generasi awal dari Mavic ia hanya memiliki dua sistem obstacle sensing yaitu Forward dan Downward. Hal ini membuat Mavic Pro hanya mampu menghindari rintangan yang berada di depan dan bawahnya saja.

Bandingkan dengan Mavic Air yang dirilis pada Januari 2017. Mavic Air memiliki sistem obstacel Sensing Forward, Backward, dan Downward. Mavic Air mendapatkan satu tambahan sistem obstacle sensing di bagian belakang yang membuatnya mampu terbang mundur dengan aman.

Bandingkan lagi dengan Mavic 2 Series. Mavic terbaru ini memiliki sistem obstacle sensing hampir di semua bagian tubuhnya. Hal ini membuat Mavic 2 Series mempunyai kemampuan obstacle sensing yang disebut Omnidirectional Obstacle Sensing.

Forward, Backward, Downward

Forward dan Downward

Omnidirectional

Tentukan Pilihanmu

Terlihat di antara 3 Mavic terbaik dari DJI ini, Mavic 2 Series yang merupakan drone terbaru yang dikeluarkan DJI unggul di semua indikator. Hal ini menandakan bahwa DJI memang benar-benar serius dalam menciptakan teknologi yang selalu baru dan tepat guna. Dan kamu tidak perlu merasa bingung untuk mencari salah satu atau semua Mavic terbaik dari DJI ini karena kamu bisa membelinya di JogjaSky, tentunya dengan harga yang sangat ramah di kantong. Beli sekarang!

Comments

comments

%d blogger menyukai ini: